Harga Dan Spesifikasi Asus ROG Strix Scar 17 G733

Laptop Asus ROG Strix Scar merupakan laptop yang setara dengan mobil sport. Mereka memprioritaskan kecepatan, dijual kepada profesional esports, dan hadir dengan desain yang mencerminkan sikap itu. Mereka juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan pesaing.

Asus ROG Strix Scar

Asus ROG Strix Scar

Tapi ROG Strix Scar 17 G733  diluncurkan ke pasar dengan Kartu grafis seluler RTX 3080 tidak hanya berbeda secara dramatis di antara perangkat, tetapi kartu itu sendiri juga baru dan sulit ditemukan, meningkatkan permintaan untuk laptop ini.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2021

Tambahkan perubahan pada seri Ryzen yang umumnya lebih murah untuk prosesor Strix, dan sementara model ini tetap premium, sekarang dalam perlombaan yang jauh lebih ketat melawan laptop RTX 3080 kelas atas lainnya dan laptop gaming terbaik di pasar. .

spesifikasi Dan Harga

  • CPU AMD Ryzen 9 5900HX
  • Grafik Nvidia GeForce RTX 3080 16GB GDDR6, boost clock 1545MHz, 130W TGP
  • Memori 32GB DDR4-3200MHz
  • Penyimpanan SSD NVMe 2x 1TB M.2
  • Layar IPS 17,3 inci, 1080p, 360Hz
  • Jaringan Wi-Fi 802.11ax, Bluetooth 5.0
  • Port 3x USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Tipe-C, 1x RJ-45, 1x HDMI 2.0b, 1x kombinasi mikrofon /
  • jack audio 3,5 mm
  • Baterai 90Wh
  • Adaptor daya 240W
  • Sistem operasi Windows 10 Pro:
  • Dimensi (WxDxH) 15,55 x 11,11 x 1,08 inci
  • Beratnya 5,95 pound
  • Harga (berdasarkan konfigurasi) $ 3.000
  • Desain Asus ROG Strix Scar 17 G733
  • Gambar 1 dari 6
  • Asus ROG Strix Scar 17 G733

Versi terbaru Asus dari ROG Strix Scar 17 terlihat seperti Ferrari dari luar dan pemutar MP3 tahun 90-an dari dalam. Itu karena, terlepas dari gaya dot-matrix yang mengesankan pada tutupnya, Strix ini menampilkan desain casing transparan.

Membuka tutup laptop menunjukkan desain yang sangat kontras. Sementara sisi kiri dek keyboard melanjutkan desain futuristik keseluruhan yang sama, sisi kanan memberi jalan udara.

Ada juga strip lampu RGB yang dapat disesuaikan yang membentang di sepanjang bagian depan bagian bawah laptop.

Catatan :

Tidak ada webcam di laptop ini, jadi Anda harus mencari solusi eksternal.

Dari perspektif ukuran, ROG Strix Scar 17 G733 cukup tebal tetapi memiliki footprint yang moderat. Dimensi 15,55 x 11,11 x 1,08 inci kira-kira setara dengan laptop gaming 17 inci terbaru lainnya dalam hal kedalaman dan lebar, tetapi tingginya hampir dua inci berarti Anda pasti ingin melakukan sesuatu. Sebagai perbandingan, Alienware m17 R4 berukuran 15,7 x 11,6 x 0,9 inci, sedangkan Gigabyte Aorus 17G berukuran 15,9 x 10,8 x 1,0 inci.

Kami juga membandingkan Strix terbaru dengan ROG Zephyrus Duo baru nanti dalam ulasan ini, meskipun membandingkan ukurannya dengan Strix tidak terlalu adil karena Zephyrus adalah laptop 15 inci. Namun, demi kelengkapannya, dimensi Duo ini berukuran 14,17 x 10,55 x 0,82 inci.

Dalam hal berat, Strix memiliki berat 5,95 pound, yang merupakan berat yang sama dengan Gigabyte Aorus 17G dan hanya setengah pon lebih ringan dari Alienware m17 R4.

Performa gaming Asus ROG Strix Scar 17 G733

Pengaturan Asus ROG Strix Scar 17 G733 yang kami ulas hadir dengan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dan GPU Nvidia RTX 3080 dengan VRAM 16GB, daya grafis puncak 130W, dan boost clock 1.545MHz. Ini juga memiliki 32GB. RAM DDR4-3200 dibagi secara merata di dua drive dan 2TB penyimpanan M.2 SSD dibagi secara merata di dua drive.

Spesifikasi tersebut menempatkan ROG Strix Scar 17 G733 di posisi utama untuk membandingkannya dengan laptop Intel / Nvidia terbaru yang telah kami ulas, seperti :

  • Alienware m17 R4 dengan pengaturan i9-10980HK / RTX 3080
  • Gigabyte Aorus 17G dengan pengaturan i7 . 10870H / RTX 3080.

Strix ini juga bergabung dengan R9-5900HX / RTX 3080 ROG Zephyrus Duo dalam memberi kami tampilan pertama kami pada chip laptop Ryzen 9 5900HX, dan kami sangat senang melihat bagaimana tumpukannya.

Secara keseluruhan, Strix cenderung mendarat hampir setara dengan dan kadang-kadang di depan PC gaming lainnya, tetapi itu tidak pernah menjadi komputer terkemuka.

Layar Asus ROG Strix Scar 17 G733

Strix Scar 17 G733 hadir dengan layar 165Hz 1440p atau layar FHD 360Hz, dan kami menguji yang terakhir. Frame rate tinggi seperti itu jauh lebih berguna dalam bermain game daripada menonton film atau kegunaan lain, jadi untuk memberikan laptop ini kesempatan yang adil, saya mengujinya dengan menonton cuplikan film di atasnya dan memainkan game fps tinggi di dalamnya.

Ketika saya melihat trailer Godzilla vs Kong di Strix, saya menemukan pengalaman menonton bisa ditoleransi tetapi tidak ideal. Baik di lingkungan normal maupun dalam cahaya redup, gambar cenderung memudar pada sudut pandang lebih dari 45 derajat dan layar memantulkan cahaya. Warnanya akurat tetapi tidak tampak dan hitam tampak dangkal. Kecerahan bukanlah masalah, meskipun tampilan tidak menonjol di lingkungan yang cukup terang.

Audio di Asus ROGStrix Scar 17 G733

Strix Scar 17 memiliki dua speaker penembakan bawah di dasarnya dan dua speaker depan yang tersembunyi di dalam engsel, masing-masing dengan konstruksi gaya quad yang mencakup subwoofer built-in. Itu menghasilkan suara yang sangat kuat yang tidak segera terlihat sampai Anda menekan putar.

Peningkatan pada Asus ROG Strix Scar 17

Asus ROG Strix Scar 17 mudah diperbarui, tetapi ada beberapa peringatan yang harus diperhatikan saat membukanya. Yang pertama adalah sekrup pop-up casing, yang berada di kanan bawah saat berputar dan menghadap Anda (sisi yang paling dekat dengan logo penutup). Untuk membuka Strix, mulailah dengan melepaskan 10 sekrup lainnya dari casing, tetapi hanya kendurkan sekrup pop-up.

Selanjutnya, angkat bagian bawah casing laptop dengan hati-hati, berhati-hatilah agar tidak melepaskan kedua kabel pl.
tahun yang menghubungkannya ke perangkat lainnya. Kabel ini untuk RGB di bagian bawah laptop.

Begitu masuk, Anda akan melihat dua slot M.2 SSD di sisi kiri perangkat dan dua persegi panjang yang disembunyikan oleh stiker abu-abu di tengah perangkat. Menghapus stiker itu mengungkapkan dua slot RAM.

Itu berarti Anda akan dapat meningkatkan Strix sebagian besar sesuai keinginan Anda. Namun, chip jaringan perangkat tampaknya disembunyikan dari pengguna, meskipun itu bukan masalah besar bagi saya.

Daya tahan baterai pada Asus ROG Strix Scar 17

Kami menjalankan Strix melalui tes masa pakai baterai kami, yang terus-menerus melakukan streaming video, menjelajahi web, dan menjalankan OpenGL melalui tes Wi-Fi pada kecerahan 150 nits, dan hasilnya tidak mengesankan, tetapi mereka juga tidak mengejutkan kami.

Pada 3 jam 44 menit, t
Asus ROG Strix Scar 17 memiliki daya tahan baterai yang pendek, hal yang biasa untuk sebuah laptop gaming. Misalnya, Alienware m17 R4 hanya bertahan 2:05 dalam pengujian kami. Masa pakai baterai 4.42 Gigabyte Aorus 17G dan stamina 5:58 ROG Zephyrus ‘Duo bernasib sedikit lebih baik, tetapi masih tidak menghadapi persaingan non-game.

Yang lebih memberatkan di sini adalah kabel pengisian pendek Strix, karena masa pakai baterai yang buruk berarti Anda harus tetap mencolokkannya setiap saat. Bagian yang menghubungkan laptop ke batu bata hanya berukuran panjang 46 inci saat dikencangkan, dan saya harus menarik sedikit feng shui dengan pengaturan meja saya untuk dapat menghubungkannya ke laptop tanpa mengangkat batu bata yang menahan beban dari tanah . .

Meski begitu, masih ada sedikit kelonggaran di kabel, yang berarti selalu akan lepas dari laptop. Meskipun pengaturan desktop yang berbeda dapat mengatasi masalah ini, misalnya menyimpan blok pemuatan di desktop Anda, saya ingin sedikit lebih banyak ruang untuk preferensi yang berbeda. Saya suka memberi makan semua kabel saya dari belakang meja saya, dan tidak cukup panjang untuk melakukan itu di sini.

Panas pada Asus ROG Strix Scar G733
Panas pada Asus ROG Strix Scar 17 berada dalam kisaran yang dapat diterima untuk laptop gaming. Kami mengukur suhu laptop enam kali di Metro – tolok ukur Exodus berjalan pada preset ekstremnya – dan menemukan touchpad menjadi 86,5 derajat Fahrenheit (30,28 derajat Celcius) sementara bagian tengah keyboard berada di antara tombol G&H. suhu saat itu 105 derajat Fahrenheit (40,56 derajat Celcius). ). Bagian bawah laptop sebagian besar 102 derajat Fahrenheit (38,89 derajat Celcius), meskipun titik terpanas di komputer ada di bagian bawah di seberang tombol daya. Ini dibaca pada 113 derajat Fahrenheit (45 derajat Celcius).

Panas tidak pernah terbukti membuat titik kontak laptop tidak nyaman selama sesi permainan saya dengannya, dan ventilasi samping Strix juga tidak meniupkan udara panas ke tangan saya.

Software Asus ROG Strix Scar 17 G733 dan bergaransi

Selain pra-instal Windows standar seperti Microsoft Solitaire Collection dan Spotify, Asus ROG Strix Scar 17 hanya memiliki satu pra-instal yang akan kami klasifikasikan sebagai membengkak, dan itu adalah McAfee LiveSafe. Ini hanya mencakup uji coba gratis, jadi tidak ada yang Anda dapatkan di sini yang tidak bisa Anda unduh begitu saja.

Namun, Strix memiliki dua utilitas yang sangat berguna, yaitu Asus Armory Crate dan Aura Creator. Armory Crate adalah tempat Anda dapat memilih dan membuat berbagai kinerja dan preset tampilan, melihat statistik komputer seperti suhu atau penggunaan memori, dan menyesuaikan pencahayaan keyboard dan sistem. Anda juga dapat mengonfigurasi fungsi untuk tombol ROG keyboard di sini, serta mematikan suara imbang yang biasanya diputar saat Anda menyalakan komputer.

Aura Creator memungkinkan Anda membuat profil RGB khusus untuk pencahayaan Strix Anda, yang kemudian dapat Anda pilih di Armory Crate saat menyesuaikan pencahayaan.

Asus ROG Strix Scar 17 memiliki garansi terbatas satu tahun.