cara mempartisi hard disk Di PC/Leptop

Mengetahui cara mempartisi hard disk sangat penting bagi pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Karena dengan mempartisi hard disk, Anda dapat membuat lokasi penyimpanan khusus untuk file umum yang berbeda dari file yang dikandungnya.

Saat menginstal ulang komputer, Anda dapat membagi hard disk pada saat itu. Tetapi jika Anda lupa atau karena alasan apa pun, Anda dapat melakukannya saat penginstalan ulang selesai.

Jadi bagaimana Anda mempartisi hard disk Windows 10? Jika sobat ingin mengetahui jawabannya, pastikan untuk membaca lanjutan artikel selanjutnya.

cara mempartisi hard disk Windows 10 tanpa menginstal ulang

Perhatikan bahwa drive yang awalnya ada di komputer setelah penginstalan ulang adalah Drive C. Ini terjadi jika Anda tidak melakukan partisi sebelumnya.

Tentu saja, tidak baik jika data penting Anda disimpan di Drive C dicampur dengan file sistem operasi yang terdapat di komputer. Oleh karena itu, Anda perlu mempartisi hard drive Anda agar file-file ini dapat dipisahkan.

Jadi, jika Anda ingin mempartisi hard drive di Windows 10 tanpa menginstal ulang, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama, jangan jalankan di komputer Anda dengan menekan Windows + R di keyboard Anda.
Ketik diskmgmt.msc lalu tekan Enter.
Selanjutnya, klik kanan pada partisi Windows 10 yang ingin Anda bagikan, misalnya membuat partisi Local Disk menjadi tiga.

Klik Kecilkan Volume.

Lanjutkan dengan mengisi kapasitas partisi baru sesuai keinginan pada kolom Enter jumlah ruang yang akan dikurangi dalam MB. Ingat, kapasitas maksimal yang Anda pilih tidak boleh melebihi nilai yang tertera di kolom sebelumnya.

Setelah selesai, klik Kecilkan. Pada titik ini, partisi telah dipartisi, yang berarti partisi baru tersebut belum dinamai dan belum diformat (Belum ditetapkan).

Kemudian klik kanan pada partisi yang tidak terisi. Lanjutkan mengklik New Simple Volume untuk membuat atau menambahkan partisi baru.

Baca Juga : Mengulik Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke Hp, Milenial Wajib Tahu

Kemudian klik Next saat New Simple Volume Wizard muncul. Lanjutkan mengklik Next saat Specify volume size muncul.

Klik Tetapkan huruf drive berikut, lalu lanjutkan memilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru. Misalnya buat drive lokal D, lalu pilih D. Lalu klik Next.

Setelah itu pilih NTFS di sistem file. Isi nama partisi baru yang Anda inginkan. Misalnya menggunakan nama DATAKU. Lanjutkan dengan mengklik Next.

Kemudian selesaikan dengan mengklik Selesai.

Setelah semua langkah tentang cara mempartisi hard drive selesai, komputer Anda akan melihat drive baru. Dalam contoh kita, kali ini drive D bernama DATAKU dan telah diformat.

Demikian cara mempartisi harddisk Windows 10 yang bisa saya share di artikel ini. Cara partisi sangat mudah, dijamin Anda tidak akan menemui masalah meskipun baru pertama kali melakukannya.