TikTok Shop Mengubah Cara Gen Z Berbelanja Online

Anda tidak perlu menjadi pengguna media sosial yang rajin untuk mengetahui bahwa TikTok saat ini benar-benar hit. Kami yakin Anda telah berjalan di jalan dan melihat sekelompok anak-anak memfilmkan diri mereka sendiri melakukan gerakan dance TikTok terbaru.


TikTok telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, dengan platform yang sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan oleh bisnis, terutama ketika tingkat keterlibatan di TikTok lebih tinggi daripada di YouTube dan Instagram. Mikro-influencer di YouTube memiliki tingkat keterlibatan rata-rata 1,63%, dan 3,86% di Instagram. Di TikTok, angka ini mencapai 17,96%.

Tetapi bagaimana TikTok memengaruhi cara Gen Z berbelanja online melalui Tiktok Shop? Seperti dikutip dari Forbes, di bawah ini, kami akan membawa Anda melalui dampak platform media sosial ini terhadap kebiasaan belanja Gen Z.

Kekuatan TikTok yang luar biasa

TikTok lahir pada tahun 2017 sebagai konsekuensi dari penggabungan antara Musical.ly dan Douyin. Sejak itu, platform ini tidak pernah melihat ke belakang, mencapai tingkat popularitas yang sangat besar, yang terutama meningkat selama pandemi Covid-19 ketika kita semua terkurung di rumah tanpa banyak hal yang bisa dilakukan.

TikTok telah mengembangkan Influencernya sendiri yang memiliki jutaan pengikut dan tampilan di konten mereka, seperti halnya jaringan media sosial lainnya seperti Instagram.

🔥 Trending:  WhatsApp Uji Coba Fitur Menyembunyikan Status "Terakhir dilihat" dari Kontak Tertentu

Influencer TikTok biasanya menghasilkan pendapatan seperti itu melalui sponsor, endorse namun beberapa juga merilis produk mereka sendiri.

TikTok Shop populer di kalangan Gen Z

Saat ini, hampir setiap jejaring sosial populer memiliki elemen marketplace sosial yang efisien yang mengarahkan pengguna langsung ke titik pembelian suatu produk. Platform media sosial pertama yang menambahkan fitur marketplace sosial adalah Facebook, dan tentu saja, yang lain mengikutinya.

Di TikTok, fitur belanja berarti pembuat konten dapat menambahkan tab toko ke profil mereka, yang akan menyinkronkan dan menampilkan semua produk yang dijual di situs web toko mereka. Ini berarti bahwa pelanggan dapat membeli produk ini dengan sangat mudah. Mereka tidak perlu pergi mencari; mereka cukup menyelesaikan proses dari TikTok.

Selain itu, pembuat konten dapat menandai produk di pos organik. Saat menambahkan video ke platform, misalnya, produk dapat ditandai, dan pemirsa kemudian dapat mengkliknya dan dibawa ke halaman arahan yang relevan.

Tingkat keterlibatan tinggi di TikTok bagi mereka yang ingin menjual. TikTok telah membuatnya kreatif namun mudah bagi Anda untuk membagikan proses Anda dalam hal membuat produk atau memberikan layanan. Anda dapat membawa pengguna dalam perjalanan bersama Anda, yang sangat penting dalam hal mendorong tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Gen Z menikmati opsi Belanja Secara Live di TikTok

Data telah mengungkapkan bahwa 88% pelanggan telah membeli barang setelah mereka menonton video suatu penjual yang bersangkutan mengiklankannya. Selanjutnya, 96% orang telah menonton video untuk mengetahui informasi lebih mendalam tentang merek atau barang tertentu. Di sinilah fitur Live Shopping di TikTok masuk.

Belanja saat live memberi pedagang kemampuan untuk mengintegrasikan produk dari pengalaman belanja di TikTok Shop mereka ke dalam streaming langsung. Ini adalah alat yang sangat kuat. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa pengembalian produk 50% lebih rendah ketika suatu barang dibeli melalui streaming langsung dibandingkan dengan marketplace sosial biasa.

🔥 Trending:  Lowongan Kerja PT Pertamina Lubricants September 2021

Bagaimana Anda Menjangkau Gen Z di TikTok?

Saat membuat konten di TikTok, sangat penting untuk membuat hubungan pribadi dengan audiens Anda dengan menyusun sesuatu yang menarik yang langsung menarik bagi Gen Z.

Masker wajah populer dari The Ordinary memberikan contoh bagus tentang konten TikTok yang dilakukan dengan benar. Merek tersebut menunjukkan kepada pelanggan hasil luar biasa yang telah dialami orang-orang setelah menggunakan masker wajah. Video konten “Bersiaplah dengan saya” menghasilkan tingkat interaksi yang luar biasa dengan penonton.

Promosikan konten Anda secara efektif.

Saat memaksimalkan konten yang dipromosikan di TikTok, pastikan konten tersebut sesuai dengan aliran umum di umpan Anda. Ini tentu membantu untuk menambahkan tagar yang tepat di bawah video Anda untuk memastikan bahwa pengguna yang relevan dapat menemukan video Anda dengan lebih mudah.

Ingatlah bahwa Gen Z memiliki rentang perhatian yang pendek.

Sifat penting bagi pembuat media sosial adalah memastikan bahwa konten di TikTok menyenangkan dan melibatkan demografi Gen Z yang memiliki rentang perhatian lebih pendek dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan akibatnya membutuhkan konten yang lebih menghibur dari bisnis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam hal menarik perhatian audiens Anda, dua hingga tiga detik pertama selalu yang paling penting.

Manfaatkan influencer sebaik-baiknya.

Akhirnya, pemasaran influencer bisa sangat kuat saat menarik Gen Z di TikTok. Faktanya, 44% pelanggan Gen Z telah membeli produk berdasarkan rekomendasi dari seorang influencer jika dibandingkan dengan populasi lainnya. Karena itu, kita tahu bahwa Gen Z adalah audiens yang paling terpengaruh oleh pemasaran influencer.

Banyak bisnis menghapus prospek menggunakan pemasaran influencer karena mereka menganggap itu akan keluar dari anggaran mereka. Namun, Anda tidak perlu membayar selebriti untuk memamerkan barang Anda. Anda hanya perlu menemukan seseorang yang memiliki audiens yang sangat terlibat yang terdiri dari basis konsumen yang Anda targetkan.

🔥 Trending:  Cara Memilih Hosting Terbaik Khusus Pemula

Tarik Gen Z di TikTok secara efektif.

Tidak dapat disangkal bahwa TikTok memiliki dampak besar pada Gen Z dan kebiasaan belanja mereka. Memanfaatkan fitur belanja yang tersedia dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan langsung dari platform. Pada saat yang sama, pemasaran influencer dan konten cepat yang menarik perhatian segera dapat membantu Anda menarik demografi ini.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News