Cara Membersikan Cache pada IPhone

Memori Ram Dan Rom sangatlah berperan penting untuk kinerja smartphon anda maka sangatlah penting untuk kita selalu menghapus cache dan sampah-sampah yang tidak diperlukan agar memori tidak penuh dan mengangu performa kinerja smartphone. Nah kali ini kita akan membahas bagaiman cara menghapus cache pada Iphone, simak ulasan berikut.

Memori penuh pada iPhone sebenarnya tidak terlalu aneh, karena perangkat ini tidak memiliki slot memori eksternal seperti kebanyakan ponsel Android.

Jika memori penuh, Anda dapat menghapus beberapa file untuk menghapus aplikasi yang kurang penting. Tetapi ada cara lain untuk melakukannya juga.

Apa itu cache?

Sebelum memulai pembahasan tentang cara membersihkan cache ada baiknya pahami dulu apa itu cache.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, cache adalah data yang tidak perlu yang perlu dihapus. Namun, membersihkan cache memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika Anda ingin mengetahui apa itu cache dan mengapa harus di hapus dari iPhone Anda, penjelasannya bisa Anda lihat di artikel berikut ini.

Cara menghapus cache

Faktanya, Anda dapat menghapus cache di iPhone Anda secara langsung tanpa aplikasi tambahan apa pun, atau dengan aplikasi yang lebih bersih.

Namun pada artikel kali ini, Jaka akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara membersihkan memori iPhone dengan cache yang bersih tanpa tambahan aplikasi pihak ketiga.

Agar tidak penasaran lagi, langsung saja baca cara menghapus data cache di iPhone Anda berikutnya. simak baik-baik langka-langka berikut :

1. Hapus cache iPhone melalui browser Safari.

Siapa yang baru mengenal Safari? Aplikasi browser default iPhone sangat populer dengan antarmuka pengguna yang cukup menarik.

Nah, cara termudah untuk membersihkan cache iPhone adalah dengan membersihkan cache di aplikasi Safari terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

> Langkah 1. Buka menu “Settings” . Gulir ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi Safari.

cara membersihkan cache

> Langkah 2. Pada tab “Privasi & Keamanan” aplikasi ini, Anda dapat langsung mengklik “Hapus Riwayat                              dan Data Situs Web“.

> Langkah 3. Kemudian, jendela pop-up muncul, klik “Hapus riwayat dan data” untuk mulai membersihkan                              cache dari aplikasi Safari.
cara hapus cache

Selesai dan Sekarang semua cache Safari telah dihapus dan memori iPhone Anda akan lebih dibebaskan. Cukup mudahkan caranya.

2. Hapus cache iPhone melalui file data aplikasi.

Setelah mengosongkan cache Safari, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menghapus cache aplikasi iPhone.

Tentunya cara ini akan berdampak besar pada data cache di iPhone dan bisa mengurangi ruang penyimpanan.

> Langkah 1. Buka menu “Settings“, lalu pilih menu “General“.

> Langkah 2: Klik “Penyimpanan iPhone“. Setelah dibuka, Anda akan melihat banyak pilihan aplikasi yang                                 diinstal.
cara muda hapus cache di iphone

Anda juga dapat melihat informasi mendetail untuk setiap aplikasi, dari tanggal penggunaan terakhir hingga kapasitas maksimum aplikasi.

> Langkah 3: Di sini Anda dapat menemukan aplikasi yang menggunakan paling banyak ruang disk. Klik                                           aplikasinya.

> Langkah 4: Kemudian klik “Offload App“. Di halaman pop-up, Anda juga dapat langsung mengklik Bongkar                               Aplikasi untuk mulai menghapus penginstalan aplikasi.

Tenang saja, Fitur Offload App benar-benar merupakan mode yang secara otomatis menghapus aplikasi yang jarang Anda gunakan.

Namun, meskipun aplikasi telah dihapus, data dan dokumen dari aplikasi tersebut masih dipertahankan dan dapat digunakan kembali setelah menginstal ulang aplikasi.

Jika Anda ingin memutuskan aplikasi mana yang akan membersihkan cache sendiri menggunakan fitur Offload Application, Anda dapat mengikuti metode ini sekarang dengan mengklik Pengaturan Aplikasi.

Cara ini juga bisa Anda terapkan pada aplikasi iPhone terbaik seperti WhatsApp, Line, Instagram, atau game seperti Mobile Legends.

3. Kosongkan cache iPhone dengan memulai ulang perangkat Anda.

Terakhir, ada cara termudah untuk membersihkan cache iPhone, yaitu me-restart alias dengan mematikan lalu restart perangkat.
Nah setelah kamu tahu cara mematikan iPhone, kamu bisa langsung nyalakan saja. Sangat sederhana, bukan?

Berkat ketiga cara membersihkan cache iPhone yang saya jelaskan di atas, memori penyimpanan iPhone akan lebih leluasa.

Selain kesederhanaannya, cara ini juga terbukti efektif untuk membuat data cache yang mengisi memori iPhone Anda.