Review LG 24MK600 Monitor 24 Inch, 75Hz IPS – Cocok Untuk Rumah dan Kantor

LG 24MK600 adalah monitor IPS yang menarik untuk penggunaan sehari-hari yang diusung oleh LG dalam teknologi panel dan desain yang indah. Apa saja kelebihan dan kekurangannya monitor 24 inch ini? Simak ulasan kami berikut ini.


Raksasa teknologi Korea menghasilkan beberapa tampilan penggunaan campuran terbaik belakangan ini, bersama dengan berbagai varian game dan desainer. LG 24MK600 hadir dengan varian yang lebih murah dan bersaing dengan opsi yang sudah ada seperti Samsung S24R350, tetapi apakah LG 24MK600 memiliki keunggulan?

Review LG 24MK600 Monitor 24 Inch, 75Hz IPS - Cocok Untuk Rumah dan Kantor
LG 24MK600 (Foto: lg.com)

Cek Harga LG 24MK600 Terbaru

Spesifikasi LG 24MK600

Screen Size24 Inch
Resolusi1920 x 1080 Full HD
Aspect Ratio16:9
Panel TechnologyIn-Plane Switching (IPS)
Refresh Rate75Hz
Response Time4 ms
Contrast Ratio1000:1 (Static)
Brightness250 cd/m²
Built-in SpeakersYes (2 x 1Watt)
StandTilt – Yes
Swivel – No
Pivot – No
VESA CompatibilityYes 100 x 100
ConnectivityHDMI 1.4x 2, VGA x 1, 5mm Jack x 1
Dimensions(W x H x D)21.22” x 16.35” x 7.17”
Berat3,1 Kg

Desain dan Fitur LG 24MK600

LG 24MK600 menampilkan desain minimalis yang akan membuatnya pas di lingkungan atau pengaturan apa pun, baik di rumah atau di kantor. Sasis hitam matte tidak menjadi tua, meskipun kami tahu banyak pembaca kami lebih suka warna putih dari varian yang lebih tingkat tinggi. Layarnya bezel-free, sehingga cocok untuk pengaturan multi-monitor dan dapat dibandingkan secara langsung dengan Samsung S24R350.

Build quality untuk LG 24MK600 lebih dari cukup, seperti yang terlihat pada kualitas material dan daya tahan perangkat. Plastik tidak terasa terlalu tipis, sementara tidak ada cacat produksi yang terlihat pada bagian tepinya. Monitor sedikit bergoyang, tetapi perlu sedikit tenaga untuk membuat perangkat bergetar sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjatuh.

🔥 Trending:  Spesifikasi Dan Harga Gigabyte Aorus 17G 2021

Fitur fisik terbatas pada LG 24MK600, tapi itu bisa dimengerti karena ini adalah pilihan anggaran di mana banyak kenyamanan terpotong. Namun, model ini masih menyertakan Kontrol Layar merek yang memungkinkan Anda memanipulasi OSD di desktop alih-alih menggunakan tombol sial. Karakteristik itu merupakan nilai tambah yang besar bagi pengguna yang secara teratur ingin mengoptimalkan layar untuk waktu yang berbeda dalam sehari.

LG 24MK600 bahkan menyertakan dudukan ArcLine yang dulunya eksklusif untuk penawaran versi mahal. Basis berbentuk busur memberikan stabilitas yang sangat baik, tetapi membutuhkan sedikit ruang horizontal di meja Anda. Namun, kelemahan utamanya adalah ia hanya dapat menawarkan kemiringan untuk penyesuaian yang akan sangat membatasi pilihan sudut pandang Anda.

Untungnya, dudukan yang disertakan mudah dilepas sehingga Anda dapat menggunakan dudukan VESA aftermarket yang akan dipasang di lubang baut di bagian belakang. Tetapi membeli angker menambah biaya total, mengalahkan keramahan anggaran LG 24MK600. Salah satu cara untuk mengimbanginya adalah dengan menggunakan dua atau tiga produk layar yang terjangkau ini, sehingga Anda dapat membuat stasiun kerja atau game yang hemat biaya dengan resolusi 5760 x 1080.

Connectivity pada LG 24MK600
Connectivity pada LG 24MK600 (Foto: lg.com)

Keterbatasan lain pada LG 24MK600 adalah panel I/O-nya yang hanya menawarkan slot HDMI 1.4 ganda dan konektor VGA untuk input video. HDMI masih umum digunakan saat ini, tetapi kartu video modern mulai beralih ke DisplayPort sebagai standar dominan. Rilis GPU terbaru memiliki dua atau tiga slot DP dengan hanya satu wadah untuk HDMI.

Tidak ada tambahan seperti slot USB atau speaker dengan LG 24MK600 yang entah bagaimana bisa membuatnya menjadi proposisi yang kurang praktis dibandingkan pesaing utamanya. Pengguna biasa tidak akan melewatkan pengaya ini, tetapi mereka senang memiliki tampilan produk yang lebih baik.

🔥 Trending:  Cara mempartisi hard disk Di PC/Laptop 2024

Cek Harga LG 24MK600 Terbaru

Tampilan dan kinerja LG 24MK600

LG 24MK600 dilengkapi panel IPS 24 inci dengan resolusi 1920 x 1080, seperti halnya pada LG 24GN600-B, kecepatan refresh maksimum 75, dan waktu respons 5 ms. Lampu latar dibatasi hingga 250 cd/m² sementara kontras berada pada standar 1000:1, tidak seperti saudara kandung Nano IPS di kelas yang lebih tinggi. Spesifikasi ini tidak menawarkan sesuatu yang istimewa, tetapi ruang ekstra dalam kecepatan refresh membuat produk ini meyakinkan sebagai monitor gaming yang ekonomis.

Tampilan dan kinerja LG 24MK600
LG 24MK600 tampak dari samping (Foto: lg.com)

Ukuran 24 inci dan resolusi 1080p dari LG 24MK600 sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk bekerja atau bermain. Kepadatan piksel pada layar seperti ini seimbang, sehingga objek kecil seperti teks tidak perlu diubah ukurannya. Di sisi lain, grafis game tidak sedetail 1440p atau 4K, tetapi terlihat cukup tajam tanpa piksel.

LG 24MK600 menghadirkan 97% gamut warna sRGB, tetapi saturasi yang berlebihan pada warna primer mengurangi resolusinya menjadi Delta E 3.9 yang suram. Nuansa biru dan merah terlihat seperti hilang, sedangkan suhu warna condong ke rona yang lebih dingin. Layar tampaknya cocok untuk penggunaan biasa karena putihnya tidak terlihat kekuningan, tetapi apa pun yang membutuhkan warna bintik tidak disarankan.

Model ini dapat menggunakan sedikit kalibrasi, tidak seperti banyak produk LG yang langsung siap digunakan. Gamma sedikit lebih rendah di 2.1, tetapi tidak menambah batasan yang sudah ada pada panel IPS. Namun sebagai catatan positif, LG 24MK600 memiliki salah satu rasio kontras terbaik di grupnya, mencapai 1250:1 pada kecerahan maksimum.

LG menyebutkan bahwa monitor ini telah dikalibrasi sebelumnya untuk meningkatkan rendering warna, tetapi kami pikir mereka ketiduran saat mencoba membuatnya lebih hidup. Layarnya bagus untuk menonton kartun atau bermain game penuh warna seperti Apex Legends, tetapi tidak ideal untuk mengedit karya atau desain.

🔥 Trending:  5 Printer yang Bagus untuk Cetak Foto di Bawah 1 Juta

Keseragaman panel pada LG 24MK600 bagus dan pendarahan cahaya latar minimal, jadi tidak ada masalah yang langsung terlihat dengan keburaman. Namun, bagian bawah layar terlihat lebih gelap daripada yang lain, sehingga kontras di area tersebut juga terpengaruh. Render warna tetap seimbang secara keseluruhan, yang membuat representasi yang tidak akurat menjadi masalah yang jauh lebih besar menurut kami.

LG monitor 24 inch ini secara mengejutkan lebih responsif daripada beberapa monitor IPS harga terjangkau yang kami uji meskipun LG mengutip waktu respons 5 ms lebih banyak daripada piksel. Layar diredupkan dalam beberapa urutan cepat, tetapi tidak pada tingkat yang sangat mengganggu. Anda juga dapat menggunakan overdrive layar tetapi tetap dalam pengaturan sedang karena memaksimalkannya akan menyebabkan overdrive besar-besaran.

LG 24MK600 adalah monitor gaming FreeSync dengan rentang fungsi 48Hz hingga 75Hz untuk gameplay yang mulus. Model ini belum diuji atau disertifikasi untuk kompatibel dengan G-Sync, sehingga masalah seperti kedipan mungkin muncul. Jeda input hingga 9 ms, jadi tidak akan ada penundaan atau status “asinkron” saat menikmati game favorit Anda.

Cek Harga LG 24MK600 Terbaru

Kesimpulan Review LG 24MK600

LG 24MK600 memiliki desain dan kejernihan yang sangat baik meskipun dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi profil gambar defaultnya mungkin memerlukan beberapa perbaikan. Oversaturation dapat bekerja untuk pengguna yang ingin menikmati fitur animasi atau judul kartun seperti Overwatch, tetapi pengguna yang berhati-hati harus mencari di tempat lain. Kami juga menyukai penambahan FreeSync dan akselerasi penyegaran onboard tambahan yang memungkinkan produk ini menjadi pilihan nilai yang baik untuk bermain game.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News