Perbedaan Hub dan Switch -3

Kenali Perbedaan Hub dan Switch Di Jaringan Komputer  

Perbedaan Hub and Switch – Bagi Anda yang sering berkecimpung di bidang Komputer pasi sudah tidak asing lagi dengan kata Hub dan Switch. Kedua alat ini memang memiliki fungsi yang mirip akan tetapi sebenarnya kedua alat ini memiliki perbedaan. Perbedaan hub dan switch juga cukup signifikan.
Kedua perangkan ini dinilai sama-sama digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dan komputer yang lainnya agar bisa terhubung. Bagi orang yang awam kedua alat ini masih banyak yang menganggap sama karena bentuknya pun juga dibilang mirip.
Namun, sebenarnya dari pengertian, fungsi, atau lainnya sangat berbeda. Oleh karena itu, agar Anda tidak salah maka Anda juga harus tahu apa saja perbedaan dari kedua alat untuk menghubungkan komputer tersebut.

Pengenalan Perbedaan Hub and Switch

Berikut adalah beberapa perbedaan yang harus Anda tahu mengenai alat hub dan juga switch agar tidak salah :


√A. Perbedaan Definisi

Perbedaan hub dan switch yang pertama terletak dari definisi atau dari pengertiannya. Hal yang paling mendasar ini saja sudah berbeda apalagi ditambah dengan berbagai perbedaan yang lain
Anda bisa mengetahui perbedaan dari Hub dan juga Switch mulai dari pengertiannya. Jika Anda sudah mengetahui apa pengertian dari keduanya maka akan sangat mudah untuk membedakannya.
Jika Anda sudah mengetahu perbedaan dari mulai pengertiannya maka selanjutnya akan lebih mudah pula mengetahui perbedaan yang lain. Berikut beberapa perbedaannya :

Hub :

  1. Hub atau sering disebut dengan Network Hub merupakan salah satu perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih komputer dalam satu jaringan
  2. Semua komputer yang terhubung dengan menggunakan hub bisa saling bertukar informasi satu dan lainnya.
  3. Hub terhubung menggunakan jaringan LAN.
Baca Juga:  Cara Melihat RAM Laptop Dengan Mudah

Switch :

  1. Switch merupakan perangkat yang menghubungkan informasi satu komputer ke komputer yang lain dengan spesifik
  2. Switch dapat digunakan untuk mengirim data dari satu komputer dengan spesifik
  3. Switch terhubung dengan menggunakan alamat MAC Addres
  4. Jadi, dari mulai pengertiannya saja sudah berbeda, Hub digunakan untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lain sedangkan Switch merupakan perangkan untuk menghubungkan suatu informasi dari satu komputer ke komputer lain.

Memang memiliki kemiripan fungsi tapi sangat berbeda.


√B. Perbedaan Fungsi

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa dalam pengertian tersebut telah tersurat adanya perbedaan dari fungsi kedua alat tersebut.
Setelah Anda mengetahui perbedaannya dalam bentuk pengertian maka selanjutnya adalah perbedaan pada fungsinya. Fungsi dari kedua alat ini ternyata berbeda. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh maka Anda juga harus mengetahui fungsi keduanya.
Berikut beberapa perbedaan fungsi dari Hub dan Switch :

Hub

  1. Menghubungkan suatu perangkat satu ke perangkat lainnya
  2. Menerima data dari perangkat lain yang terhubung dan memperkuat keamanan data sebelum dikirimkan kepada perangkat yang lain (Active Hub)
  3. Menerima dan juga mengirimkan data ke perangkat yang terhubung lainnya (Passive Hub)
  4. Melakukan suatu pengaturan dan pemeriksaan pada arus pergerakan data yang terjadi pada suatu jaringan Hub (Intellegent Hub)

Switch

  1. Digunakan untuk Bertukar informasi dari suatu perangkat tertentu yang telah diberikan akses.
  2. Digunakan pada pusat jaringan untuk melakukan verifikasi data
  3. Bekerja dalam dua jenis OSI yang dibagi menjadi layer dua dan layer tiga, yang mana layer dua memproses suatu data ke data link, dan layer tiga memproses data ke network
  4. Jadi, perbedaan antara fungsi Hun dan fungsi Switch di atas sangat amat berbeda, Anda bisa menganalisisnya lebih lanjut.

√C. Perbedaan Lainnya

Perbedaan hub dan switch yang selanjutnya ada banyak sekali, namun di sini akan dibahas 3 poin saja yang bisa mewakilkan. Perbedaan yang lain tersebut misalnya adalah perbedaan kecepatan dalam mengirim data, cara kerjanya, dan juga harga belinya.
Dengan mengerti beberapa perbedaan yang lainnya maka Anda akan sangat lebih memahami antara Sub dan juga Switch itu sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa Anda tahu dari perbedaan Hub dan Switch :

  • Kecepatan Transfer data

Pada penggunaan Hub, Anda akan merasakan kecepatan hingga sampai 100 Mbps sedangkan untuk Switch memang lebih cepat yaitu sekitar 100 Mbps bahkan bisa lebih dan bisa sampai 1 Gbps.

Baca Juga:  Cara Melihat Tipe Laptop Untuk Semua Merek
  • Switch lebih cepat karena tujuannya terfokus langsung pada tujuan sedangkan hub dibagi menjadi beberapa Port.
  • Cara Kerjanya

Cara kerja Hub yaitu membagikan suatu data ke setiap perangkat komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Sedangkan untuk Switch akan menerima data dan hanya mengirimkan data melalui alamat MAC yang sudah ditentukan.

  • Harga

Harga dari Hub dan Switch sedikit berbeda sebab Switch merupakan tenaga yang lebih canggih. Harga hub sekitar 100 ribuan sedangkan harga switch mulai harga 200 sampai jutaan rupiah.
Dan masih banyak lagi perbedaan yang lainnya namun sudah ter wakilkan dengan ketiga poin di atas.


Penutup

Dari beberapa poin di atas maka bisa disimpulkan jika alat hub dan alat switch merupakan dua alat yang berbeda. kedua lat ini memang menjadi alat hubung dari komputer satu dengan komputer lain. Namun pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda.
Jangan sampai terbalik dalam menggunakannya sebab akan mempengaruhi fungsi dari alat ini. Pelajari lebih lanjut agar tidak bingung. Semoga beberapa poin Perbedaan hub dan switch di atas bisa berguna serta bisa bermanfaat bagi kita semua.

Topik Terkait:  Computers, Jaringan