HP Officejet Pro X
HP Officejet Pro X

Cara Scan di Printer HP Mudah dan Cepat

Cara Scan di Printer HP, – Mungkin masih banyak orang yang bingung terkait cara scan di printer HP, mengingat kegiatan scan dokumen tidak setiap hari diperlukan. Bagi orang yang bekerja di fotocopyan atau di perkantoran hal – hal yang berurusan dengan printer dan scan dokumen mungkin sudah biasa mereka lakukan, tetapi bagi orang awam, hal ini cukup merepotkan.

Terkadang suatu dokumen penting perlu di scan untuk diedit atau dijadikan sebuah file di komputer. Dengan melakukan scan tersebut format dokumen juga bisa diubah sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu adanya menu scan disebuah printer sangat membantu.

Printer merek HP merupakan salah satu jenis printer yang paling umum digunakan, karena memiliki berbagai kelebihan. Printer HP juga saat ini sudah banyak yang bisa digunakan untuk scan dokumen. Berikut ini kami bagikan panduan scan dokumen di printer HP.

Cara Scan di Printer HP Tepat dan Cepat:


√A. Cara Scan DI Printer HP Tipe 2135

Salah satu jenis printer yang umum digunakan saat ini adalah printer HP 2135. Printer yang satu ini memiliki kemampuan cetak dokumen yang sangat baik. Kualitas warna yang dihasilkan juga sangat cerah, selain itu printer ini juga sangat tahan lama. Hal ini lah yang membuat orang banyak yang menggunakan printer HP tipe 2135 tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Scan di Printer Epson, Mudah dan Sederhana

Printer HP 2135 ini juga bisa digunakan untuk scan dokumen atau berkas lainnya, dan hasil scan nya juga sangat bagus. Berikut ini langkah – langkah yang bisa anda terapkan untuk melakukan cara scan di Printer HP 2135 :

  1. Pertama, hidupkan laptop/ pc serta printer HP terlebih dahulu. Setelah kedua perangkat hidup, sambungkan printer dengan laptop menggunakan kabel USB yang disediakan.
  2. Langkah kedua, buka sofware HP yang sudah teristal pada laptop/pc.
  3. Setelah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya adalah siapkan dokumen yang hendak di scan.
  4. Langkah ke empat, masukkan dokumen ke printer HP, lalu tutup printer tersebut. pastikan bahwa ukuran dokumen A4, atau di bawahnya. Jika ukuran kertas terlalu besar, nantinya tidak semua dapat di scan ke laptop.
  5. Selanjutnya, buka sofware HP scan dilaptop, lalu lakukan pengaturan, seperti ukuran, format file, warna, dan yang lainnya.
  6. Langkah terakhir, klik scan pada sofware tersebut, maka proses scan berhasil dilakukan.

√B. Cara Scan Dokumen di Printer HP Deskjet 1050

Selain printer HP 2135, perinter lain yang juga banyak digunakan orang adalah printer HP Deskjet 1050. Printer yang satu ini juga memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya disukai banyak orang.

Printer Deskjet 1050 ini juga memiliki fitur scan sehingga sangat membantu dan memudahkan berbagai keperluan. Untuk melakukan cara scan di printer HP deskjer 1050 ini langkah – langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu aplikasi atau software HP Deskjet 1050 sudah terinstal di laptop/pc anda. Jika belum maka lakukan penginstalan terlebih dahulu.
  2. Kedua, hidupkan printer HP deskjet tersebut, lalu sambungkan ke laptop / pc anda ke colokan USB yang terdapat pada laptop.
  3. Ketiga, setelah terhubung, maka buka aplikasi HP Deskjet 1050 tersebut di laptop anda. Nantinya akan muncul jendela yang menampilkan jenis dokumen yang hendak anda scan, mulai dari photo to file, photo to email, document to file, photo to TIF, dan yang lainnya.
  4. Langkah keempat, pilih ke dalam format apa dokumen tersebut anda scan, dan lakukan juga pengaturan untuk size, resolusi, dan kualitas gambarnya.
  5. Langkah Kelima, setelah pengaturan dilakukan, centak pada kotak “show scan preview” untuk melihat tampilan dokumen yang hendak di scan.
  6. Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, maka segera klik scan.
  7. Langkah ketujuh, setelah dokumen berhasil discan, lakukan pengaturan kembali untuk memperbaiki kualitasnya.
  8. Langkah terakhir, save dokumen tersebut pada laptop/ pc anda.

√C. Cara Membuat Hasil Scan Bagus dan Bersih

Pada umumnya setiap perinter HP memiliki cara scan di printer HP yang relatif sama. Jika seri Printer HP merupakan yang terbaru, mungkin ada sedikit perbedaan, karena printer terbaru memiliki fitur yang lebih banyak.

Baca Juga: Cara Melihat Tipe Laptop Untuk Semua Merek

Untuk menghasilkan file scan yang bagus dan berkualitas, jenis printer memang berpengaruh, tetapi yang lebih penting lagi adalah cara melakukan scan tersebut. Jika anda melakukannya dengan baik dan benar maka bisa dipastikan bahwa hasil scan juga nantinya bagus. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat scan di printer HP.

  1. Pertama, pastikan printer terbebas dari noda dan debu. Pada dokumen yang hendak di scan juga pastikan terlebih dahulu kebersihannya. Jika anda kotoran atau rambut yang ikut masuk saat scan dilakukan, hal ini akan membuat hasil scan kurang bersih.
  2. Kedua, pastikan ukuran dokumen sama dengan ukuran printer. Sebaiknya ambil dokumen yang bisa masuk ke kaca printer tersebut.
  3. Ketiga, agar hasil scan bisa diperbesar tanpa pecah, sebaiknya ubah resolusi setinggi mungkin. Dokumen yang kecil bisa diperbesar dengan baik jika resolusinya dibuat maksimal.

Itu lah beberapa hal yang sangat penting diperhatikan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan bagus. Walaupun tipe printer HP yang anda gunakan berbeda, tapi pada umumnya cara scan tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

Pastikan selalu melakukan pengaturan sebelum melakukan scan, karena kualitas dari scan yang dihasilkan tergantung pada pengaturan yang anda lakukan di aplikasi printer HP tersebut. Itu lah beberapa cara scan di printer HP yang bisa anda terapkan dengan mudah dan praktis.

Topik Terkait: Computers, Printer

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

merk printer yang bisa fotocopy dan scan