Harga Dan Spesifikasi Alienware 17 R4

Alienware adalah salah satu merek paling terkenal, terutama dalam hal perangkat PC game atau laptop, ia juga membuat game PC dan laptop kelas atas. Salah satu tambahan terbaru pada jajaran 2017 adalah Alienware 17 R4, laptop gaming 17,3 inci yang tampaknya mengemas banyak daya.


Baca Juga : 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2021

Tapi bagaimana cara kerjanya dalam kehidupan nyata? Yuk simak ulasan di bawah ini baik-baik.

HARGA DAN Spesifikasi

Kisaran Alienware 17 R4 2017 mulai dari Rp. 23,5 juta paket layar IPS Full-HD 17,3 inci bersama dengan Radeon R9 470 dengan VRAM GDDR5 8 GB, RAM 8 GB, dan prosesor Core i7, sedikit mahal dibandingkan dengan laptop gaming 17 inci lainnya seperti MSI Apache Pro.

Jika mau sedikit lebih takut, Anda bisa memilih model lain dengan harga Rp. 26,5 juta, dengan Nvidia GeForce GTX 1060 punya RAM 6GB. Ada juga model seharga Rp. 32 juta dilengkapi dengan Nvidia GeForce GTX 1070 dengan RAM 8GB dan layar 17,3 inci 2560 × 1440 yang ditingkatkan.

Model high-end (tanpa kustomisasi) menawarkan Nvidia GeForce GTX 1080 dengan RAM 8GB dan memiliki layar 2560 × 1440 dan lebih, dengan harga maksimal Rp. 37,5 juta.

DESAIN DAN KOMPONEN

Seperti kebanyakan laptop gaming, Alienware 17 R4 memiliki lapisan logam pada tutupnya dan sebagian besar bodinya terbuat dari plastik, meskipun tepi keyboard dilapisi dengan lapisan matte untuk tampilan yang lebih premium.

Tetapi sementara laptop gaming ini tidak terlihat ramping seperti MacBook Pro atau Surface Pro, Alienware 17 R4 sangat menarik berkat penggunaan (atau mungkin penggunaan berlebihan) pencahayaan LED.

Selain keyboard dan trackpad dengan lampu latar, hampir setiap area memiliki semacam lampu LED, mulai dari strip di sisi laptop hingga tombol daya yang menyala. Bahkan logo di bagian depan dan belakang dapat disesuaikan agar sesuai dengan minat warna Anda.

Semuanya dapat disesuaikan sepenuhnya melalui aplikasi Alienware FX yang disertakan dengan laptop ini, yang berarti Anda dapat mengubah warna berdasarkan suasana hati, tugas, atau hanya karena Anda menginginkan perubahan. Sedangkan LED berubah warna, laptop ini sendiri ditawarkan dalam satu warna yaitu Epic Silver.

Setelah semua pencahayaan, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah layar 17,3 inci-nya. Tampaknya cukup mengesankan jika Anda terbiasa dengan laptop 11 inci atau 13 inci, dan ketebalan serta berat keseluruhannya juga tidak membantu.

Agak liar, berukuran 424mm x 332mm x 29.9mm dan berat 4.42kg, membuatnya agak berat dan tidak nyaman untuk dibawa, tas laptop yang dirancang untuk laptop 17 inci tidak dapat menampung Alienware 17 R4.

Tentu saja, jumlah ekstra itu juga berarti ada ruang bagi beberapa outlet kipas untuk menjaga laptop tetap dingin selama sesi permainan yang intens.

🔥 Trending:  Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula - Belanja Makin Mudah

Jika harga laptop lawas terlalu menyakitkan untuk dompet Anda, pertimbangkan untuk membeli PC gaming dengan spesifikasi serupa dengan harga yang lebih murah. Kecuali jika Anda benar-benar membutuhkan portabilitas (R4 bahkan tidak portabel), Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kemampuan upgrade PC.

KONEKTIVITAS

Meskipun Alienware 17 R4 tidak memiliki drive optis, ini bukanlah kejutan. Banyak laptop modern telah meninggalkan drive optik, sementara mengunduh dari Internet adalah norma baru; ini adalah game online, tentu saja.

Di luar kelalaian drive optik, ada berbagai port yang tersedia. Di sebelah kiri, Anda akan menemukan port USB 3.0 Super Type C dengan Type-A SuperSpeed ​​USB 3.0, port audio-out, dan port mikrofon.

Di bagian belakang adalah tempat Anda akan menemukan sebagian besar ruang kosong; Dari kiri ke kanan, Anda akan menemukan port Gigabit Ethernet, Mini-Display Port 1.2 out, HDMI 2.0 out, port Thunderbolt 3, port penguat grafis Alienware, dan port daya.

Menariknya, tidak ada port USB Type-A 3.0 di bagian belakang, jadi headset VR yang menghubungkannya membutuhkan output HDMI dan output USB, yang membuatnya agak merepotkan.

Di sebelah kanan Anda akan menemukan satu port USB Type-A 3.0 dan tidak banyak lagi, mengapa tidak menyertakan port USB lain? Terutama jika Anda mempertimbangkan bahwa Oculus Rift dengan pengontrol Oculus Touch membutuhkan tiga port USB 3.0 dan Alienware R4 17 hanya memiliki dua gerakan aneh untuk laptop yang mendukung VR.

LAYAR

Seperti namanya, Alienware 17 R4 mengemas layar 17,3 inci dan agak besar untuk tampilan Full HD sementara itu. Resolusi layar Quad HD membuat segalanya terlihat lebih tajam dan lebih detail, yang merupakan keharusan bagi PC gaming kelas atas.

Secara khusus, Alienware 17 R4 dilengkapi dengan layar IPS atau TN LCD, keduanya matte untuk membantu menghilangkan pantulan dari cahaya dan objek lain. Laptop ini memiliki panel TN yang memiliki kecepatan refresh 120Hz dan kompatibel dengan teknologi G-Sync Nvidia, menawarkan gaming bebas air mata.

Kualitas layarnya sendiri sangat mengesankan, menawarkan gambar yang detail dan warna yang cerah dan cerah. Kami akan menjalankan tolok ukur layar kami dalam beberapa hari mendatang dan akan memperbarui ulasan ini sebagai pembaruan untuk perangkat ini berubah.

Anda juga akan melihat perangkat keras pelacak mata Tobi yang terpasang di bagian bawah layar, menawarkan manfaat untuk pengalaman bermain game. Bagaimana? Ini dapat membuat UI game menjadi berantakan dengan hanya menampilkan UI saat Anda melihat area umum bagian layar.

Ini juga memanfaatkan pengalaman Windows 10 standar dengan fitur seperti peredupan otomatis di mana layar meredup secara otomatis saat Anda melihat ke belakang. Meskipun ini tipu muslihat, ini dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai laptop.

KEYBOARD DAN TRACKPAD

Dengan layar 17,3 inCI yang besar, Alienware 17 R4 berhasil memperkenalkan keyboard Alienware TactX ukuran standar. Meskipun ada sedikit hambatan saat menekan tombol, tombol itu sendiri cukup dangkal, keluhan umum dengan laptop ini, tetapi pengguna akan tetap nyaman bermain dan bekerja.

🔥 Trending:  2 Cara Membuat Stiker WA tanpa Aplikasi 2024

Karena ruang yang tersedia, Alienware 17 R4 juga dilengkapi dengan keypad numerik lengkap dan sembilan tombol yang dapat diprogram, memungkinkan hingga 19 fungsi yang dapat disesuaikan per aplikasi atau game.

Ini fitur multi-warna RGB backlighting, sepenuhnya dapat disesuaikan melalui kontrol pencahayaan built-in AlienFX. Anda dapat memprogram tombol tertentu menjadi warna tertentu atau bahkan membuat pola pada keyboard. Jika Anda suka dan tidak terlalu kreatif, Anda juga dapat mengunggah berbagai desain siap pakai dari aplikasi, atau Anda dapat mengunduh lebih banyak secara online.

Pencahayaannya sendiri sangat seragam, meskipun bukan yang paling terang yang pernah kami lihat. Jika digabungkan dengan perangkat pelacak mata Tobii terintegrasi, kamera ini dapat menerangi area keyboard yang dilihatnya. Meskipun kami tidak terlalu yakin ini akan membawa apa pun ke meja dalam hal kinerja, ini adalah fitur keren yang dapat Anda pamerkan kepada teman-teman Anda.

Keyboard bukan satu-satunya area yang memiliki lampu latar, karena trackpad juga dilengkapi lampu latar LED. Warna dan kecerahan cukup baik, meskipun garis cahaya terang (yang kami bayangkan berasal dari pencahayaan) dapat dilihat di antara trackpad dan tombol onboard.

Trackpadnya juga agak kecil, terutama jika mempertimbangkan ukuran laptop, meskipun sebagian besar gamer akan lebih memilih mouse plug-in untuk sesi bermain game.

KINERJA DAN KINERJA

Alienware 17 R4 adalah binatang buas dalam hal spesifikasi, meskipun perlu diingat bahwa sampel kami berada di ujung yang lebih tinggi dari apa yang ditawarkan R4, dan varian spesifikasi yang lebih rendah mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Sampel kami menawarkan 16GB RAM DDR4 bersama dengan 256GB SSD untuk kinerja yang sangat cepat, tetapi juga hard drive berkecepatan tinggi 1TB 7200RPM untuk penyimpanan file. Game yang berjalan di SSD akan jauh lebih cepat daripada yang disimpan di HDD, meskipun RPM tinggi berarti akan berkinerja lebih baik daripada HDD standar.

Ini cerita yang sama dengan CPU, dengan CPU quad-core Intel i7-7820-HK generasi terbaru (7) yang memiliki clock 2.90GHz, di-overclock hingga 4.4GHz. Ini sangat mumpuni dan lebih dari cukup untuk selera pengeditan video bersama game, dengan skor mengesankan 13144 pada Geekbench 4 dan 3812 pada PCMark 8.

Di luar CPU, sampel Alienware 17 R4 kami menampilkan Nvidia GeForce GTX 1080 terbaru dengan 8GB GDDR5X VRAM dan bila digabungkan dengan yang di atas memberikan hasil benchmark yang layak.

Pertama, kami menjalankan benchmark bawaan di Grand Theft Auto 5, yang berjalan pada 125fps pada 1080p dengan grafik ‘tinggi’ dan preset pasca-pemrosesan, turun ke 56fps saat berjalan pada 1440p dengan efek pasca-pemrosesan ultra-tinggi dan ‘ultra tinggi ‘. Grafik Default Meskipun tidak mencapai 60 fps saat menjalankan resolusi asli, kebanyakan orang tidak akan melihat perbedaan antara 56 dan 60 fps saat bermain game.

🔥 Trending:  Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung di Android 2022

Ghost Recon: Wildlands adalah salah satu game paling memukau secara visual yang pernah kami lihat dan menuntut lebih banyak kekuatan grafis daripada kebanyakan game lain saat ini – tes pamungkas untuk Alienware 17 R4 dan GPU Nvidia GTX 1080-nya. Menjalankan Wildlands pada 1080p pada pengaturan grafis ‘tinggi’ mencapai rata-rata 96fps, sementara angka itu turun menjadi 67fps saat berjalan pada 1440p dengan pengaturan grafis ‘sangat tinggi’.

Meskipun sekilas terlihat mengecewakan, perlu diingat bahwa Nvidia GTX 980 hanya mencapai sekitar 59fps pada 1080p pada pengaturan grafis ‘tinggi’ di Ghost Recon Wildlands. Selain itu, banyak game yang tidak memerlukan kekuatan semacam itu, dan jika ya, menurunkan resolusi atau mengubah pengaturan grafis akan meningkatkan kinerja.

Ini juga lebih dari cukup untuk VR, karena kami menjalankan sejumlah game VR di Oculus Rift dan tidak mengalami lag, bahkan dengan opsi grafis yang dimaksimalkan.

Di luar performa grafis laptop, ada masalah: noise. Sementara Alienware 17 R4 umumnya tidak berisik saat menjelajah web dan mendengarkan musik, itu berubah dengan cepat saat Anda mulai bermain game.

Penggemar harus bekerja keras untuk menjaga laptop kelas atas tetap dingin dan itu merupakan desas-desus yang agak mengganggu. Laptop menjadi panas cukup cepat saat bermain game, meskipun tidak cukup panas untuk dikhawatirkan, pastikan untuk meletakkannya di atas meja dan bukan di tempat tidur atau di atas kain lap!

DURASI BATERAI

Dengan komponen yang begitu kuat di Alienware 17 R4, tidak mengherankan bahwa ini bukan yang terbesar yang pernah kami lihat dalam hal masa pakai baterai.

Saat Anda menggunakan laptop untuk menjelajahi web, menggunakan Microsoft Office, dan mendengarkan musik, kami akan bertahan antara dua hingga tiga jam dengan sekali pengisian daya, meskipun ini tergantung pada status LED dan apa yang Anda lakukan saat bermain. , Anda dapat mengharapkan sekitar setengahnya. Jelas bahwa ini tidak dirancang untuk menjadi mesin portabel.

SPESIFIKASI ALIENWARE 17 R4

  • Dimensinya 16,7 x 13,1 x 1,18 inci
  • Berat 4 kg
  • Layar panel anti-silau Full HD 17,3 inci (1920 x 1080), IPS, pelacakan mata IR Tobii
  • Sistem operasi Windows 10
  • Intel Core i7-7700 HQ, prosesor Core i7-7820
  • RAM DDR4 8 GB
  • Kartu Grafis (VGA) NVIDIA GeForce GTX 1050, GTX 1060, GTX 1070, GTX 1080, AMD Radeon RX 470
  • Baterai 68 watt-jam
  • Penyimpanan SSD 180 GB hingga 1 TB
  • Killer Networks e2500 Gigabit Ethernet Connectivity, Wireless 802.11ac, Bluetooth 4.1

KESIMPULAN

Tidak diragukan lagi bahwa Alienware 17 R4 adalah salah satu laptop gaming paling mumpuni yang pernah kami lihat, membuatnya mudah untuk menguji CPU dan GPU kami dan memberikan gameplay yang mulus. Desainnya yang menarik juga menonjolkan semburan LED yang dapat disesuaikan di seluruh bodi laptop, meskipun tidak akan pernah terlihat ramping dan semenarik MacBook Pro.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *