Rekomendasi Printer Terbaik 2022

Ulasan terkait Rekomendasi Printer Terbaik 2021 – Perangkat PC tentunya tidak lengkap tanpa keberadaan printer. Alat ini cukup penting dalam hal mencetak dokumen, baik untuk pelajar, mahasiswa, atau aktivitas perkantoran. Mengetahui jenis atau merk printer terbaik 2021 merupakan salah satu langkah bijak sebelum membelinya, apalagi jika digunakan untuk membuka jasa percetakan dokumen. Pasalnya, ada beberapa printer yang bermasalah ketika digunakan terlalu sering dalam jangka waktu lama.


Mencetak dokumen merupakan fungsi utama dari perangkat printer, setidaknya itu dulu. Saat ini banyak ditemukan printer yang dimodifikasi atau digabungkan dengan fungsi lain, sebut saja multifungsi. Selain mencetak dokumen, printer juga digunakan untuk menggandakan dokumen (Foto Copy), mesin fax, dan juga untuk scan. Bahkan teknologi digital saat ini sudah terintegrasi dengan mesin ini, yakni dapat mencetak dokumen langsung melalui perangkat telepon pintar.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli printer adalah harganya. Setelah itu anda perlu tau kualitas atau lifetime nya. harga mahal dengan fungsi optimal dan awet tentu bisa dijadikan pertimbangan, bahkan mungkin bisa menjadi pilihan utama. Meski harganya murah namun lifetime nya singkat, sebaiknya anda memilih produk printer lain.

Cara Memilih Printer Terbaik 2021

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sebuah produk, termasuk printer. Jika salah dalam menentukan pilihan, bukan hanya kerugian finansial yang didapat, namun juga kerugian waktu yang dihabiskan untuk memperbaiki kerusakan. Oleh sebab itu, pastikan anda memperhatikan cara memilih printer terbaik 2021 berikut!

Lihat Metode Pencetakan

Ada dua metode yang digunakan printer untuk mencetak gambar, yakni inkjet dan laser. Mesin printer jenis inkjet harganya lebih murah dengan kualitas gambar yang tajam. Jenis pencetakan ini cocok digunakan untuk gambar atau foto. Meski harga per unit nya murah, namun tinta yang terpakai untuk mencetak dokumen tergolong cepat habis. Jadi anda perlu membelinya lagi dan mengisi ulang agar dapat menggunakannya kembali.

🔥 Trending:  7 Deretan Laptop Gaming 5 Jutaan Terpopuler, Jaminan Spesifikasi Gahar!

Sedangkan untuk printer dengan metode pencetakan laser lebih mahal harga mesinnya, namun biaya operasionalnya sangat murah. Mesin jenis ini lebih cocok digunakan untuk mencekat dokumen jenis monokrom. Meskipun sebenarnya ada berwarna, namun hasilnya tidak begitu memuaskan jika dibandingkan jenis inkjet.

Pilih Berdasarkan Fungsi Utamanya

Apa tujuan utama anda membeli printer? Jawab dulu pertanyaan tersebut, lalu kemudian menentukan pilihan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, saat ini banyak ditemukan berbagai macam printer dengan fungsi tambahan. Jika hanya digunakan pada perangkat komputer dan untuk mencetak dokumen saja lebih baik pilih printer biasa.

Lain halnya jika anda mempunyai banyak keperluan, seperti digunakan untuk kantor atau jasa percetakan. Menentukan pilihan pada mesin printer multifungsi lebih baik dari pada harus membeli perangkat per unit untuk tiap fungsinya. Maksudnya, daripada harus membeli printer, mesin fax, dan juga mesin foto copy secara terpisah, lebih baik menggunakan printer multifungsi.

Perhatikan Jenis Cartridge

Cartridge berfungsi untuk menampung tinta sementara sebelum digunakan untuk mencetak. Ada tiga jenis cartridge berdasarkan fungsi dan penggunaan nya, yakni tone, integrate inkjet, dan split inkjet. Toner merupakan jenis cartridge khusus printer laser dengan harga cukup mahal. Akan tetapi lebih awet dan bisa digunakan jangka panjang.

Sedangkan cartridge jenis split inkjet digunakan untuk jenis printer inkjet dengan harga murah, namun tergolong cepat habis. Setiap warna tinta ditempatkan pada wadah tersendiri, ada empat warna yang digunakan. jika salah satu habis, anda bisa mengisi ulang dengan warna tinta yang sama. Berbeda lagi dengan integrate inkjet yang tidak bisa diisi ulang. Artinya, anda harus membeli yang baru ketika warnanya habis. Bahkan semua harus diganti meskipun yang habis hanya satu warna.

🔥 Trending:  5 Pilihan Printer Thermal untuk Cetak Resi Shopee

Rekomendasi Printer Terbaik 2021

Berdasarkan tips yang telah diberikan diatas, seharusnya anda sudah bisa menentukan pilihan sendiri. Akan tetapi tentu masih bingung dikarenakan banyaknya produk yang tersedia. Berikut rekomendasi printer terbaik 2021 dari kami, selanjutnya anda bisa menentukan pilihan dari salah satunya. Mungkin juga anda bisa menjadikannya patokan dari daftar yang telah diberikan.

L120 Ink Tank Printer

L120 Ink Tank Printer - Rekomendasi Printer Terbaik 2021

Kecepatan cetak dari mesin L120 Ink Tank Printer bisa mencapai 8,5 ipm untuk monokrom (tidak berwarna), dan untuk cetak warna mencapai 4,5 ipm. Tidak perlu mengganti cartridge, dimana prosesnya cukup sulit, printer dari Epson ini menggunakan jenis cartridge split dengan metode pencetakan inkjet.

Cukup irit karena satu botol tinta hitam dapat menghasilkan lebih dari 4.000 lembar cetakan, sedangkan perpaduan tiga warna dapat mencetak lebih dari 6.500 lembar. Tentunya hal tersebut digunakan untuk jenis cetakan teks normal, bukan untuk foto atau gambar.

Harga Epson L120 Ink Tank Printer: Rp 1.700.000 (SHOPEE)

LaserJet Pro M12w

Screen Shot 2021 11 12 at 14.56.34 - Teras Kaltim

Bagi anda yang sering menggunakan printer untuk dokumen bentuk teks dalam jumlah banyak, LaserJet Pro M12w bisa menjadi pilihan utama. Adanya teknologi auto on/off membuat penggunaan listrik lebih irit. Produk printer dari HP ini termasuk dalam jenis laser dengan cartridge Toner sehingga awet dan tidak mudah habis.

Adanya fitur cetak lewat USB memudahkan penggunanya karena tidak harus copy file terlebih dahulu pada perangkat PC. Sayangnya, printer ini tidak didukung dengan cetak warna, artinya hanya bisa mencetak dokumen hitam putih.

Harga HP LaserJet Pro M12W: Rp 1.490.000 (SHOPEE)

Color LaserJet Pro MFP M277dw

Screen Shot 2021 11 12 at 15.03.08 - Teras Kaltim

Masih seputar produk printer terbaik 2021 dari HP, kali ini dengan teknologi dan kualitas tinggi, namun harganya tergolong cukup mahal. Color LaserJet Pro MFP M277dw menggunakan metode cetak laser dengan cartridge Toner. Terdapat sandi yang bisa diatur pada panel touch screen yang disediakan sehingga terjamin keamanannya.

🔥 Trending:  Harga Dan Spesifikasi Asus ROG Strix Scar 17 G733

Selain untuk mencetak dokumen, printer dengan harga lebih dari 5 juta ini juga bisa digunakan untuk foto copy, fax, dan juga scan. Tidak perlu menyalin dokumen pada perangkat PC jika file nya ada di ponsel pintar, cukup tempelan Smartphone pada simbol yang ada printer, secara otomatis dokumen akan tercetak.

Multi-Function Laser

Sesuai dengan namanya, produk printer terbaik ini termasuk multifungsi karena bisa digunakan sebagai printer, fax, foto copy dan juga scan. Produk dari Panasonic ini memiliki kelebihan utama dari resolusi warna yang mencapai 2.400 x 600 dpi. Jangan ditanya kecepatannya, dengan harga 2.8 juta, printer yang juga tersemat fitur Wifi ini mampu mencetak sekitar 28 lembar hanya dalam waktu satu menit.

DocuPrint CP315dw

Hanya digunakan sebagai mesin cetak, namun dimensinya lumayan besar. DocuPrint CP315dw dilengkapi dengan fitur automatic duplex sehingga dapat mencetak dua sisi kertas sekaligus. Printer dari Fuji Xerox ini termasuk dalam jenis printer laser dengan kecepatan cetak cukup tinggi sehingga cocok digunakan untuk aktivitas perkantoran, atau usaha percetakan.

Selphy CP1200

Selanjutnya ada mesin printer yang sangat disarankan jika digunakan untuk mencetak foto. Produk dari Canon dapat menghasilkan cetakan gambar sempurna, mirip dengan aslinya. Jenis tinta yang digunakan yakni Dye sehingga tahan lam hingga puluhan tahun dan tidak pudar. Namun ada kekurangannya, yaitu jenis cartridge integrated inkjet, dimana nada harus mengganti cartridge meski hanya satu atau dua warna yang habis.

DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer

Produk printer dari HP memang tidak bisa diragukan kualitasnya, salah satunya yaitu DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer. Mendapatkan ENERGY STAR® karena daya yang digunakan sangat minim. Hanya 10 watt ketika digunakan, sedangkan dalam keadaan sleep, konsumsi listrik hanya sebesar 0,9 watt. Selain digunakan untuk mencetak, anda juga bisa menggunakannya untuk scan dan foto copy.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi printer terbaik 2021 dan juga tips atau cara memilih salah satunya. Faktor utama yang harus diperhatikan adalah fungsinya, pastikan anda memilih sesuai penggunaan. Percuma juga kalau membeli produk dengan harga mahal dan mempunyai banyak fungsi jika tidak pernah digunakan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: https://teraskaltim com/6404/rekomendasi-printer-terbaik html
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News