2 Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati

Adakah cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati sehingga dapat digunakan lagi seperti semula? Tentunya bisa, karena setiap permasalahan pasti ada solusinya, termasuk untuk kali ini. Meski menjaga nomor supaya tetap aktif sangatlah mudah, namun tidak semua orang dapat melakukannya.


Pada dasarnya, alasan utamanya adalah lupa dan tidak secara berkala mengecek masa aktif. Seperti yang diketahui, cara untuk menjaga nomor supaya tetap dapat digunakan adalah dengan isi ulang pulsa. Sesuai dengan jumlah nominal, masa aktif secara otomatis bertambah. Semakin besar nominal, masa aktif biasanya semakin panjang.

Selain mengisi pulsa, ada juga cara lain untuk memperpanjang masa aktif indosat. Cara yang dimaksud adalah dengan membeli masa aktif itu sendiri dan juga menukarkan poin yang dimiliki. Namun sepertinya hal ini kurang berguna, karena inti dari kartu hangus biasanya karena lupa tidak mengecek masa aktif.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Terblokir

Ciri-Ciri Nomor Indosat yang Hangus atau Mati

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati, sebaiknya kita kenali dulu cirinya. Harapannya supaya anda tidak salah paham, apakah nomor yang dimaksud memang benar-benar hangus atau hanya sekedar gangguan biasa. Berikut adalah ciri-ciri yang dimaksud yang berhasil kami rangkum!

  • Nomor Indosat tidak bisa melakukan panggilan dan juga menerima panggilan.
  • Tidak dapat digunakan untuk mengecek sisa pulsa atau hal lain yang menggunakan fitur UMB.
  • Ada keterangan nomor tidak dikenal.
  • Akses internet diblokir.
  • Bar sinyal terdapat tanda silang atau hilang tidak terdeteksi.
  • Lebih parahnya lagi, kartu SIM tidak terdeteksi oleh perangkat.
🔥 Trending:  Cara Menggunakan Cheat Engine Di Android 2022

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati

Apakah kartu yang anda gunakan memilki ciri-ciri seperti diatas? Jika hanya salah satunya mungkin ada penyebab lain. Tetapi jika semua ciri diatas dialami oleh kartu, maka anda perlu mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati. Sebab dapat dipastikan bahwa kartu tersebut memang benar-benar hangus.

Ada perbedaan cara aktivasi uang dari kartu yang diblokir dengan kartu yang hangus. Penyebabnya pun berbeda, kartu yang diblokir biasanya pernah mengalami kesalahan memasukkan pin jika sebelumnya dibuat. Setidaknya, ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah ini, yakni mengunjungi galeri Indosat dan registrasi ulang.

Mendatangi Galeri Indosat

Cara pertama dan dianggap paling mudah adalah dengan mendatangi gerai Indosat. Meski dikatakan mudah, namun prosesnya cukup lama, belum lagi menunggu antrean. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk dokumen pendukung atas kepemilikan kartu yang dimaksud.

Dokumen ini biasanya berupa KK atau Kartu Keluarga, namun bawa juga KTP asli untuk antisipasi ketika diperlukan. Jangan lupa membawa kartu Indosat yang hangus, perangkat telepon juga perlu dibawa supaya lebih mudah menanganinya. Setelah tiba di gerai Indosat, berikut yang biasanya dilakukan.

  • Ambil nomor antrean yang disediakan, biasanya ada petugas yang mengarahkan.
  • Setelah tiba giliran, sebutkan maksud dan tujuan anda datang, yakni untuk registrasi ulang kartu Indosat yang sudah hangus.
  • Petugas akan memberikan formulir, silahkan diisi sesuai petunjuk.
  • Apabila telah lengkap sesuai data diri, kembalikan kepada petugas beserta dokumen pendukung.
  • Petugas akan melakukan pengecekan, silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika memang memenuhi syarat, anda akan mendapatkan kartu baru degan biaya sekitar 10.000 rupiah.
🔥 Trending:  Cara Menyimpan Video dari Facebook tanpa Aplikasi di Android 2022 - Mudah Banget!

Registrasi Ulang

Meski kurang efektif, namun registrasi ulang dapat dijadikan sebagai cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati. Sebelumnya, pastikan anda yakin bahwa nomor yang dimaksud tidak melebihi batas masa tenggang. Selanjutnya, silahkan ikuti cara berikut untuk mengaktifkan kembali.

  • Buka layanan SMS.
  • Pada bagian teks, isi dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#.
  • Contoh, ULANG#123456780#098754423.
  • Kirim ke 4444 dan tunggu balasan dari operator.

Baca Juga: Cara Hutang Pulsa Indosat

Kesimpulan

Nomor telepon merupakan satu hal yang penting dalam komunikasi digital. Fungsinya sangat banyak, misalnya untuk membeli data, mengirim SMS, dan juga melakukan panggilan. Terlebih untuk saat ini, nomor HP seringkali dijadikan akun media sosial. Maka dari itu, menjaganya untuk selalu aktif sangat penting, supaya anda tidak perlu mencari cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati seperti diatas.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News