3 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Terblokir

Apakah ada cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir? Sederhananya, kartu yang terblokir masih bisa diaktifkan kembali dengan berbagai cara. Dari semua cara yang ada, mengunjungi galeri terdekat adalah yang paling efektif. Namun kali ini kita akan membahas cara lain sebelum anda memutuskan datang ke kantor cabang terdekat.


Meskipun banyak didapati jaringan Wifi untuk internet, kartu SIM masih menjadi hal penting bagi ajang komunikasi. Memang fungsinya tidak seperti dulu lagi, seperti digunakan untuk telepon atau mengirim SMS. SIM saat ini lebih berfungsi sebagai identitas, dimana menjadi syarat wajib bagi yang ingin mendaftar aplikasi pesan online atau lainnya.

Kartu SIM juga berfungsi untuk membeli paket data internet yang dibutuhkan sewaktu-waktu jika diluar jangkauan Wifi. Fungsi lain dari SIM Card, termasuk Telkomsel, yakni sebagai nomor pribadi yang pastinya dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Sayangnya, setiap kartu SIM mempunyai masa tenggang dan masa aktif, dimana akan hangus jika melewati masa tersebut.

Baca Juga: Cara Hutang Paket Darurat Telkomsel

Penyebab Kartu Telkomsel Terblokir

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir, kita cara tau dulu apa penyebab yang sering terjadi. Biasanya, penyebab dari terblokirnya kartu berbeda akan cara menanganinya. Namun ada pula beberapa yang sama, artinya bisa menggunakan satu langkah.

Kartu Hilang atau Rusak

Kemungkinan pertama adalah karena hilang sehingga tidak memungkinkan untuk isi ulang. Pada umumnya, kartu yang hilang akan diganti yang baru jika anda melapor ke kantor Telkomsel terdekat. Namun jika dibiarkan, maka kartu tersebut dipastikan hangus jika sudah melebihi masa tanggang.

🔥 Trending:  2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Gagal Memasukkan PIN

Penyebab lain dari kartu terblokir adalah karena salah memasukkan PIN selama tiga kali. Setiap SIM card memiliki PIN default yang memang jarang digunakan. Namun untuk alasan tertentu, sebagian orang mengaktifkan PIN tersebut. Jika lupa dan gagal memasukkannya selama tiga kali, maka kartu secara otomatis diblokir.

Masa Aktif tidak Diperpanjang

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena masa aktifnya tidak diperpanjang sebenarnya cukup mudah, anda tinggal mendatangi Grapari terdekat dengan membawa tanpa bukti kepemilikan. Ada beberapa alasan kenapa kartu tidak diperpanjang, salah satunya adalah lupa.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Terblokir

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, saatnya anda harus tau bagaimana cara mengatasinya. Secara umum, cara yang harus dilakukan yakni dengan bantuan operator. Lain halnya jika kartu tersebut memasuki masa tenggang, anda hanya tinggal mengisi pulsa untuk mengaktifkannya lagi.

Hubungi Call Center Telkomsel

Cara yang pertama yaitu dengan menghubungi call center Telkomsel. Setiap kartu prabayar atau pasca bayar memiliki layanan ini. Nomor tujuannya juga berbeda, tergantung dari operator. Dalam hal ini adalah Telkomsel, jadi anda bisa menghubungi nomor 188.

Dari perangkat yang digunakan, anda bisa langsung menekan dial 188 dan kemudian call. Kemungkinan anda akan diterima oleh bot, jadi pilih opsi anda ingin berbicara dengan operator yang bertugas saat ini. Jangan lupa siapkan identitas asli jika sewaktu-waktu ditanyakan.

Lihat Nomor PUK

Berikutnya bisa menggunakan nomor PUK sebagai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena lupa PIN. Ingat, cara ini hanya bisa dilakukan ketika anda sudah tiga kali salah memasukkan PIN kartu SIM. Untuk melihatnya, anda bisa mengecek langsung dari pembungkus kartu perdananya.

🔥 Trending:  OK Google Kirim Pesan Whatsapp - Cara Chat WA dengan Elegan 2022

Selain itu, anda bisa melihatnya juga dari aplikasi MyTelkomsel. Caranya memang sedikit sulit, namun dipastikan berhasil jika anda tau caranya. Silahkan masuk ke menu lihat PUK, kemudian masukkan angka 19 digit yang tertera dibalik kartu SIM. Setelah itu, langsung tekan tombol ‘lihat PUK’.

Mengunjungi Grapari Terdekat

Alternatif lain setelah anda gagal melakukan semua cara diatas yakni dengan mengunjungi Grapari. Anggap saja langkah ini adalah yang terakhir yang harus dilakukan. Cara ini dipastikan berhasil jika kartu anda memang masih bisa diselamatkan.

Dikarenakan saat ini setiap kartu harus di registrasi, jadi pastikan anda datang membawa identitas KTP dan KK. Setelah sampai di kantor Grapari, langsung saja katakan maksud dan tujuan anda datang. Customer service dipastikan membantu keluhan anda saat itu dan memberikan solusi terbaik.

Kesimpulan

Itulah cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir, baik karena sudah mati, lupa mengisi pulsa, atau rusak. Sebelum anda melakukan semua cara diatas, pastikan dulu bahwa kartu benar-benar dalam keadaan terblokir. Salah satu caranya yakni dengan melihat bar sinyal yang ada di perangkat atau HP.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: https://teraskaltim com/7613/cara-mengaktifkan-kartu-telkomsel-yang-terblokir html, Mengaktifkan kartu telkomsel yang terblokir
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News