PC Gaming vs Laptop Gaming: Mana yang Terbaik untuk Bermain Game

Ponsel menjadi lebih dan lebih mampu berarti bahwa hanya ada sedikit hal yang Anda perlukan dari komputer dan salah satunya adalah bermain game. Padahal ada berbagai pilihan seperti PlayStations, Xbox, Gaming Phones (atau flagship pada umumnya), desktop, dan laptop untuk memuaskan selera gaming Anda. Namun, dalam posting ini, kita akan berbicara tentang perangkat dengan Sistem Operasi (Windows) yang sama; kita akan membandingkan keduanya dan melihat siapa yang akan menang dalam pertarungan PC Gaming vs Laptop Gaming.


Tidak ada perangkat yang sempurna karena dirancang untuk memenuhi kebutuhan kelompok pengguna tertentu. Untuk itu, PC gaming harus bersaing dengan laptop gaming, dengan kriteria yang berbeda. Kami akan melakukan hal itu, kami akan membandingkan kedua perangkat ini pada parameter berikut.

  • Performa
  • Portabilitas
  • Kemampuan Upgrade
  • Harga dan nilai

PC Gaming vs Laptop Gaming

1. Performa

Segera, hal pertama yang ingin Anda ketahui tentang komputer adalah seberapa baik performanya. Seberapa bagus sistem game jika tidak dapat menangani judul AAA yang Anda jelajahi? Itu sebabnya kita akan melihat perangkat mana yang bekerja paling baik dan bagaimana menangani masalah peningkatan suhu saat bermain game.

Jika kita membandingkan perangkat keras dengan perangkat keras, tidak ada keraguan bahwa PC akan menang. Itu karena, untuk memasukkan semua komponen ini ke dalam laptop yang lebih kecil, sebagian besar daya aslinya hilang karena kurangnya ruang.

Tidak hanya kinerja awal yang terpukul, tetapi juga, karena kurangnya ruang, pabrikan tidak dapat membuat sistem pendingin terbaik di kelasnya, dan akibatnya, sistem Anda akan mengalami pelambatan panas, dan Anda akan mengalami penurunan frame. Namun, banyak produsen laptop mencoba mengatasi masalah ini dengan solusi mereka sendiri, mereka memiliki solusi pendinginan eksternal yang berfungsi dengan baik dalam menghilangkan panas.

🔥 Trending:  Spesifikasi Dan Harga Gigabyte Aorus 17G 2021

Namun dalam hal kinerja mentah dan berkelanjutan, desktop gaming memimpin; Ingatlah bahwa kebanyakan orang tidak membutuhkan tingkat kinerja yang gila ini. Sebagian besar laptop gaming dapat menjalankan judul AAA pada 120 fps.

2. Portabilitas

Meskipun laptop gaming bukan yang paling portabel dengan cara apa pun, mereka pasti lebih mudah dibawa jika dibandingkan dengan pc gaming. Jelas untuk membawa laptop gaming, Anda memerlukan laptop, kabel dan mungkin beberapa sistem pendingin eksternal. Tetapi untuk membawa PC gaming, Anda memerlukan monitor, CPU besar, mouse, keyboard, dan lainnya. Jadi sebenarnya tidak ada persaingan, laptop gaming adalah pilihan yang tepat jika Anda perlu membawanya ke mana-mana. Juga, jika ini adalah satu-satunya PC Anda, pasti gunakan laptop gaming.

3. Kemampuan Upgrade

Mampu meng-upgrade PC Anda sangat penting, terutama ketika Anda berencana untuk memainkannya selama 4 hingga 5 tahun. Saat permainan menjadi lebih menuntut, Anda akan merasa perlu memperbarui internal Anda. Secara umum, laptop gaming tidak memiliki banyak degradasi. Sebagian besar bagian disolder dan satu-satunya hal yang dapat ditingkatkan adalah RAM dan drive penyimpanan.

Sebaliknya, komputer desktop adalah tentang kemampuan upgrade. Ini tidak hanya memberi Anda opsi untuk menambahkan lebih banyak RAM dan penyimpanan lebih cepat, tetapi juga memungkinkan Anda menambahkan CPU dan GPU yang lebih baik. Satu hal yang perlu diingat, bagaimanapun, adalah bahwa motherboard Anda memainkan peran besar dalam menentukan versi CPU dan GPU yang dapat Anda gunakan. Jika CPU baru seharusnya terhubung ke soket baru, Anda tidak dapat menggunakannya karena motherboard tidak kompatibel. Namun masih ada ruang untuk meningkatkan internal di bidang PC gaming.

4. Harga dan nilai

Last but not least, kita perlu tahu mana yang memberi kita nilai lebih baik. Jika kita membandingkan perangkat dengan spesifikasi serupa dari kedua sudut, maka desktop akan menjadi pilihan yang lebih murah. Alasannya cukup sederhana, membuat desktop gaming lebih mudah karena yang harus Anda lakukan hanyalah menambahkan komponen yang sesuai, sementara hal yang sama tidak berlaku untuk laptop gaming. Pabrikan harus mempertimbangkan ruang dan baterai saat membangun laptop gaming.

🔥 Trending:  Laptop Harga 4 Jutaan Terbaik Dengan Spek Tinggi

Tetapi nilainya lebih rumit daripada harganya, jadi mari kita perpendek untuk Anda. Jika Anda memiliki laptop dan yang Anda butuhkan hanyalah bermain di PC, maka pilihlah PC gaming. Sedangkan jika itu akan menjadi satu-satunya komputer Anda maka laptop gaming adalah yang Anda butuhkan karena tidak hanya memungkinkan Anda untuk bermain game tetapi juga dapat digunakan untuk belajar maupun bekerja.

Apakah laptop gaming layak Anda miliki?

Jika Anda seorang gamer, tidak memiliki komputer, atau menginginkan sistem yang dapat Anda gunakan untuk bermain, maka ya, laptop gaming sangat berharga. Sebagian besar laptop yang akan Anda temukan di pasaran adalah Ultrabook, terlihat bagus tetapi memiliki CPU yang relatif rendah. Di sisi lain, laptop gaming tidak memiliki baterai yang tahan lama, dan ringan serta tidak cocok untuk lingkungan profesional. Jadi, jika Anda ingin melakukan pertukaran ini untuk kinerja, laptop gaming adalah cara yang tepat.

Apakah laptop gaming bagus untuk gaming?

Ya, laptop gaming cukup mumpuni untuk menjalankan sebagian besar judul AAA pada pengaturan tertinggi. Mereka memiliki sistem pendinginan dan pembuangan panas yang baik dan chipset yang kuat untuk menjalankan sebagian besar game dalam jangka waktu yang lama. Namun, jika Anda ragu untuk membeli laptop gaming atau komputer desktop, bacalah panduan perbandingan dari postingan ini.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News