iCloud vs OneDrive: Mana yang terbaik untuk pengguna Mac, iPad, dan iPhone?

Bagi pengguna Mac, iPad, dan iPhone, kamu mau pilih iCloud vs OneDrive? Berapa harga langganan Apple iCloud dan Microsoft OneDrive perbulannya? Yuk simak ulasan teraskaltim


Penyimpanan file cloud telah menjadi kebutuhan bagi hampir setiap pengguna bisnis. Dua kelas berat memimpin pertarungan, tetapi satu menawarkan keunggulan dalam kenyamanan saat menggunakan gadget Apple.

Profesional yang cerdas tahu—mungkin banyak yang belajar dengan cara yang sulit—tidak pernah menyimpan data di satu lokasi.

Meskipun ada godaan—secara diam-diam memikat dengan rayuan kemudahannya—untuk sekadar menyimpan file, terutama pekerjaan yang sedang berlangsung, di desktop Mac atau di folder dokumen lokal, ponsel hilang, iPad dicuri, dan drive Mac bisa gagal.

Dengan kejadian seperti itu, semua informasi yang disimpan secara lokal hilang dan, paling buruk (jika Anda tidak memanfaatkan enkripsi file dan fitur keamanan perangkat), data Anda bisa saja disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apple iCloud dan Microsoft OneDrive memberikan solusi yang elegan dan hemat biaya untuk masalah tersebut dan membantu mencegah hilangnya data. Pertanyaannya bukan lagi apakah Anda harus menggunakan solusi penyimpanan file cloud, tetapi yang mana.

Harga Langganan iCloud vs OneDrive

Harga Langganan Apple iCloud

Pengguna Mac, iPad, dan iPhone akan menemukan iCloud sangat cocok untuk penggunaan bisnis. Dengan dukungan autentikasi dua faktor dan integrasi sederhana yang ada secara default langsung di dalam macOS, iPadOS, dan iOS, iCloud begitu mudah digunakan.

Layanan ini juga ramah anggaran. Akun 5GB entry-level gratis. Opsi layanan Rp15ribu per bulan menyediakan penyimpanan 50GB. Versi 200GB hanya berharga Rp45ribu0 per bulan, sedangkan edisi 2TB hanya Rp149ribu per bulan.

🔥 Trending:  Bagusan MediaTek atau Snapdragon? Ini Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

Tapi, seperti yang sering digembar-gemborkan oleh iklan televisi, bukan itu saja.

Akun iCloud Apple sekarang termasuk relay pribadi, kemampuan untuk menyembunyikan alamat email Anda dari pemasar dan opsi untuk membuat domain yang sesuai khusus, serta penyimpanan HomeKit Secure Video untuk satu kamera, hingga lima kamera untuk pelanggan 200GB dan jumlah kamera yang tidak terbatas untuk klien 2TB. Akun iCloud dan penyimpanan terkait juga dapat dibagikan dengan hingga lima anggota keluarga.

Harga Langganan Microsoft OneDrive

Harga Microsoft OneDrive juga sama kompetitifnya. Akun pribadi dikenakan biaya Rp96ribu per bulan untuk kapasitas penyimpanan 1TB, layanan Skype, dan aplikasi Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint, sedangkan akun keluarga meningkatkan batas penyimpanan hingga 6TB dan dapat digunakan bersama hingga enam orang dengan biaya Rp130ribu per bulan.

Paket Bisnis 1, menyediakan penyimpanan 1 TB per pengguna, adalah Rp78ribuan per bulan per pengguna. Langganan Paket Bisnis 2, sementara itu, menyediakan penyimpanan tak terbatas seharga Rp156ribuan per pengguna per bulan. Berbagai paket OneDrive lainnya juga tersedia, termasuk paket Business Basic dan Business Standard, yang mencakup berbagai aplikasi dan fitur.

Sinkronisasi iCloud vs OneDrive

Namun, banyak aplikasi Apple, termasuk program seperti Byword, GoodNotes, Pixelmator, Post-it, dan Scrivener, terintegrasi secara mulus secara default dengan iCloud.

Lebih lanjut, iCloud menyediakan kemampuan untuk secara otomatis mencadangkan folder desktop dan dokumen Mac, pengaturan dan konfigurasi iPad dan iPhone, foto, email, kontak, dan sejumlah elemen lainnya hanya dengan menggeser tombol radio (Gambar B) ke posisi yang diaktifkan. Pengoperasian iCloud semudah itu.

Tidak begitu dengan Microsoft OneDrive. Meskipun ini adalah opsi penyimpanan file cloud yang menarik yang penggunaannya dapat dibenarkan di atas iCloud dalam bisnis yang berkomitmen pada adopsi layanan Microsoft 365, terutama penggunaan Microsoft BI, Planner, SharePoint, dan Teams, kami terkadang mengalami masalah sinkronisasi.

🔥 Trending:  5 Teknologi Browser Opera Mini Terbaru

Kesalahan seperti itu sebagian besar telah meningkat dari waktu ke waktu, tetapi masalah sinkronisasi iCloud, yang tentu saja terjadi juga, kadang-kadang, terbukti jauh lebih mudah untuk diselesaikan.

Sedangkan perbaikan sinkronisasi iCloud biasanya hanya memerlukan, menurut pengalaman kami, menonaktifkan iCloud dan mengaktifkan kembali layanan, saya telah menemukan diri saya lebih dalam memecahkan masalah Windows dan pengaturan firewall, mengubah kata sandi Windows dan Microsoft 365 dan memecahkan masalah integrasi MFA saat menyelesaikan masalah OneDrive.

Kesimpulan iCloud vs OneDrive

Karena keunggulan Apple yang jelas sebagai pengembang macOS, iPadOS, dan iOS, menurut saya iCloud lebih mudah dikonfigurasi di perangkat keras Apple dan lebih mudah dikelola, didukung, dan digunakan, dibandingkan dengan OneDrive.

Namun, saat bekerja menggunakan layanan Microsoft 365, saya sarankan memuat OneDrive di Mac, iPad dan iPhone menggunakan akun Microsoft 365 Anda. Selanjutnya, saya juga merekomendasikan pengaturan OneDrive untuk memuat secara otomatis saat masuk dan menampilkan ikon di dalam Mac Dock. Pengaturan tersebut membantu memastikan OneDrive terus disinkronkan dan tersedia dengan mudah.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News