4 Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, mengecek tagihan listrik PLN juga dapat dilakukan secara online. Cara cek tagihan listrik lewat HP tanpa aplikasi ini bisa dilakukan melalui situs resmi PLN dan juga melalui SMS. Ada lagi cara yang umum untuk urusan pengecekan, apalagi kalau bukan dengan fitur atau layanan telepon di HP.


PLN adalah perusahaan listrik negara, yang artinya semua orang pasti membutuhkannya. Listrik menjadi salah satu kebutuhan wajib, di samping kebutuhan makan rumah, dan pakaian tentunya. Tanpa adanya aliran listrik, semua perangkat elektronik di rumah pastinya tidak dapat beroperasi.

Selain rumah, listrik juga digunakan oleh sebagian pelaku usaha, baik pabrik atau skala rumahan. Setiap tahun, kebutuhan akan listrik semakin bertambah. Ini juga yang mengakibatkan biaya listrik semakin meningkat. Belum lagi tarif dasar listrik yang diam-diam selalu naik, penting juga untuk mengetahui berapa pemakaian dalam sebulan.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP tanpa Aplikasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara cek tagihan listrik lewat HP tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Semua cara ini sebenarnya mudah, hanya saja masih banyak yang belum mengetahuinya. Alasannya sederhana, mungkin kurangnya informasi atau tidak sampainya informasi kepada mereka.

1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Melalui Situs PLN

Cara pertama bisa dilakukan dengan langsung mengunjungi situs resmi PLN. Cara ini dikenal dengan cek tagihan PLN online, jadi butuh koneksi internet dalam melakukannya. Tidak ada syarat apapun yang harus disiapkan. Anda harus mengetahui nomor ID atau nomor pelanggan dari tagihan yang ingin diketahui.

  • Buka browser di HP.
  • Kunjungi situs PLN di https://layanan.pln.co.id.
  • Di halaman utama, silahkan klik ‘Masuk’ dan gunakan akun yang pernah didaftarkan. 
  • Jika belum mempunyai akun, silahkan daftar terlebih dahulu dengan klik ‘Daftar Sekarang’.
  • Isikan email, nama lengkap, nomor ponsel, dan kata sandi.
  • Silahkan masuk jika sudah berhasil mendaftar.
  • Di halaman utama, pilih ‘Info Lainnya’.
  • Dari opsi yang muncul, pilih ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Masukkan nomor pelanggan yang ingin di cek tagihan listriknya.
  • Tunggu proses berjalan hingga ditampilkan detail tagihan bulan sebelumnya.
🔥 Trending:  Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Lazada 2022

2. Cek Tagihan Listrik lewat Telepon

Cara cek tagihan listrik lewat HP tanpa aplikasi juga dapat dilakukan melalui layanan telepon. Cara ini lebih praktis karena tidak membutuhkan koneksi internet. Selain itu juga tidak perlu mendaftar terlebih dahulu sehingga lebih cepat. Tetapi anda butuh pulsa untuk pengecekan dengan cara ini, karena dilakukan hotline.

Untuk nomor yang dapat dihubungi adalah 123, langsung saja panggil di melalui layanan HP. apabila sudah terhubung, anda akan diberikan opsi untuk keperluan yang dimaksud. Setelah tersambung dengan operator, siapkan ID pelanggan. Tunggu sebentar sampai di proses, kemudian operator akan memberikan informasi detail mengenai tagihannya.

3. Cek Tagihan PLN via SMS

Melalui SMS juga dapat dilakukan sebagai cara cek tagihan listrik lewat HP tanpa aplikasi. Berbeda dengan cara telepon yang mungkin membutuhkan banyak pulsa untuk tagihan. Dengan SMS, anda hanya butuh pulsa 500 untuk satu kali pengiriman. Adapun caranya tidaklah susah, cukup ikuti langkah berikut!

  • Buka layanan SMS di HP.
  • Ketik format REK <spasi> NO ID Pelanggan pada kolom teks.
  • Contohnya, REK 1111222333444.
  • Kirimkan ke nomor 8123.
  • Tunggu balasan dari operator.

4. Melalui M-Banking

Cara alternatif jika semua cara diatas tidak dapat dilakukan adalah menggunakan M-Banking. Meski cara ini jarang dilakukan, namun penting juga untuk mengetahuinya. Selain digunakan untuk mengecek tagihan, M-Banking juga dapat digunakan untuk membayar tagihan yang tertera sesuai di layar.

Caranya pun sangat mudah, karena ada menu ketika anda membuka aplikasinya. Setelah membuka menu yang dimaksud, anda tinggal memasukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan. Setelah itu tinggal memilih, apakah langsung dibayar saat itu juga atau memilih metode pembayaran lainnya.

🔥 Trending:  3 Cara Download Video di Twitter Tanpa Aplikasi di Android & iOS

Kesimpulan

Kecanggihan teknologi memiliki dampak positif hampir di setiap lini kehidupan. Dulunya anda harus mengunjungi kantor PLN jika ingin mengetahui tagihan listrik. Saat ini, cara cek tagihan listrik lewat HP tanpa aplikasi pun bisa dilakukan. Dari semua cara yang disebutkan, silahkan dipilih yang sesuai dan dianggap paling mudah.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News