3 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP Android

Bagaimana cara cek tagihan listrik PLN online lewat HP? Mudah saja sebenarnya, bahkan anda bisa menggunakan aplikasi atau memanfaatkan fitur bawaan HP seperti SMS dan telepon. Metode apapun yang akan dipakai, tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Namun pada umumnya, menggunakan aplikasi merupakan cara yang paling banyak dilakukan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas semua metode atau cara cek tagihan listrik yang ada, jadi anda bisa memilih mana yang paling efektif nantinya.


Dapat dipastikan bahwa semua rumah memiliki aliran listrik yang diambil dari perusahaan milik negara, atau yang lebih dikenal dengan BUMN. Dipastikan pula bahwa anda menggunakan perusahaan PLN untuk memanfaatkan hal itu. Saat ini ada dua tipe pemasangan listrik yang ditawarkan, yakni pascabayar dan prabayar.

Untuk yang menggunakan layanan prabayar pastinya tidak memerlukan tagihan, karena anda membeli token terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan listrik dari PLN. Lain halnya dengan pascabayar, dimana anda menggunakan beban listrik dalam periode satu bulan, kemudian mendapatkan total tagihan dari penggunaan tersebut. Di sinilah anda bisa mengecek penggunaan sebelum membayarnya.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP

Apa keuntungan dari cek tagihan listrik PLN online lewat HP? Sebenarnya sama saja ketika anda mengecek dari tempat atau metode lain. Fungsi utamanya untuk melihat total tagihan dan anda bisa menyiapkan pembayarannya. Untuk keuntungan yang didapat dengan cara online menggunakan HP, tentunya lebih efektif dan mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dari rumah dalam keadaan apapun, asalkan tau nomor pelanggan yang akan di cek.

🔥 Trending:  Cara Memasukkan Preset Lightroom Android 2022

Sudah sedikit disinggung diatas bahwa anda bisa mengecek tagihan listrik PLN dengan berbagai metode. Kali ini kami mencoba membagikan beberapa yang umum dan paling efektif dilakukan. Tentunya dengan aplikasi lebih mudah lakukan, namun anda perlu menginstal salah satu aplikasi yang menyediakan layanan ini. Cukup banyak aplikasi yang dimaksud, yang paling populer adalah BebasBayar. Selain itu, PLN juga menyediakan aplikasi sendiri yang bisa di download melalui Playstore.

Cara cek tagihan listrik lewat hp android dengan Aplikasi PLN

Sebagai perusahaan yang tidak ada saingannya, PLN juga memberi kemudahan pengecekan tagihan melaui aplikasi. Anda bisa download aplikasi resminya dari Playstore sebagai langkah pertama. Selanjutnya, silahkan ikuti cara berikut!

  • Buka aplikasi PLN Mobile yang tadi sudah di download.
  • Pilih menu ‘Informasi’.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  • Masukkan nomor pelanggan pada kolom yang disediakan.
  • Tekan ‘Cari’ dan tunggu beberapa saat.
  • Lihat pada layar, pastinya ditampilkan detail informasi mengenai tagihan, termasuk total yang harus dibayar.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN online Lewat HP Android dengan Aplikasi BebasBayar

Selain aplikasi resmi dari PLN, anda bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. BebasBayar termasuk salah satu aplikasi multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Selain mengecek tagihan, anda juga bisa membayar tagihan secara online dengan aplikasi ini.

  • Download dan instal aplikasi BebasBayar dari Playstore terlebih dahulu.
  • Buka aplikasinya jika sudah terpasang.
  • Pilih menu ‘Tagihan PLN’.
  • Masukkan nomor pelanggan dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Cek terlebih dahulu detail yang ditampilkan, jika sudah yakin, langsung tekan ‘Bayar’.

Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP dengan Cermati.com

Selain lewat aplikasi, anda bisa cek tagihan listrik PLN online dengan situs terpercaya, yakni Cermati.com.  Situs ini juga menyediakan layanan bayar tagihan seperti halnya BebasBayar. Ada pula aplikasi yang bisa anda dapatkan dari Playstore. Akan tetapi agar lain dari yang lain, kita bahas metode yang menggunakan website saja.

  • Buka situs Cermati.com.
  • Masuk ke opsi atau menu ‘Top Up dan Tagihan’.
  • Pilih ‘Cek Tagihan Listrik’.
  • Masukkan nomor pelanggan yang ingin anda cek tagihannya.
  • Klik ‘Lanjutkan’ dan tunggu proses loading selesai.
  • Lihat pada layar mengenai detail tagihan yang harus anda bayar.
🔥 Trending:  Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia yang Sudah Dibeli 2022

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa digunakan, tentu semuanya cukup mudah dilakukan. Tidak ada trik khusus untuk melakukannya, jadi dipastikan semua bisa cek tagihan listrik PLN online lewat HP seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bahkan anda bisa memilih berbagai metode yang ada dan menggunakan yang paling dianggap mudah.

Credit: Foto oleh Rodolfo Clix dari Pexels

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News