Bagusan MediaTek atau Snapdragon? Ini Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

Mediatek vs Snapdragon – Kualitas prosesor sangat penting untuk performa sebuah ponsel. Prosesor merupakan komponen terpenting dari sebuah smartphone. Lalu, bagusan MediaTek atau Snapdragon? Yuk cari tahu perbedaan antara Mediatek vs Snapdragon di sini.


Prosesor adalah otak dari smartphone yang mengatur semua fungsi smartphone. Satu-satunya nama yang terlintas dalam pikiran adalah Mediatek atau Snapdragon. Ini adalah prosesor terbaik untuk smartphone saat ini.

Bagusan Mediatek atau Snapdragon? Mana yang lebih baik?

Bagusan mediatek atau snapdragon? apa berbedaannya?

Perbedaan antara Mediatek dan Snapdragon adalah Mediatek merupakan pilihan yang sangat baik untuk kelas menengah dan untuk keperluan bermain game. Ini adalah keputusan terbaik untuk smartphone harga yang terjangkau. Chip Snapdragon berfungsi paling baik dengan sebagian besar aplikasi. Smartphone dengan Snapdragon sangat mahal. Ini dapat diandalkan dan tahan lama.

Mediatek adalah chipset terjangkau yang banyak ditemukan di Realme, dan perangkat prosesor Mediatek adalah model level menengah atau entry level.

Pemanasan cepat dan suhu tinggi merupakan kerugian dari chip. Performanya lebih baik daripada chipset dalam kisaran harga yang sama.

Prosesor Qualcomm dikenal sebagai seri snapdragon. Prosesor luar biasa di sebagian besar ponsel premium. Fitur yang membedakan prosesor ini adalah konsumsi daya yang rendah dan kemampuan grafis terbaik.

Chipset yang aman dengan konsumsi daya paling rendah adalah chipset terbaik tentunya.

Tabel Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

ParameterMediaTekSnapdragon
AsalDidirikan pada tahun 1997 di Hsinchu, Taiwan.Didirikan pada tahun 1985 di San Diego.
Daya tahan bateraiDaya tahan pakai baterai pendek.Masa pakai baterai lebih lama.
PemanasanPemanasan sangat intens di MediaTek.Pemanasan dikendalikan di snapdragon.
HargaMediaTek adalah bagian dari ponsel kelas bawah.Snapdragon adalah bagian dari seri ponsel mahal.
PerformaMediaTek bagus dalam fungsi dan keandalan.Snapdragon memiliki kinerja yang unggul dibandingkan dengan MediaTek.

Apa itu Chipset MediaTek?

Untuk lebih jelas menjawab pertanyaan bagusan mediatek atau snapdragon, lebih baik kita simak dahulu apa itu mediaTek ataupun Snapdragon.

🔥 Trending:  Apple Bekerja Sama Membuat Mobil Listrik Dengan Hyundai

Mediatek adalah perusahaan semikonduktor terbesar keempat di dunia dan memproses lebih dari 2 miliar perangkat setiap tahunnya. Mediatek yang berbasis di Taiwan adalah yang kedua setelah Qualcomm, tetapi chip ini biasanya ditemukan di telepon pintar.

MediaTek menggunakan CPU Arm standar untuk prosesornya dan belum melakukan modifikasi pengembangan apa pun.

MediaTek telah mulai menggunakan teknologi Imagimatation di Helio P90 baru, dan perusahaan mengklaim bahwa ini adalah langkah maju yang besar dibandingkan dengan chipset sebelumnya.

Chipset Helio P60 mendedikasikan unit pemrosesan AI (APU) untuk ponsel kelas menengah. Ini memiliki fitur yang dioptimalkan untuk ponsel kelas menengah seperti pengenalan wajah dan tampilan pintar.

Ponsel Mediatek memiliki reputasi buruk dalam beberapa tahun terakhir karena kinerja yang buruk dan kebijakan perusahaan dalam merilis kode sumber.

Ini tidak setransparan pembuat chip di AS. Perusahaan bekerja untuk memecahkan masalah ini. Chip Mediatek mengonsumsi lebih banyak daya dan lebih sedikit daya baterai.

Pembaruan sistem lambat karena chip tersebut adalah bagian dari merek tingkat rendah yang tidak memiliki sumber daya untuk memutakhirkan telepon. Ini telah memengaruhi reputasi merek Mediatek, dan perusahaan telah menanggung bebannya.

MediaTek adalah komponen yang menonjol dari setiap ponsel entry level. Mediatek umumnya tidak berurusan dengan chipset utama tetapi fokus pada segmen sub-utama.

Mediatek Helio G berfokus pada hiburan dan hasil. Helio G90 dan G90T adalah chipset dengan CPU octa core.

Ini memiliki teknologi selain inti A76 plus enam inti Cortex-A55, teknologi canggih ini memprediksi hasil layar yang bagus di layar dan dalam olahraga.

Prosesor Mediatek adalah bagian dari banyak ponsel, dan mereka menyempurnakan produknya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

🔥 Trending:  BlackBerry dan Telkomsel Bakal Tingkatkan Keamanan Bluebird

Apa Itu Chipset Snapdragon?

Desain prosesor Snapdragon didedikasikan untuk grafis yang cepat, cerdas, aman, dan berkualitas tinggi. Prosesor memungkinkan pengalaman augmented reality yang luar biasa, kamera hebat, dan konektivitas luar biasa untuk jaringan 4G dan 5G.

Chip Snapdragon yang dioptimalkan sepenuhnya dan teknologi mutakhir yang ditenagai oleh Qualcomm.

Platform Seluler Seri Snapdragon 8:
Platform seri Snapdragon 8 berisi CPU multi-core dan dapat memperluas semua kemungkinan. Performa unggul, efisiensi energi, dan konektivitas 4G.

Platform Seluler Seri Snapdragon 7:
Ini mendukung fitur yang diperlukan seperti mesin AI untuk memiliki fungsi kamera canggih.

Platform Seluler Seri Snapdragon 6:
Desain platform seluler seri Snapdragon 6 bertujuan untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keserbagunaan. Ini memberikan pengalaman berkualitas tinggi kepada pengguna dalam fungsionalitas bawaan untuk ponsel cerdas dan tablet.

Platform Seluler Seri Snapdragon 4:
Platform seluler seri Snapdragon 4 dirancang untuk mendukung smartphone paling populer. Mereka termasuk teknologi kamera canggih, layar Full HD dan audio berkualitas tinggi.

Platform Seluler Seri Snapdragon 2:
Desain platform mobile seri Snapdragon 2 adalah untuk Original Equipment Manufacturer (OEM). Mereka melayani konsumen karena mereka membutuhkan jaringan telepon seluler berkualitas tinggi, andal, dan terjangkau.

Snapdragon memiliki grafik yang bagus dan perekaman video 8K yang canggih. Perpanjang masa pakai baterai dan menjaga agar perangkat Anda tetap dingin.

Bagusan MediaTek atau Snapdragon? Ini Perbedaan Utamanya

  1. Prosesor Mediatek menghabiskan banyak daya, yang membatasi masa pakai baterai. Prosesor Snapdragon lebih hemat energi.
  2. Prosesor Mediatek bekerja dengan baik dan bagus dalam multitasking. Snapdragon memiliki prosesor yang berkinerja lebih baik dan menangani tugas dan permainan yang intensif.
  3. Prosesor Mediatek cenderung menjadi panas. Prosesor Snapdragon membuat perangkat tetap dingin.
  4. Ponsel dengan prosesor Mediatek harganya terjangkau. Ponsel prosesor Snapdragon berada di ujung atas kisaran harga.
  5. Mediatek adalah perusahaan semikonduktor internasional Taiwan yang didirikan pada tahun 1997. Prosesor Snapdragon dari Qualcomm, didirikan pada tahun 1985 di California.
🔥 Trending:  Sudah Dibuka, Ini Cara Daftar Prakerja Gelombang 21

Jadi bisa kita simpulkan bahwa pemilihan MediaTek atau Snapdragon terletak pada segi harga. Bagusan mediatek atau snapdragon? Semua kembali kepada kebutuhan dan budget Anda.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News