Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Pilihan Terbaik

Aplikasi belajar bahasa jepang digunakan sebagai penunjang guna meningkatkan kemampuan berbahasa. Banyak yang mengatakan bahwa Bahasa Jepang adalah bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, apalagi pengucapannya yang sulit. Sistem penulisannya juga sedikit rumit karena menggunakan tiga jenis huf yaitu kanji, katakana dan hiragana. Karena huruf yang bermacam – macam itulah, mempelajari Bahasa Jepang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Beberapa orang yang mempelajari Bahasa Jepang kadang menyerah ditengah jalan karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Apalagi jika pelajaran bahasa disampaikan di ruang kelas dan buku tebal yang cenderung membosankan. Oleh karenanya, lebih baik menggunakan aplikasi belajar bahasa jepang agar dapat belajar dengan lebih menyenangkan.

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Pilihan


√1. Lingodeer

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang (1) Lingodeer

Lingodeer adalah aplikasi yang dikhususkan untuk belajar Bahasa Jepang, Korea dan Mandarin. Tampilan aplikasi lucu dan menarik serta memiliki tema yang dapat diganti sesuai dengan keinginan Anda. Memiliki beberapa level  mulai dari yang paling bawah yang mengajari tentang kata – kata dasar sampai ke level yang paling tinggi. aplikasi belajar bahasa jepang ini banyak digunakan karena membuat pengguna untuk mempelajari Bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Offline Terbaik 2020

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini antara lain:

  • Memiliki kapasitas aplikasi yang ringan sehingga tidak akan menganggu penggunaan aplikasi lain dan  dapat digunakan di semua jenis handphone dengan mudah.
  • Aplikasi bisa menyimpan riwayat belajar pada akun Anda sehingga jika digunakan di handphone lain tidak akan mengulang dari awal.
  • Di setiap akhir materi disediakan tes yang dapat mengukur sejauh mana kemampuan Anda berbahasa Jepang.
  • Disediakan juga materi yang berisi audio sehingga mempermudah untuk mempelajari dan melafalkan setiap katanya.

√2. Mondly

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang (2) Mondly

Belajar bahasa di zaman yang sudah modern ini tidak perlu lagi datang ke kelas dan membayar senilai uang untuk melakukan kursus karena belajar bahasa bisa dilakukan melalui smartphone. Mondly adalah salah satu aplikasi belajar bahasa jepang yang dapat diunduh melalui aplikasi android, iphone, blackberry dan windows phone. Aplikasi adalah jenis yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun jika menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka Anda dapat mengaktifkan keanggotaan premium.

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini antara lain:

  • Dapat belajar dengan penutur asli sehingga akan memudahkan Anda untuk mengerti maksud dari bahasa yang dipelajari.
  • Dapat digunakan dengan mudah dan tidak kaku.
  • Menggunakan media berupa gambar ilustrasi yang membuat pengguna mempelajari bahasa dengan menyenangkan.
Learn 33 Languages Free - Mondly
Learn 33 Languages Free - Mondly

√3. Rosetta Stone

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang (3) Rosetta Stone

Rosetta Stone adalah aplikasi yang bukan hanya dapat menyediakan sarana untuk belajar Bahasa Jepang namun juga bahasa yang lain seperti Perancis, Jerman, Rusia, Korea, Mandarin, Arab, serta banyak lagi yang lainnya. Aplikasi hanya sekitar 138MB sehingga masih dikategorikan aplikasi yang ringan. Rosetta Stone adalah salah satu aplikasi belajar bahasa jepang yang sangat bagus untuk digunakan meningkatkan kemampuan berbicara.

Baca Juga : 

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini antara lain:

  • Memiliki fitur speech recognition yang dapat melatih Anda untuk melafalkan suatu kata dengan benar.
  • Dilengkapi juga dengan buku pendukung yang memungkinkan Anda untuk belajar mengenai konsep bahasa itu sendiri.
  • Sangat cocok digunakan untuk belajar bahasa yang sulit pengucapannya karena dapat dengan mudah membantu Anda membenarkan bagaimana melafalkan suatu kata.

√4. Tandem

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang (4) Tandem

Aplikasi tandem menggunakan sistem seperti sosial media yang dapat digunakan untuk bercakap –cakap dengan penutur asli bahasa yang Anda pelajari. Selain dapat digunakan untuk belajar Bahasa Jepang, aplikasi ini dapat juga digunakan untuk mendapatkan teman dari negara sakura tersebut. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi yang multifungsi karena selain belajar bahasa dan mendapat teman baru, Anda juga dapat belajar budaya dari negara yang bersangkutan. Jika Anda belajar Bahasa Jepang dengan penutur asli Jepang maka mereka juga akan mengajari budaya – budaya dan gaya hidup orang Jepang pada umumnya.

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini antara lain:

  • Selain memiliki fitur chatting dengan penutur asli, Anda juga dapat menggunakan fitur tutor berbayar.
  • Memiliki fitur correcting saat melakukan chatting dengan bahasa target sehingga membuat Anda juga belajar mengetahui kata atau tulisan yang tepat digunakan dalam chatting.
  • Tersedia juga fitur audio message yang memungkinkan Anda untuk belajar cara melafalkan suatu kata atau kalimat.
  • Terlebih lagi ada fitur phone call dan video call yang memudahkan Anda untuk berhubungan dengan teman yang penutur asing agar dapat belajar Bahasa Jepang dengan lebih efektif.

√5. Obenkyo

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang (5) Obenkyo

Aplikasi Obenkyo ini lebih dikhususkan untuk belajar menghafal tiga jenis huruf dalam bahasa Jepang yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Anda juga dapat belajar menulis semua huruf tersebut melalui aplikasi. Aplikasi ini sangat lengkap, memiliki sekitar 2300 huruf kanji yang dapat dipelajari.

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini antara lain:

  • Setelah belajar beberapa pelajaran di aplikasi ini, Anda dapat menguji kemampuan berbahasa Jepang dengan mengikuti tes JLPT, tes Bahasa Jepang yang sejenis dengan TOEFL.
  • Pelajaran yang diberikan lengkap mulai dari kosa kata untuk setiap huruf yang digunakan dan juga grammar dasar.
  • Dapat diatur di dalam setting untuk level yang ingin digunakan, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki.
  • Memiliki fitur simulasi ujian yang langsung dapat diketahui berapa skor yang Anda dapatkan.
Obenkyo
Obenkyo
Developer: Atomusk
Price: Free
Topik Terkait: Smartphone, Aplikasi Android