Bagusan Shopee atau Lazada, Yuk Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya!

Pertanyaan yang sering muncul di setiap benak sebagian orang adalah, bagusan Shopee atau Lazada? Mungkin anda juga mempunyai pertanyaan yang sama. Sebenarnya jawaban untuk itu simpel karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menentukan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih lengkapnya, kami akan membahasnya di bab berikutnya.


Shopee dan Lazada bersaing ketat dalam merebut hati pelanggan, khususnya untuk para pembeli online. Hal ini terbukti dari gencarnya iklan yang dilakukan melalui media, baik televisi maupun online. Tidak dapat di pungkiri bahwa Shopee masih sedikit diatas Lazada dalam hal banyaknya pengguna. Bahkan toko online yang pertama kali diluncurkan di Singapura ini juga mengalahkan pesaing lain, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan OLX.

Meski demikian, Lazada tidak dapat diremehkan dalam hal pengguna dan kemudahan. Diskon menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih memilihnya. Selain itu, gratis ongkos kirim dan sistem pembayarannya juga tidak dapat diabaikan. Secara keseluruhan, keduanya memberikan kemudahan akses dalam hal belanja online, yakni dengan menyediakan aplikasi yang bisa dipasang di perangkat ponsel pintar.

Baca Juga: Cara Menggunakan ShopeePay

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Seperti yang dikatakan tadi, untuk menjawab pertanyaan diatas, yakni bagusan Shopee atau Lazada, akan lebih mudah jika mengetahui kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu. Pertama kita cari tau tentang Shopee, berikut kelebihan dan kekurangannya!

  1. Kelebihan Shopee

Kita bahas terlebih dahulu apa saja yang menjadi kelebihan Shopee sehingga menjadi toko online nomor satu di Indonesia.

  • Aplikasi Mudah Dipakai: Jika anda pengguna Shopee, pasti menyadari bahwa aplikasi Shopee yang dijalankan di perangkat sangat mudah dijalankan. Ketika pertama kali membuka, anda diberikan tampilan sederhana dengan menu pencarian di bagian atas. Hal ini tentunya mempermudah dalam hal mencari barang yang diinginkan.
  • Banyak Gratis Ongkir: Seperti yang diketahui, ongkos kirim yang dibebankan kepada pembeli menjadikan mereka berpikir ulang ketika membeli sebuah produk. Tidak terlalu masalah jika beratnya kurang dari 1 kg dengan jarak tidak terlalu jauh. Namun bagi barang yang berat dan jaraknya jauh, bisa jadi ongkos kirim lebih mahal dari harga produk. Beruntung sekali karena Shopee memberikan kemudahan dalam hal itu dengan memberikan banyak voucher gratis ongkir setiap hari.
  • Transparansi Transaksi: Baik untuk penjual dan pembeli, Shopee memberikan transaksi yang cukup transparan. Bahkan anda bisa melihat biaya penanganan yang tertera dalam setiap kali transaksi.
  1. Kekurangan Shopee
🔥 Trending:  Perbedaan Ram dan Rom dan SSD - Awas Jangan Keliru

Ada kelebihan, pasti juga ada kekurangannya. Tidak ada sesuatu yang sempurna, termasuk dalam hal teknologi digital seperti belanja online.

  • Aplikasi Berat: Entah disadari atau tidak, nyatanya aplikasi Shopee cukup berat dijalankan, apalagi bagi yang menggunakan perangkat low-end. Hak ini mungkin terjadi karena banyaknya produk yang ditampilkan. Apalagi promosi tidak penting yang diletakkan di halaman utama ketika pertama kali membuka aplikasi.
  • Pencairan Lama: Hal ini tidak berlaku bagi anda sebagai pembeli, karena pencairan dana yang dimaksud khusus untuk penjual. Dibutuhkan waktu sekitar 1 atau 2 hari untuk bisa masuk ketika menarik dana dari Shopeepay ke rekening. Tentu menjadi masalah karena penjual harus menggunakannya untuk modal.

Baca Juga: Cara Isi Saldo ShopeePay

Kelebihan dan Kekurangan Lazada

Tentunya dengan penjelasan diatas masih bisa ditentukan dan menjawab pertanyaan tentang bagusan Shopee atau Lazada. Oleh sebab itu, anda juga harus menyimak kelebihan dan kekurangan Lazada berikut!

  1. Kelebihan Lazada

Lazada memang menjadi pesaing ketat dari Shopee dan selalu menempel ketat sejak pertama kali diluncurkan. Apa saja faktor yang menjadikannya mampu bersaing? Berikut selengkapnya!

  • Banyak Diskon: Potongan harga atau diskon menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Meskipun hanya 10 ribu rupiah, sebuah produk bisa menjadi lebih laris daripada sebelumnya. Menariknya, diskon tersebut bukan dari penjual, melainkan dari pihak Lazada.
  • Gratis Ongkir Lebih Besar: Jika di Shopee hanya menyediakan voucher gratis ongkir sebesar 15 ribu rupiah untuk standar tertentu, Lazada lebih besar dari itu. Bahkan hanya dengan minimal belanja 50 ribu, anda bisa mendapatkan gratis ongkos kirim. Menarik bukan?
  • Pilihan Produk Terpopuler: Tidak perlu takut membeli barang dari penjual yang salah. Anda bisa memanfaatkan menu produk terpopuler dengan rating dari pelanggan sebelumnya.
  1. Kekurangan Lazada
🔥 Trending:  Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Rame-Rame!

Seperti halnya Shopee, Lazada juga mempunyai kekurangan tersendiri yang menjadikan seseorang berpikir dua kali menggunakannya. Dari beberapa kekurangan, yang paling mencolok adalah metode pembayaran COD yang masih terbatas untuk produk dan wilayah tertentu.

Kesimpulannya, Bagusan Shopee atau Lazada?

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing toko online diatas, tentunya anda sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan bagusan Shopee atau Lazada bukan? Singkatnya, penilaian yang dimaksud tergantung dari apa yang dibutuhkan. Jika anda ingin mendapatkan banyak diskon, silahkan pilih Lazada. Namun jika ingin kemudahan penggunaan dan pencarian produk, Shopee menjadi pilihan utama. 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: https://teraskaltim com/6876/bagusan-shopee-atau-lazada html, Bagus mna shoppe dengan Lazada?, bagus lazada atau shopee, bagus shopi atau lazada, lebih bagus shopee atau lazada, mana bagus lazada atau shopee, pilih lazada atau shopee, shoppe vs lazada bagus mana
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News