Bagaimana Cara Sukses Bekerja di Luar Negeri? Simak 7 Tips Ini!

Bekerja di luar negeri merupakan salah satu keinginan banyak orang. Akan tetapi, ternyata untuk bisa bekerja di negara orang tidak semudah membalikkan telapak tangan. lantas, bagaimana cara sukses bekerja di luar negeri? Maka, Anda perlu menyimak tips yang akan dibahas di artikel ini.


Menurut penelitian, lebih dari 50 persen lulusan perguruan negeri di Indonesia punya hasrat untuk bekerja di luar negeri. Dengan kata lain, masyarakat mudah di Indonesia yang sudah menempuh pendidikan, memiliki keinginan tinggi untuk bekerja di negara orang lain. Maka dari itu, penulisan CV berbahasa Inggris harus benar-benar profesional dan memenuhi syarat dari pihak recruiter. Untuk itu, dapatkan di sini CV berbahasa Inggris sebagai bahan referensi Anda.

Seperti yang kita ketahui, bekerja di luar negeri bisa memberikan sejumlah keuntungan yang bisa jadi sulit didapat di negara asal. Mulai dari gaji yang fantastis, fasilitas yang nyaman, tantangan, serta kondisi kerja yang nyaman serta prestise.

Pantas jika banyak orang yang ingin bekerja di luar negeri. Tetapi, ternyata tidak semua orang bisa bekerja di luar negeri. Terdapat beberapa hal yang perlu dipenuhi dan dipersiapkan untuk bisa mewujudkan mimpi itu.

Cara dan Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Bagaimana cara sukses bekerja di luar negeri? Tentunya pertanyaan itu kerap ditanyakan oleh mereka yang ingin melakukannya. Maka dari itu, di sini akan diuraikan berbagai tips agar sukses bekerja di luar negeri. Berikut uraiannya:

🔥 Trending:  Bisa ke Operator Lain! Begini 3 Cara Transfer Pulsa XL

1.   Pahami Negara Tujuan

Setiap negara memiliki budaya dan kondisi yang berbeda dengan Indonesia. Tentunya, Anda harus bisa beradaptasi dengan masyarakat di negara tersebut untuk bisa bekerja dengan nyaman. Anda perlu mengenali dan memahami negara yang menjadi tujuan supaya tidak mengalami culture shock.

Sehingga, Anda tidak terlalu terkejut dengan segala perubahan budaya dan kondisi sosial di suatu negara. Hal itu bisa membantu Anda untuk bisa lebih tangguh dalam bekerja di negara tersebut.

2.   Menyiapkan Interview

Berbeda dengan interview kerja di Indonesia, di luar negeri tidak akan langsung menjalani wawancara kerja langsung. Pada tahap pertama, Anda biasanya akan dihadapkan dengan wawancara online melalui Skype. Selain itu, wawancara dengan Skype tentu berbeda dengan wawancara langsung pada umumnya.

Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan interview dengan matang. Anda perlu menunjukkan wajah yang meyakinkan serta percaya diri untuk menarik perhatian perekrut.

3.   Memeriksa Legalitas Lembaga Perantara

Biasanya, mereka yang ingin bekerja di luar negeri menggunakan jasa penyalur tenaga kerja luar negeri untuk bisa mewujudkan keinginannya. Akan tetapi, tips agar bisa lancar bekerja di luar negeri adalah dengan memastikan lembaga tersebut sudah resmi.

Sebab, jasa penyalur tenaga kerja tersebut nantinya menjadi perantara untuk perusahaan yang memerlukan karyawan luar negeri. Oleh sebab itu, sebelum memilih jasa, Anda perlu memastikan legalitas serta track record dari lembaga tersebut.

4.   Siapkan Dokumen Serta Keperluan Bekerja di Luar Negeri

Ketika Anda ingin bekerja di luar negeri, tips selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen dan segala keperluan yang dibutuhkan. Sebab, tenaga kerja yang berkarir di luar negeri tidak bisa seenaknya terbang tanpa menyiapkan dokumen yang diperlukan.

🔥 Trending:  Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi 2022

Dokumen tersebut bisa memudahkan Anda dalam menjalani pendaftaran, jalur hukum, perlindungan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda pun bisa bekerja di luar negeri dengan tenang tanpa kekhawatiran.

5.   Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit

Menjaga kesehatan menjadi tips yang sangat penting agar sukses bekerja di luar negeri. Apalagi budaya kerja di beberapa negara sangat berbeda dengan Indonesia. Jepang misalnya, negara matahari terbit itu memiliki budaya kerja yang sangat ketat, cepat, dan rajin. Tentunya, Anda perlu membiasakan hal itu, salah satunya dengan menjaga kesehatan dengan baik.

Tidak sedikit yang sakit usai menjalani pekerjaan di luar negeri. Selain karena budaya kerja yang berbeda, cuaca yang berbeda pun sangat berpengaruh pada kesehatan. Maka dari itu tentunya, kesehatan jadi hal yang penting agar bekerja di luar negeri semakin sukses.

6.   Meningkatkan Motivasi Kerja

Seperti yang sudah disampaikan di poin sebelumnya, budaya kerja di beberapa negara sangat berbeda dengan Indonesia. Maka dari itu, Anda perlu meningkatkan motivasi kerja agar bisa mengimbangi ritme kerja di luar negeri.

Motivasi kerja yang kurang tinggi bisa membuat Anda menyerah di tengah jalan karena tidak kuat menghadapi ritme kerja yang berbeda. Maka dari itu, Anda harus memiliki tekad dan motivasi yang kuat agar bekerja di luar negeri bisa sukses.

7.   Meningkatkan Kompetensi

Persaingan saat bekerja di luar negeri tentu akan berbeda dengan Indonesia. Anda akan bekerja dengan berbagai orang yang memiliki kompetensi dengan level tinggi. Maka dari itu, tips yang bisa dilakukan agar bekerja di luar negeri bisa sukses adalah meningkatkan kemampuan, skill, serta kompetensi Anda supaya bisa bersaing di kancah internasional

🔥 Trending:  2 Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android dengan Mudah

Nah itu dia beberapa tips dan cara bekerja di luar negeri agar sukses. Semoga bermanfaat!

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News