OK Google Kirim Pesan Whatsapp – Cara Chat WA dengan Elegan 2022

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan apa itu OK Google kirim pesan Whatsapp. Ini adalah salah satu perintah kepada aplikasi Google Asisten untuk membuka dan mengirimkan pesan melalui Whatsapp. Seperti yang diketahui Google Asisten merupakan aplikasi dari Google yang memberikan kemudahan dalam pengoperasian perangkat.


Ada bayak yang dapat dilakukan dengan perangkat ponsel pintar seiring dengan perkembangan teknologi. Setiap kali anda ingin menggunakan aplikasi di dalamnya, tentu harus membuka dan menjalankannya. Pada umumnya, aktivitas ini dilakukan dengan mengetuk atau memilih aplikasi yang akan digunakan.

Dengan Google Asisten, aktivitas seperti ini lebih dipermudah dengan hanya mengucapkan perintah. Contoh sederhana adalah ketika ingin membuka Whatsapp, cukup perintahkan dengan mengatakan ‘OK Google, buka Whatsapp’. Sebelum menggunakan fitur ini, anda harus mengetahui cara mengaktifkan Asisten Google yang sudah dibahas sebelumnya.

Perintah OK Google Kirim Pesan Whatsapp

Aplikasi ini sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna ponsel pintar, baik Android maupun iPhone. Cara menggunakannya juga tidak sulit, cukup beberapa langkah sederhana saja. Setelah mengaktifkan fitur canggih ini, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana perintah OK Google kirim pesan Whatsapp.

Baca Juga: Mengembalikan Chat WA Tanpa Backup

Buka Google Asisten

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi yang dimaksud. Ada dua cara untuk membukanya, pertama yakni langsung tekan ikon Google Asisten di halaman utama HP. Langkah kedua adalah dengan menekan dan menahan tombol home hingga aplikasinya terbuka.

Buka Aplikasi Whatsapp

Setiap aplikasi yang terpasang di HP dapat dioperasikan dengan Google Asisten. Karena kali ini anda ingin mengirim pesan di Whatsapp, maka langkah berikutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Untuk perintahnya bervariasi, sebagai contoh adalah ‘Buka Whatsapp’. 

🔥 Trending:  Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android dengan Mudah

Atau jika ingin lebih cepat, langsung ucapkan ‘OK Google kirim pesan Whatsapp’ setelah aplikasi Google Asisten terbuka. Apapun cara yang anda gunakan, hasilnya tetap sama, yaitu membuka dan mengirim pesan dari Whatsapp atau WA.

Pilih Kontak Whatsapp

Langkah diatas hanya sebatas membuka aplikasi WA secara umum, jadi masih belum masuk ke kontak. Selanjutnya, anda perlu memerintahkan lebih spesifik mengenai siapa yang menerima pesan tersebut atau kepada siapa pesan tersebut dikirim. Ingat, nama kontak harus sesuai dengan perintah yang diucapkan dan pastikan tidak ada yang sama.

Ucapkan Isi Pesan

Apabila langkah diatas benar, seharusnya halaman WA saat ini menuju ke kontak yang ingin dikirimi pesan. Langkah selanjutnya adalah mengisi pesan yang akan dikirim. Tanpa perlu mengetik, karena kali ini kita mencoba fitur canggih OK Google kirim pesan Whatsapp.

Untuk pesannya sendiri terserah dan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan. Selama mengucapkan perintah, Google Asisten akan mengetik secara otomatis. Sebelum dikirim, akan ada konfirmasi terlebih dahulu untuk memastikan ejaannya benar atau salah.

Kirimkan Pesan WA

Setelah memastikan bahwa setiap ejaan benar, langkah berikutnya yakni mengirimkannya. Anda dapat langsung mengirimkan pesan dengan menekan tombol Kirim, atau mengucapkan perintah Kirim Pesan pada Asisten Google..

Cara Menonaktifkan Google Assistant

Tidak semua pengguna merasa bahwa fitur OK Google kirim pesan Whatsapp ini berguna. Ada kalanya mereka hanya penasaran dan ingin mencobanya. Jika dianggap lebih mudah daripada menulis manual, maka biasanya terus dipertahankan.

Lain halnya jika dianggap justru kurang efektif, pada dasarnya mereka langsung menonaktifkan aplikasi tersebut. Memang dalam hal penilaian masing-masing pengguna memiliki perbedaan.

Apalagi ada juga kekurangan dari aplikasi Google Asisten, salah satunya adalah dianggap berisik karena harus mengucapkan perintah terus menerus. Terlebih, anda pun tidak dapat mengirimkan pesan yang bersifat privasi jika banyak orang di sekitarnya.

🔥 Trending:  3 Cara Bayar Patreon Tanpa Kartu Kredit 2024, Ini Panduannya!

Oleh sebab itulah tidak sedikit pengguna yang ingin mematikan fitur ini setelah mencobanya sendiri. Dalam hal ini, anda bisa mengikuti cara menonaktifkan Google Asisten yang sudah kami rangkum dibawah ini!

  • Buka akun Google di perangkat.
  • Klik ikon tiga titik, kemudian pilih ‘Lainnya’.
  • Pilih opsi ‘pengaturan’.
  • Masuk ke ‘Google Assistant’.
  • Buka tab ‘Assistant’.
  • Pada opsi ‘Perangkat Asisten’, silahkan pilih ‘Telepon’.
  • Geser tombol di sebelah ‘Google Assistant’ supaya tidak lagi menyala.

Kesimpulan

Itulah pembahasan seputar OK Google kirim pesan Whatsapp yang dapat anda ikuti. Cukup mudah tentunya untuk langkah yang harus dilakukan. Semoga dengan artikel ini, anda lebih mengerti bagaimana cara penggunaan fitur canggih dari Google ini. Mengenai suka atau tidak, semua tergantung selera dan kebutuhan. 

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News