Review Samsung S24R350 – Monitor 24 Inch Harga Terjangkau dengan Refresh Rate 75Hz

Samsung S24R350 adalah monitor murah untuk penggunaan sehari-hari yang berfungsi baik untuk bekerja dari rumah ataupun bermain game ringan. Model ini kompatibel dengan IPS, bukan VA atau PLS yang diproduksi dan digunakan oleh merek Korea. Samsung S24R350 memasuki segmen 2 jutaan yang sangat kompetitif terutama selama waktu ini, jadi mari kita periksa dan lihat apakah monitor Samsung ini memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan pesaing lainnya.


Monitor Samsung S24R350 (Foto: samsung.com)
Monitor Samsung S24R350 (Foto: samsung.com)

Spesifikasi Samsung S24R350

Screen Size24 Inch
Resolusi1920 x 1080 FHD
Aspect Ratio16:9
Panel TypeIPS (In-Plane Switching)
Refresh Rate75Hz
Rasio Kontras1000:1
Brightness250 cd/m²
Built-in SpeakersNo
ConnectivityHDMI 1.4 x 1, VGA x 1
Berat3.4 Kg (Dengan Stand)
Dimensi Ukuran Dengan Stand539.7 x 425.4 x 236.4 mm

Cek Harga Samsung S24R350 Terbaik Di Sini

Desain Monitor Samsung S24R350

Review Samsung S24R350 - Monitor 24 Inch Harga Terjangkau dengan Refresh Rate 75Hz
Samsung S24R350 Tampilan dari Samping (Foto: samsung.com)

Samsung S24R350 memiliki fitur eksterior ramping yang terlihat elegan dan menarik untuk workstation Anda atau bahkan beberapa pengaturan game sederhana. Perangkat ini memiliki warna “abu-abu biru tua” eksklusif Samsung yang khas bersama dengan aksen perak di bilah bawah bagian depan. Layar bezel-free di ketiga sisinya, tetapi Anda masih akan melihat batas panel minimal saat digunakan.

Perlu diperhatikan juga bahwa Samsung S24R350 tidak memakan banyak ruang dan tidak terlalu berat, sehingga Anda dapat mengatur workstation Anda secara praktis di mana saja. Perangkat ini juga sedikit lebih tinggi daripada beberapa model serupa, yang sangat bagus jika Anda berada di sisi populasi yang lebih tinggi. Kami menemukan dudukannya tidak terlalu dalam, tetapi bentuk T-nya seharusnya membuat pengaturan periferal semudah kacang polong.

Build quality Samsung S24R350 sangat baik meskipun termasuk dalam segmen monitor harga 2 jutaan. Bahan plastik yang digunakan terasa seperti tahan beberapa pukulan. Kesesuaian dan penyelesaian layar sempurna, sehingga tidak ada celah yang tidak rata di semua tepinya.

🔥 Trending:  Daftar Harga Laptop ASUS 3 Jutaan, Recommended 2022

Fitur hebat lainnya dari Samsung S24R350 adalah joystick OSD yang memungkinkan Anda menavigasi menu dengan mudah. Perangkat ini juga berfungsi sebagai tombol daya, jadi Anda harus lebih lembut dalam menekannya agar layar tidak terkunci secara tidak sengaja. Samsung telah menerapkan ini dengan hampir seluruh jajaran mereka akhir-akhir ini, dan kami pikir semua produsen layar harus mengikuti juga.

Dudukan yang disertakan dengan Samsung S24R350 hanya dapat memberikan kemiringan yang membatasi kegunaannya pada workstation monitor ganda atau tiga. Ini juga sedikit mengganggu di desktop Anda karena kedalamannya, tetapi mudah untuk menemukan solusi berkat bentuk dasarnya. Untungnya, Anda dapat menukar bagian ini dengan dudukan VESA yang memiliki adaptor 75 x 75, tetapi menurut kami ini hanya dapat diterapkan jika Anda berencana menggunakan banyak monitor.

Review Samsung S24R350 - Monitor 24 Inch Harga Terjangkau dengan Refresh Rate 75Hz
Port HDMI 1.4 dan VGA Samsung S24R350 (Foto: samsung.com)

Cek Harga Samsung S24R350 Terbaik Di Sini

Samsung S24R350 tidak memiliki banyak pilihan konektivitas, sehingga kurang fleksibel dibandingkan beberapa pesaing seperti ViewSonic VX2485-mhu. Anda hanya mendapatkan HDMI 1.4 dan VGA untuk input video yang membatasi perangkat host yang dapat Anda gunakan secara bersamaan dengan monitor ini.

Samsung S24R350 tidak memiliki speaker bawaan yang bisa dibilang lumayan untuk harganya. Sehingga memaksa Anda untuk menambahkan speaker eksternal agar bisa digunakan untuk menikmati musik ataupun saat streaming video.

Tampilan dan Kinerja Samsung S24R350

Samsung S24R350 memiliki panel IPS 24 Inch dengan resolusi 1920 x 1080, kecepatan refresh maksimum 75Hz, dan waktu respons 5ms. Rasio kontrasnya adalah 1000:1, sedangkan backlight maksimumnya adalah 250 cd / m². Model ini tidak memiliki fitur khusus, tetapi sudut pandang yang lebih lebar dan ruang penyegaran ekstra membuatnya menarik untuk game kasual juga.

🔥 Trending:  Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Semua Merek? Yuk Cek Disini

Layar monitor 24 Inch bersama dengan resolusi 1080p sangat bagus untuk penggunaan massal karena memiliki visibilitas yang sangat baik dan membuat bermain game lebih mudah bahkan pada sistem spesifikasi rendah. Anda tidak perlu menatap atau menggunakan penskalaan untuk membaca dan memanipulasi dokumen, ditambah lagi hampir semua format video di luar sana mendukung 1080p. Namun, Anda tidak mendapatkan tampilan HD dengan ruang ekstra yang berguna untuk multitasking.

Samsung S24R350 mencakup 98% ruang warna sRGB, tidak seperti model IPS lainnya yang hanya dapat mencapai 93%. Layar disetel dengan baik dari pabrik karena delta warna E tidak melebihi 2,1 yang sedikit lebih baik dari kisaran yang dapat diterima. Suhu warna sedikit di atas 6500K point, tetapi kesejukan tambahan diterima karena membuat latar belakang putih tampak lebih bersih dan tidak terlalu kuning.

Tidak perlu mengkalibrasi Samsung S24R350, jadi Anda hanya perlu menyesuaikan kecerahannya, dan siap digunakan. Jarang menemukan layar yang sudah menawarkan output warna yang seimbang saat pertama kali dibuka, jadi ini merupakan nilai tambah yang besar untuk model ini.

Samsung S24R350 juga mencapai rasio kontras 1040:1 yang memberikan kinerja yang sedikit lebih baik dalam pencahayaan hitam. Layar tidak terlihat pudar, tetapi masih dapat terlihat keabu-abuan saat melihat gambar gelap di lingkungan yang tidak terang. Lampu latar pada model ini dapat mencapai 300 cd/m2 pada 100%, memungkinkannya untuk melawan silau lebih baik daripada kebanyakan model di kelas yang sama.

Namun, keseragaman panel untuk Samsung S24R350 dapat menggunakan beberapa perbaikan karena kehilangan sedikit kontrasnya di tepi bawah. Ada beberapa kebocoran lampu latar di sudut-sudut ini, menambahkan sedikit pengaburan yang menjadi sedikit terlihat dalam pemandangan gelap. Untungnya, tidak setiap unit sama karena toleransi produksi, jadi dimungkinkan untuk mendapatkan yang lebih baik.

🔥 Trending:  Fungsi Access Point dan Cara Settingnya

Penanganan gerakan pada Samsung S24R350 bukan yang terbaik sehingga cenderung kabur dalam adegan cepat atau transisi kontras. Monitor memang memiliki fitur overdrive meskipun itu bukan model game lengkap yang mengurangi noda dan jejak. Kami merekomendasikan untuk tetap menggunakan level Faster karena apa pun yang lebih tinggi akan menambah overshoot masif yang sama buruknya dengan keburaman aslinya.

Samsung S24R350 kompatibel dengan FreeSync, tetapi tidak berfungsi sempurna dengan G-Sync untuk pengguna Nvidia. Anda tidak perlu bergantung pada VRR karena mudah untuk mengoptimalkan pengaturan grafis pada resolusi ini, tetapi akan berguna untuk memiliki judul yang menuntut seperti Red Dead Redemption 2. Input lag duduk di 10ms, jadi tidak perlu khawatir tentang penundaan atau instance “tidak disinkronkan”.

Kesimpulan Review Samsung S24R350

Samsung S24R350 adalah salah satu monitor 24 Inch terkuat dalam hal kualitas gambar dengan harga 2 Jutaan. Panel IPS mampu menghasilkan kualitas warna yang menawan, dan tidak memerlukan kalibrasi jika Anda menginginkan gambar yang lebih seimbang. Layar pada model ini juga memiliki rasio kontras yang lebih baik daripada beberapa model yang pernah kami lihat, meskipun tidak sebanding dengan varian VA yang dikenal Samsung.

Keluhan terbesar kami dengan Samsung S24R350 adalah kurangnya beberapa kenyamanan untuk membuat pembelian untuk bekerja dari rumah digunakan sedikit lebih berharga. Kami ingin memiliki slot HDMI tambahan atau sepasang speaker internal dengan perangkat, meskipun kelalaian ini dapat dimengerti karena harganya sudah terjangkau. Ini adalah salah satu model yang lebih baik di luar sana, dan Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang jika Anda menginginkan alternatif yang lebih menarik.

Cek Harga Samsung Monitor S24R350 Terbaik Di Sini

Kelebihan:

  • Warna dan Kontras Luar Biasa
  • Harga Terjangkau
  • Desain Menarik
  • Dilengkapi dengan Joystick OSD

Kekurangan:

  • Penyangga Miring Saja
  • Tidak ada DisplayPort
  • Waktu Respons Piksel Lambat
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: monitor samsung s24r350 apa bagus untuk desain grafis, samsung s24r350 apakah cocok untuk grafis ?
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News