Hindari 5 Kesalahan Besar Ini Saat Berinvestasi di Cryptocurrency

Memulai di dunia kripto bisa membuat stres, tetapi jika Anda menghindari kesalahan ini, Anda akan menjadi awal yang baik.


Sekarang ada jutaan orang di seluruh dunia yang telah berinvestasi dalam satu atau lebih jenis cryptocurrency. Bitcoin, Cardano dan Ether, ada banyak sekali daftar mata uang untuk dipilih, tetapi sulit untuk mengetahui mana yang tepat untuk Anda. Selain itu, orang membuat banyak kesalahan dan kehilangan banyak red flag saat berinvestasi dalam mata uang kripto.

Jadi, mari kita bicara tentang kesalahan terbesar yang harus dihindari saat berinvestasi dalam cryptocurrency.

  1. Berinvestasi karena nilai koin baru saja naik

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemula saat berinvestasi dalam cryptocurrency adalah membeli mata uang tertentu hanya untuk menaikkan harga atau pangsa pasarnya baru-baru ini. Hal tentang sebagian besar lompatan nilai kripto adalah bahwa mereka biasanya tidak bertahan lama. Nilai cryptocurrency berfluktuasi secara liar, dan itulah sifat industrinya.

Ambil contoh Dogecoin, misalnya. Pada Oktober 2021, nilainya mengalami peningkatan yang relatif tajam, dari $0,234 menjadi $0,308 per koin. Banyak yang melihat ini sebagai pertanda baik untuk Dogecoin, tetapi kegembiraannya tidak bertahan lama. Setelah hanya beberapa hari, nilainya hampir kembali seperti semula. Dogecoin juga mengalami kemajuan pesat karena nama besar yang dipromosikannya, seperti Elon Musk. Tetapi kenaikan harga seperti itu biasanya datang dan pergi dalam waktu kurang dari satu atau dua minggu. Jadi penting untuk berpikir dua kali sebelum mengandalkan kenaikan mendadak seperti ini.

2. Berinvestasi Sebelum Melakuakn Research Terhadap Koin

Kesalahan Besar Ini Saat Berinvestasi di Cryptocurrency

Ketika industri sedang booming, adalah normal bagi para penjahat untuk mencoba memanfaatkan investor untuk menghasilkan uang, dan industri cryptocurrency tidak terkecuali. Penipuan yang sangat umum saat ini adalah membuat koin penipuan (kurang dikenal sebagai koin s**t). Ini melibatkan peluncuran dan promosi koin (kadang-kadang bahkan dengan bantuan selebritas atau influencer media sosial), dan kemudian melompat kapal setelah cukup diinvestasikan.

🔥 Trending:  4 Aplikasi Trading Crypto Terbaik di Android

Contohnya adalah Squid Coin, diluncurkan setelah perilisan acara Netflix paling populer dalam sejarah, Squid Game. Kripto ini berhasil mengumpulkan sekitar $3,4 juta dana investasi sebelum para pengembang menarik permadani dan melarikan diri dengan semua uang itu. Sayangnya, umumnya investor yang lebih tidak berpengalaman jatuh ke dalam penipuan seperti ini, dan ada jutaan orang seperti itu di luar sana saat ini.

Jadi, untuk menghindari berinvestasi dalam koin yang berisiko, selalu baik untuk meneliti perusahaan secara menyeluruh terlebih dahulu untuk mengetahui dengan tepat dengan siapa Anda berhadapan.

3. Investasikan hanya pada satu jenis mata uang kripto

Tidak ada yang salah dengan memulai dengan satu jenis koin kripto. Setiap orang harus memulai di suatu tempat! Namun, orang sering membuat kesalahan dengan hanya mengandalkan satu koin. Dan, terlepas dari seberapa menjanjikan koin itu sekarang, meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang bisa berisiko, terutama di dunia cryptocurrency, di mana koin bisa meroket satu menit dan kemudian jatuh di menit berikutnya.

Jadi bukanlah ide yang baik untuk menginvestasikan sejumlah besar uang hanya dalam satu mata uang, terutama jika Anda relatif baru dalam industri cryptocurrency. Cobalah untuk mempelajari beberapa mata uang terlebih dahulu (lihat poin sebelumnya: riset sebelum berinvestasi!).

4. Mengikuti Hype Crypto Saat Ini

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa koin tertentu mendapatkan banyak publisitas? Mungkin seorang selebriti telah mempromosikannya, atau mereka dikaitkan dengan nama besar (seperti koin Squid yang disebutkan di atas). Terlepas dari itu, terkadang ada lonjakan hype seputar koin, tetapi itu tidak berarti itu adalah peluang investasi yang bagus. Orang bisa kehilangan banyak uang karena mereka melompat ketika segala sesuatunya tampak berjalan baik untuk mata uang pilihan mereka.

🔥 Trending:  7 Wallet Cryptocurrency Terbaik untuk Menyimpan Aset Crypto

5. Membeli Koin Hanya Karena Harganya Murah

Ini rumit karena beberapa tidak dapat berinvestasi banyak dalam crypto. Meskipun hal ini cukup dapat dimengerti, terkadang sangat bermanfaat untuk berinvestasi dalam sebagian kecil koin yang memiliki masa depan yang dapat diandalkan. Orang sering membuat kesalahan dengan membeli beberapa koin dengan harga yang lebih rendah, tetapi ini sering kali dapat mengakibatkan uang Anda ditempatkan dalam mata uang yang kurang mapan, dan karena itu kurang menjanjikan (tentu saja, kebalikannya juga mungkin benar). Jadi perhatikan hal ini sebelum Anda memutuskan mata uang mana yang akan diinvestasikan.

Dunia kripto tidak dapat diprediksi

Tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti ke mana mata uang tertentu akan pergi, itulah sebabnya penting untuk memastikan bahwa investasi Anda dipikirkan dengan baik dan dapat diandalkan. Jadi pastikan untuk menghindari jebakan ini saat memutuskan di mana harus meletakkan uang Anda.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News