Apa Itu Patreon? Yuk Cari Tahu Disini!

Apa Itu Patreon? Yuk Cari Tahu Disini! – Bagi banyak seniman dan pencipta yang menggunakan internet untuk berbagi karya seni mereka, masalah yang sedang berlangsung adalah menghasilkan pendapatan dari kreasi mereka sambil tetap membangun pengikut. Dari YouTuber hingga pembuat podcast hingga penulis, berbagi karya seni secara online dan menemukan basis penggemar bisa menjadi pengalaman yang berharga — tetapi tidak untuk kantong mereka.


Faktanya, pada tahun 2018, Fortune melaporkan bahwa 3% saluran YouTube yang paling banyak dilihat hanya menghasilkan sekitar $16.800 dalam iklan dalam satu tahun. Dan untuk 97% sisanya, pembuat konten menghasilkan pendapatan yang jauh lebih sedikit.

Tetapi dengan cara yang semakin kompleks untuk menghasilkan uang dengan memposting seni dan konten secara online — apakah itu di podcast, video, musik, atau lainnya — Content Creator telah mencari cara baru untuk menghasilkan pendapatan. Dan itulah alasannya bagaimana co-founder Jack Conte (musisi YouTube) dan rekan kuliahnya Sam Yam mendirikan Patreon pada tahun 2013.

Tapi, bagaimana sebenarnya Patreon bekerja, dan bagaimana cara membantu pembuat konten menghasilkan uang secara online?

Apa Itu Patreon?

Patreon adalah platform crowdfunding yang memungkinkan penggemar (atau pelanggan) membayar dan mendukung artis untuk karya mereka. Untuk produser video, webcomics, musik, podcast, dan lainnya, Patreon adalah cara untuk mendapatkan uang tambahan dari konten yang mungkin gratis, dan memungkinkan penggemar untuk berkontribusi pada platform artis favorit mereka.

Sebagai perantara bagi pendukung untuk disumbangkan ke pembuat konten, Patreon telah menjadi populer terutama melalui YouTuber dan podcast.

Menurut situs tersebut, Patreon “mengundang [penggemar] untuk menjadi bagian dari sesuatu yang menarik yang memberi mereka manfaat unik yang mereka inginkan, seperti akses tambahan, eksklusivitas, dan pengalaman menarik,” memungkinkan donor untuk menjadi anggota dan memberikan donasi finansial kepada mereka. artis favorit setiap bulan.

🔥 Trending:  Trailer baru 'Hawkeye' Perkenalkan Karakter Baru yang Menarik

“Kami ingin mendanai bab kreatif,” Jack Conte, CEO dan salah satu pendiri The Verge, mengatakan pada 2017. “Sepuluh tahun dari sekarang, kami ingin anak-anak tumbuh dan lulus dari perguruan tinggi dan sekolah menengah untuk mengetahui bahwa menjadi kreatif profesional itu mungkin.”

Menurut situs tersebut, Patreon memiliki lebih dari 100.000 pembuat konten yang dibayar oleh lebih dari 2 juta pendukung per bulan, dan pembuat konten telah memperoleh lebih dari $350 juta.

Situs tersebut juga melaporkan bahwa mereka saat ini memiliki 2 juta anggota yang menyumbangkan rata-rata $12 per bulan untuk setiap penerima manfaat.

Tapi, bagaimana sebenarnya Patreon bekerja? Dan berapa sebenarnya penghasilan pembuat konten?

Bagaimana Cara Kerja Patreon?

Screen Shot 2021 11 19 at 00.59.29 - Teras Kaltim
Harga Biaya Langganan content creator di Patreon

Patreon memungkinkan pembuat konten (content creator) memperoleh penghasilan dari pendukung setia – tetapi bagaimana prosesnya sebenarnya?

Setelah perubahan terbaru tentang cara YouTube membayar pembuat konten — perubahan yang sekarang memungkinkan situs untuk menjelekkan video karena berbagai alasan — banyak akun telah dipindahkan ke Patreon untuk menciptakan aliran pendapatan yang lebih konsisten.

BACA JUGA: Cara Bayar Patreon tanpa Kartu Kredit

Patreon memungkinkan para content creator untuk mengatur tingkat pembayaran bulanan atau berlangganan, dengan janji yang berbeda untuk tingkat konten yang berbeda atau untuk fasilitas yang berbeda. Misalnya, penerima manfaat dapat mendaftar sebesar $5 per bulan dan mendapatkan akses awal ke konten pembuat konten.

Situs ini memungkinkan pembuat konten untuk menyiapkan konten berbayar hanya untuk pelanggan (yang hanya dapat dilihat oleh penerima dan menagih mereka untuk melihat konten). Selain itu, formulir lain seperti konten tidak berbayar khusus penerima pembayaran atau publikasi publik berbayar juga tersedia.

🔥 Trending:  Gurih! Sekarang Anda dapat Menghasilkan Uang di Snapchat

Pelanggan dapat bergabung dengan membuat akun dan menjanjikan uang kepada content creator favorit mereka, dengan opsi berlangganan yang diurutkan berdasarkan tingkat pembayaran yang berbeda atau opsi per posting untuk konten.

Bagaimana Patreon Sendiri Menghasilkan Uang?

Tetapi mengingat Patreon adalah platform crowdfunding yang menghasilkan pendapatan bagi pembuat konten, bagaimana situs itu sendiri menghasilkan uang?

Menurut situs mereka, Patreon mengambil 5% dari jumlah yang dibayarkan kepada pembuat konten sebagai biaya. Kreator mempertahankan sekitar 90% dari pendapatannya, dengan tambahan 5% untuk biaya transaksi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: cara kerja patreon, kelebihan dan kekurangan patreon
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News