Cara Melihat History Google Chrome di Android 2022 – Ternya Mudah Lo!

Inilah Cara Melihat History Google Chrome di Android dengan Mudah. Ketahui halaman apa saja yang pernah Anda buka pada browser Google Chrome.


Ketika menggunakan ponsel pintar berbasis Android, setiap orang tentunya pernah membuka aplikasi Google Chrome untuk keperluan tertentu. Aplikasi tersebut akan menyimpan semua histori dari situs yang pernah anda buka sebelumnya. Pertanyaannya, bagaimana cara melihat history Google Chrome di android? Meskipun sebenarnya sangat mudah, namun tidak semua orang tau akan hal itu.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa perangkat Android merupakan HP yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan iPhone, jumlahnya terpaut sangat jauh. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan fungsinya yang bisa digunakan untuk segala macam keperluan. Selain itu, harga dari perangkat keluaran Google tersebut juga cukup murah.

Setiap HP yang baru dibeli tentu ada beberapa aplikasi yang sudah terpasang, termasuk Google Chrome. Aplikasi tersebut merupakan salah satu produk terbaik Google dengan fungsi utama untuk membuka situs. Nama lainnya adalah aplikasi browser yang digunakan untuk aktivitas browsing.

Berbagai fitur menarik disematkan untuk kemudahan penggunanya. Selain lebih cepat dan ringan, Google Chrome juga dilengkapi dengan fitur melihat history atau riwayat. Dilengkapinya fitur tersebut untuk memudahkan pengguna yang lupa akan situs yang pernah dibuka sebelumnya. Jika hal ini juga terjadi dengan anda, berikut kami berikan tutorial lengkapnya!

Cara Melihat History Google Chrome di Android

Google Chrome (Foto: Google Play)

Download APK Google Chrome

Cara melihat history Google Chrome di Android sebenarnya sangat mudah, seperti yang telah disebutkan diatas. Sayangnya, tidak semua orang tau akan fitur ini sehingga banyak yang masih kebingungan. Tujuan utamanya adalah untuk melihat kembali situs yang telah ditutup.

🔥 Trending:  Bagaimana Cara Sukses Bekerja di Luar Negeri? Simak 7 Tips Ini!

Sebenarnya ada situs bookmark yang bisa digunakan ketika anda menganggap bahwa website yang pernah dibuka tersebut bermanfaat. Ketika ingin membukanya lagi, anda tinggal buka bookmark tersebut dan langsung membuka situs yang dimaksud. Namun apa daya, sebagian besar pengguna HP Android tidak memerhatikan hal ini sehingga harus mencarinya melalui fitur riwayat atau history.

  • Langkah pertama sebagai cara melihat history Google Chrome di Android adalah dengan membuka aplikasinya.
  • Klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas pada tampilan utama Chrome.
  • Pilih ‘history’ atau ‘riwayat’.
  • Anda akan dibawa pada tampilan baru yang memunculkan beberapa riwayat browsing.
  • Silahkan scroll ke bawah untuk menemukan situs yang pernah anda buka sebelumnya.
  • Jika ingin menghapus salah satunya, tekan tanda silang yang ada di samping riwayat.
  • Namun jika anda ingin menghapus semuanya, langsung klik ‘hapus data penjelajahan’.

Cara Melihat History Google Chrome yang Sudah Dihapus

Cara Melihat History Google Chrome yang Sudah Dihapus

Cara diatas tentunya sangat mudah dan kemungkinan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalahnya, bagaimana cara melihat history Google Chrome di Android yang sudah dihapus? Inilah yang menjadi permasalahan dan caranya cukup membingungkan, apalagi bagi pemula yang masih baru menggunakan aplikasi browser.

Menghapus riwayat browsing bisa dilakukan dengan berbagai alasan. Sebagai contoh adalah semua situs yang pernah dibuka dirasa tidak memberikan manfaat. Aka tetapi diluar dugaan, ternyata beberapa riwayat browsing dibutuhkan kembali dengan alasan tertentu. Bukan berarti tidak ada solusi, setiap permasalahan tentu ada solusi yang efektif. Begitu pula dengan masalah kali ini yang akan kami berikan solusinya berikut!

  • Seperti bisa, buka aplikasi Google Chrome yang ada di perangkat HP Android.
  • Pada kolom pencarian, ketik ‘Akun saya’ atau ‘my account’, kemudian klik enter.
  • Akan ditampilkan akun Google anda pada halaman yang muncul, silahkan klik ‘Kelola Akun Google’.
  • Pada deretan menu di bagian atas, pilih ‘Data & personalisasi’.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Kelola kontrol aktivitas Anda’.
  • Masuk ke menu ‘Kelola aktivitas’. Jika tidak menemukan menu ini, scroll sedikit ke bawah.
  • Langkah diatas secara otomatis membuka semua aktivitas yang pernah anda lakukan ketika menggunakan Google Chrome.
  • Anda bisa mengembalikan riwayat pencarian dengan klik ‘restore’.
  • Apabila ingin menghapusnya lagi secara permanen, klik ‘delete’ atau ‘hapus’.
🔥 Trending:  3 Cara Memindahkan Grup WA ke HP Lain 2024

Kesimpulan

Hanya ada satu metode yang bisa digunakan sebagai cara melihat history Google Chrome di Android, yakni langsung melalui aplikasinya. Berbeda jika menggunakan perangkat laptop, anda bisa menggunakan program atau software khusus yang banyak tersedia dan bisa didapatkan gratis.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News