Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi 2022

Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi, simak juga penyebabnya disini – Sensor sidik jari telah menjadi perkembangan penting di ponsel Android. Ini telah memungkinkan kami untuk meningkatkan keamanan ponsel kami dengan keamanan biometrik. Itu juga membuatnya sangat mudah untuk membuka kunci ponsel kami. Namun apa jadinya bila sensor sidik jari tiba-tiba berhenti bekerja? Kami akan berbicara tentang 9 cara tentang cara memperbaiki sensor sidik jari.


Artikel ini membahas solusi dari yang paling mudah hingga yang relatif lebih kompleks. Jika Anda membaca artikel ini saat mencoba solusinya, terapkan dalam urutan kronologis untuk menghemat waktu dan sumber daya.

Baca Juga: cara menyembunyikan aplikasi di Android

Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi – Perbaikan fisik

Perbaikan yang akan kita bahas di bawah kategori ini sangat sederhana. Biasanya ini adalah masalah yang bisa diabaikan karena panik. Ini akan membantu Anda menghemat waktu jika Anda melalui langkah-langkah ini terlebih dahulu sebelum mencoba perbaikan perangkat lunak karena masalahnya hanya bisa bersifat eksternal.

1. Pastikan jari Anda bersih

Sensor sidik jari harus peka untuk memastikan ponsel Android Anda aman dan terlindungi. Ini memperhitungkan detail sidik jari Anda yang sangat kecil sehingga Anda dapat yakin bahwa tidak seorang pun kecuali Anda yang dapat mengakses telepon Anda. Inilah sebabnya mengapa jari Anda harus bersih saat mengakses pemindai sidik jari.

Pemindai Anda akan kesulitan membaca sidik jari Anda jika basah, lembab, berminyak atau kotor. Ini bisa menjadi masalah umum bagi orang yang tangannya berkeringat.

🔥 Trending:  3 Cara Transfer Pulsa Indosat - Berbagi Pulsa Semakin Mudah

Cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi yang sederhana ini, cukup cuci tangan Anda dan pastikan tangan Anda kering sebelum menyeka sidik jari Anda.

2. Bersihkan sensor sidik jari

Bersihkan sensor sidik jari - Cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi

Cara mengatasi fingerprint tidak terdeteksi selanjutnya adalah dengan membersihkan sensor sidik jari. Jika pemindai sidik jari tidak berfungsi karena jari kotor, juga tidak akan berfungsi jika pemindai sebenarnya kotor. Sama seperti dengan jari, kelembaban, minyak, dan kotoran dapat mempengaruhi kinerja pemindai sidik jari.

Untuk membersihkan pemindai, Anda bisa menggunakan kapas. Penyeka ini kecil dan lembut sehingga Anda dapat masuk ke dalam lipatan dan celah sensor tanpa merusaknya. Anda dapat menggunakan isopropil alkohol atau air untuk membantu membersihkan.

Tapi pastikan kapas hanya dibasahi dan tidak basah kuyup. Pemindai sidik jari sensitif sehingga jika kelembaban masuk ke dalamnya, Anda dapat merusaknya, bukan hanya membersihkannya.

Pilihan bagus lainnya adalah kain mikrofiber. Dengan menggunakan kain mikrofiber, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan mudah. Dibandingkan dengan kapas, kain mikrofiber mungkin tidak dapat menjangkau kerutan yang lebih kecil.

Baca Juga: Aplikasi video call random gratis

3. Periksa apakah ada kerusakan pada sensor sidik jari

Pemindai sidik jari biasanya sama utuhnya dengan bagian belakang ponsel Android. Sensor ini padat dan tidak boleh goyah atau bergerak. Jadi jika pemindai sidik jari Anda terasa mengklik atau cenderung bergerak, itu bisa menyebabkan masalah.

Ini adalah masalah yang lebih lanjut jadi jangan mencoba untuk memperbaikinya kecuali Anda memiliki pengalaman memperbaiki telepon.

Cara memperbaiki sidik jari yang rusak ini lebih aman dengan membawanya ke pusat layanan untuk diperiksa oleh seorang profesional. Jika Anda mencoba memperbaikinya sendiri tanpa pengalaman, Anda dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

4. Lepaskan pelindung layar

Cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi bisa dengan melepas Screen Protector atau pelindung layar ponsel Anda.

Terkadang pelindung layar Anda dapat menghalangi pemindai Anda untuk memindai sidik jari Anda. Masalah ini dapat terjadi jika pemindai sidik jari berada di bagian depan dan ditutupi oleh pelindung layar.

🔥 Trending:  Tips Paling Ampuh dan Efektif Menghemat Baterai iPhone

Mungkin ada retakan atau goresan pada pelindung layar yang menutupi sensor. Sebagai solusinya, ganti atau lepas pelindung layar agar sensor bisa membaca sidik jari Anda dengan baik.

Cara Mengatasi Sidik Jari tidak Berfungsi – Perbaikan Software

1. Restart perangkat Anda

Menyalakan ulang perangkat Anda adalah solusi klasik untuk sebagian besar masalah. Ini memecahkan sebagian besar masalah perangkat lunak, jadi sebaiknya coba yang ini terlebih dahulu sebelum mencoba salah satu perbaikan perangkat lunak ini.

Mem-boot ulang perangkat Anda akan memulai ulang sistem Anda dan akan menyingkirkan semua bug atau gangguan sementara. Ini juga mematikan aplikasi apa pun yang mungkin berjalan di latar belakang sehingga ponsel Anda dapat berkinerja lebih baik.

Untuk melakukan cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi ini, cukup tahan tombol Daya dan ketuk opsi Mulai Ulang. Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah dengan menekan lama tombol power. Ini akan secara otomatis memaksa perangkat Anda untuk memulai ulang.

2. Perbarui Perangkat Lunak Sistem Anda

Sensor sidik jari mungkin tidak berfungsi dengan baik karena kesalahan dalam sistem. Ini dapat terjadi karena beberapa perangkat mungkin memiliki perangkat lunak sistem yang kedaluwarsa yang menyebabkan masalah ini.

Periksa apakah perangkat Anda memerlukan pembaruan sistem. Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Pengaturan ponsel Anda dan gulir ke bawah ke Pembaruan sistem. Dari sini, Anda akan dapat melihat apakah sistem Anda mutakhir atau perlu diperbarui.

Pengembang terus memperbarui sistem sehingga lebih baik bagi pengguna. Akibatnya, ini menghilangkan kesalahan dan gangguan dalam sistem lama. Perangkat Anda mungkin mengalami masalah ini karena ini adalah versi yang lebih lama.

Baca Juga: Cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen tanpa aplikasi

3. Kalibrasi ulang sidik jari Anda

Kalibrasi ulang sidik jari Anda

Jika Anda bekerja di bidang industri atau di bidang lain yang mungkin melibatkan kecelakaan pada jari Anda, ini bisa menjadi alasan mengapa sensor sidik jari tidak berfungsi. Jika jari Anda terpotong, terbakar, atau terkena sesuatu yang dapat merusak kulit Anda, sidik jari Anda mungkin sedikit berubah. Inilah alasan mengapa pemindai sidik jari tidak dapat mengenali sidik jari Anda.

🔥 Trending:  Cara agar Tampilan Whatsapp Android Seperti iPhone tanpa Aplikasi 2024

Untuk mengatasi masalah ini, yang harus Anda lakukan adalah mengkalibrasi ulang sidik jari Anda. Cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi ini cukup dengan pindai jari Anda untuk mendaftarkannya kembali.

4. Coba setel ulang perangkat ke setelan pabrik

Jika masalah Anda benar-benar masalah perangkat lunak dan tidak ada solusi di atas yang berfungsi, maka reset pabrik adalah pilihan terakhir Anda.

Reset pabrik sama seperti namanya. Ini mengembalikan ponsel Anda ke keadaan di mana tampaknya keluar dari pabrik. Ini meningkatkan kinerja dan kecepatan serta menghapus segala jenis malware atau bug yang mungkin menyebabkan masalah.

Tetapi gunakan cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi ini hanya sebagai upaya terakhir karena ini juga akan menghapus semua data Anda. Ini berarti bahwa pengaturan, preferensi, dan informasi pribadi Anda akan dihapus. Jika Anda siap untuk melanjutkannya, maka pengaturan ulang pabrik ponsel Android Anda akan menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Cara Memperbaiki Sensor Sidik jari – Bantuan Profesional

Setelah Anda mencoba semua cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi ini dan tidak ada yang membantu, inilah saatnya untuk membiarkan para profesional menangani situasinya. Ada saatnya di mana DIY tidak akan dapat membantu Anda. Alih-alih mencoba memperbaiki masalah sendiri dengan membuka kunci ponsel, biarkan profesional yang menanganinya.

Ketika tidak ada yang berhasil, segera kunjungi ke service center ponsel Anda dan lihatlah secara profesional. Mereka lebih dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi.

Kesimpulan

Sensor sidik jari sangat membantu pengguna ponsel Android. Ini meningkatkan keamanan dan membuatnya lebih mudah untuk membuka kunci ponsel kita. Sehingga menjadi masalah nyata ketika sensor ini berhenti bekerja atau mengalami malfungsi.

Sebagian besar solusi dari cara mengatasi sidik jari tidak berfungsi yang telah kita bahas cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Cobalah semuanya terlebih dahulu sebelum pergi ke service center untuk meminta profesional memeriksanya sehingga Anda dapat menghemat waktu dan uang.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: Sensor sidik jari tidak bekerja jika ini terus berlangsung mulai ulang telepon Anda
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News