Cara Memilih Hosting Terbaik Khusus Pemula

Hosting adalah tempat yang paling penting dalam membangun sebuah website. Hal ini karena hosting merupakan penyimpanan seluruh data, file, database yang ada di website. Jadi, penting untuk mengetahui tips memilih hosting yang terbaik demi keberlangsungan website Anda. 


Bagi Anda yang pemula, perlu diketahui pengertian dari hosting, fungsinya, kosa kata penting, sampai dengan tips memilih hosting supaya tidak salah langkah. 

Apa Itu Hosting 

Hosting merupakan layanan yang berguna untuk membangun website. Layanan ini diberikan secara online dari penyedia hosting. Dari hosting ini, Anda bisa mengelola berbagai situs sampai dengan aplikasi melalui koneksi internet. 

Adapun fungsi dari hosting ini sangat beragam yaitu dapat membuat halaman website yang memuat berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain itu, hosting sering digunakan untuk situs jual beli online, serta bisa melindungi website dari SSL. 

Hosting yang Baik Itu Bagaimana? 

Memilih hosting tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena ini penting untuk menjalankan website lebih berkualitas. Lalu, hosting yang tepat itu seperti apa? Berikut penjelasannya: 

  • Lihat dari segi kecepatannya. Hosting terbaik akan membuat website memiliki performa lebih cepat. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas dari  bandwidth, plugin optimasi, dsb. 
  • Dari segi keamanannya, hosting yang tepat mampu memberikan proteksi maksimal dan melindungi dari malware, virus, dan orang yang berusaha membobol website. 
  • Adanya CS yang bisa memberikan pelayanan terbaiknya sampai 24 jam penuh. Jadi, jika ada informasi penting, akan segera dicarikan solusinya. 
  • Hosting yang tepat juga memiliki storage yang bisa diupgrade sehingga website lebih berkembang. 
🔥 Trending:  Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Rame-Rame!

Kosa Kata di Hosting 

  • Bandwidth: kapasitas maksimum dari suatu kabel Ethernet untuk mentransmisikan data dari server ke user yang dihitung dengan satuan bps.
  • SSD Disk Space: tempat atau perangkat yang berfungsi menyimpan data.  SSD sering disamakan dengan HDD, padahal keduanya memiliki perbedaan. Jika HDD adalah penyimpanan dengan bentuk piringan sedangkan SSD lebih kecil seperti chip. 
  • Nodes: suatu titik yang bisa menghubungkan satu perangkat dengan yang lainnya sehingga komputer satu dengan yang lain bisa berkomunikasi dan bertukar data. 
  • CPU: otak komputer yang mengontrol semua sistem operasi. Dengan CPU ini, komputer bisa menjalankan perintah yang diinginkan. 
  • RAM: tempat menyimpan data yang merupakan jenis hardware yang ada di perangkat baik itu komputer maupun Hp. 
  • IO dan IOPS: IO adalah server Input Output yang dimana merupakan kemampuan baca dan tulis dari hardisk. Sedangkan IOPS adalah singkatan dari Input Output per Second yang memiliki IO. Tapi, IO-nya bisa berjalan bersamaan dalam 1 detik. 
  • Akses SSH, DNS Manager, FTP: merupakan protokol dari jaringan yang berjalan di website
  • VNEM dan PMEM: VNEM adalah memori virtual dengan menggunakan SSD. Sedangkan PMEM merupakan memori fisik yang pakai RAM.  
  • EP dan ENPROC: EP atau proses masuk adalah skrip pemrosesan dalam milidetik. Sedangkan Enprocs adalah nomor entry process yang biasanya dalam satu hosting ada 100 Enproc. Keduanya memiliki fungsi untuk mengelola skrip. 

Tips Memilih Hosting Terbaik

Setelah mengetahui kosa kata hosting yang perlu Anda ketahui, kini saatnya beralih pada tips memilih hosting. Tips memilih hosting yang benar adalah sebagai berikut: 

1. Lihat dari Performa Server 

Hosting yang baik memiliki performa tinggi sehingga website tidak akan mengalami lemot. Performa yang baik juga akan membuat website mudah diakses karena kecepatan prosesor, network speed, dan kapasitas RAM-nya bekerja dengan baik. 

🔥 Trending:  Apple Bekerja Sama Membuat Mobil Listrik Dengan Hyundai

2. Lihat Apakah Ada Garansi 

Tips memilih hosting selanjutnya dari ada tidaknya garansi yang disediakan oleh layanan penyedia server. 

Garansi ini akan membuat penggunanya lebih merasa terproteksi dari layanan yang diberikan. Mereka akan merasa lebih aman karena jika terjadi kesalahan atau error kedepannya, uang mereka bisa kembali. 

3. Fitur Tambahan yang Diberikan Penyedia Hosting

Anda bisa mempertimbangkan fitur tambahan yang diberikan oleh setiap layanan penyedia hosting. Kemudian, melakukan perbandingan dengan penyedia server lain. Hal ini penting karena fitur tambahan akan membuat website menjadi lebih berkualitas. 

Perhatikan juga apakah ada fitur tambahan terkait keamanan yang akan membuat website Anda menjadi lebih aman. 

4. Perhatikan Review Customer 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya silahkan untuk mengecek review dari customer sebelumnya. Umumnya, bisa dilihat dari situs resminya atau dari komentar di akun media sosial layanan hosting. 

Jika banyak orang yang memberikan ulasan jelek, sebaiknya pilih layanan hosting lain. Sebaliknya, jika banyak yang mereview bagus, maka Anda bisa memilihnya karena dapat dipercaya. 

5. Pertimbangkan Harga Paket 

Tips selanjutnya yaitu dengan melihat harga paket yang disediakan. Harga tentu menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memilih hosting. Pilihlah dari fasilitas apa yang akan didapatkan serta spesifikasi hostingnya 

Cek juga harga paket dengan penyedia layanan hosting lain sebagai bahan pertimbangan. 

Kesimpulan 

Itulah tips memilih hosting dan apa saja yang harus diketahui dari hosting. Beli hosting di Niagahoster untuk mendapatkan layanan yang terpercaya, harga murah, fasilitas lengkap, dan aman.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News