Cara Menambah Font Android tanpa Aplikasi 2024

Bagaimana Cara Menambah Font Android tanpa Aplikasi? Simak panduan teraskaltim berikut ini. Font memiliki peran penting dalam pengoperasian perangkat ponsel pintar Android. Meskipun setiap hari digunakan, namun masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menambah font Android tanpa aplikasi. Padahal semua HP dengan sistem operasi tersebut memilki pengaturan untuk mengubah dan menambah font yang digunakan.


Bagi sebagian orang, font yang sederhana yang diambil dari bawaan pabrik sudah lebih dari cukup. Hal ini dikarenakan fungsi pentingnya adalah untuk mengetik ketika melakukan chat atau obrolan. Namun tidak demikian dengan orang lain, terutama bagi remaja. Font dapat dijadikan ajang ekspresi atau kreativitas bagi penggunanya. Belum lagi, menggunakan font yang sama dalam jangka waktu panjang tentunya sangat membosankan.

Pada umumnya, pengguna Android menggunakan aplikasi sebagai cara mengubah font. Apalagi banyak ditemukan aplikasi tersebut di Playstore dan dapat digunakan gratis. Kelebihan utamanya adalah dari jenis font yang bervariasi dan kebanyakan unik. Meskipun font bawaan dari ponsel tidak terlalu lengkap, namun anda bisa download dari developer lain yang menyediakannya.

Pengertian Font Android

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara menambah font Android tanpa aplikasi, alangkah baiknya jika kita memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan font. Pengertian umum dari font adalah desain grafis yang diaplikasikan pada tulisan, baik berupa angka maupun huruf. Jenis font sendiri ada beberapa macam, yakni gaya, warna, dan ukuran.

Dalam hal gaya font, yang dimaksud adalah bentuk dari font tersebut. Gaya font yang umum digunakan pad perangkat komputer adalah Calibri dan Times Roman. Gaya dalam font juga mencakup jarak antara karakter yang dituliskan. Untuk warnanya bervariasi, namun pada umumnya menggunakan warna dasar seperti hijau, kuing, biru, dan lainnya.

🔥 Trending:  Cara Pasang VPN di Hp - Internetan Tenang, Sat Set

Ukuran font yang dimaksud di sini yakni besar atau kecilnya ketika digunakan dalam berkomunikasi. Tentunya hal ini bisa disesuaikan dengan selera, namun pada umumnya ukuran normal lebih baik daripada kebesaran atau kekecilan. Apalagi jika digunakan untuk perangkat Android, dimana layar tidak terau lebar seperti halnya di komputer.

Dari sedikit penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa font Android merupakan ukuran, warna, dan gaya dari karakter yang digunakan untuk komunikasi verbal menggunakan perangkat ponsel pintar. Saat ini banyak tersedia jenis font dengan variasi gaya, jadi anda bisa memilih yang dirasa paling menarik.

Baca Juga: Cara memasukkan preset lightroom android

Cara Menambah Font Android tanpa Aplikasi

Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan font, meskipun hanya pengertian dasarnya. Satnya anda juga mengetahui bagaimana cara menambah font Android tanpa aplikasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, sebenarnya masalah ini sudah disediakan pengaturan khusus dari masing-masing ponsel pintar, tidak peduli apa merek dan tipenya.

Beberapa perangkat dan versi Android memiliki pengaturan bawaan untuk memungkinkan Anda mengubah gaya font. Jika ponsel atau tablet Anda tidak memiliki opsi ini, Anda tidak akan dapat mengubah gaya font tanpa me-rooting perangkat Anda, yang bukan merupakan sesuatu yang kami sarankan.

Jika Anda memiliki opsi untuk mengubah pengaturan font Anda, buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda dengan menggulir ke bawah di bayangan pemberitahuan dan mengetuk ikon roda gigi di kanan atas. Anda juga dapat mengakses menu Pengaturan dari laci aplikasi.

Setiap merek atau tipe HP Android terdapat menu tersendiri untuk pengaturan yang dimaksud. Meski demikian, perbedaannya mungkin hanya sedikit dan kebanyakan dari tata letak menunya. Dengan mengetahui cara yang akan kami berikan berikut, anda bisa menggantinya suatu saat sesuai keinginan jika sudah bosan dengan yang lama.

  • Pada menu utama perangkat Android, silahkan buka pengaturan yang mempunyai ikon gear atau roda gigi.
  • Setelah itu, silahkan buka menu ‘display’ atau ‘tampilan’ dari daftar menu yang tersedia.
  • Ada halaman baru yang muncul, silahkan perhatian ‘font style’ atau ‘gaya huruf’, lalu tekan jika sudah ketemu.
  • Silahkan pilih jenis font yang diinginkan.
  • Apabila font yang dipilih masih belum terpasang atau belum di download, anda perlu mengunduh terlebih dahulu.
Screen Shot 2022 01 14 at 23.52.37 - Teras Kaltim

  • Tenang, prosesnya tidak terlalu lama karena rata-rata ukurannya kecil.
  • Setelah proses download selesai, langsung saja gunakan font tersebut dengan cara klik ‘apply’.
🔥 Trending:  2 Cara Pinjam Pulsa Smartfren - Mudah Kok, Ini Syarat dan Langkahnya

Supaya bisa mengganti kapan saja, silahkan download beberapa font yang dianggap paling baik pada proses diatas. Untuk menggantinya sama saja dengan langkah diatas, namun tidak perlu download lagi, cukup tekan apply setelah memilih salah satunya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi di Android

Penutup

Ternyata sangat mudah untuk menambah dan mengganti font yang ada di ponsel pintar. Semoga artikel mengenai cara menambah font Android tanpa aplikasi ini dapat membantu anda yang sedang bosan dalam menggunakan tampilan huruf bawaan dari perangkat. Sebagai catatan, setiap HP dipastikan mempunyai menu yang berbeda, namun intinya sama. Jadi anda bisa menyesuaikan dengan langkah yang disebutkan diatas.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News