3 Cara Melacak HP Android yang Hilang – Buruan dicoba!

Risiko kehilangan ponsel pintar bisa terjadi kepada siapa saja. Masalahnya, apakah ada cara melacak HP Android yang hilang? Jawaban singkatnya bisa, namun sedikit membutuhkan waktu karena tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa metode yang bisa digunakan, yakni melalui bantuan email, Google maps, atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.


Saat ini, hampir dipastikan bahwa semua orang memiliki perangkat ponsel pintar. Banyak manfaat yang di dapat dari perangkat tersebut. Selain sebagai alat komunikasi online, Android juga bisa digunakan untuk ajang promosi bisnis. Selain itu, sebagian orang menggunakannya untuk bermain game.

Terlepas dari manfaatnya, kehilangan HP tentu menjadi masalah besar bagi siapa saja. Bukan hanya karena harga beli nya yang mahal, namun semua data yang ada di dalamnya bisa jadi lebih mahal. Katakanlah terdapat dokumen penting yang digunakan untuk pekerjaan, atau bisa juga ada kenang-kenangan di dalamnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Icon di Android

Dalam keadaan hidup, cara melacak HP Android yang hilang bisa dikatakan mudah. Anda cukup menelepon nomor yang ada di perangkat tersebut dengan harapan dikembalikan oleh yang menemukan. Namun jika kehilangan HP dikarenakan kecurian, maka dipastikan cara ini tidak bisa dilakukan. Terlebih dalam kebanyakan kasus, perangkat tersebut tentunya dimatikan. Akan tetapi jangan khawatir, berikut beberapa cara untuk melacaknya!

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Email

Salah satu cara melacak HP yang hilang bisa dilakukan dengan bantuan email. Namun ada syaratnya, yaitu email yang digunakan untuk melacak dan email HP Android yang hilang harus sama. Sederhananya, cara melacak HP Android yang hilang ini akan berhasil jika kedua perangkat terhubung. Selain itu, pastikan bahwa ponsel dalam keadaan hidup jika ingin berhasil!

  • Buka browser kemudian kunjungi Gmail.
  • Silahkan masuk dengan akun email HP yang hilang.
  • Di halaman utama, klik ikon titik sembilan yang ada di bagian atas.
  • Perhatikan bagian ‘Temukan Ponsel Anda’ yang ada di bawah, klik ‘mulai’.
  • Pilih nama perangkat atau HP yang hilang.
  • Masukkan password email pada kolom yang disediakan.
  • Klik ‘temukan’.
  • Apabila diarahkan menuju Google maps, silahkan refresh terlebih dahulu agar data baru terbaca.
🔥 Trending:  Cara Bayar Shopee Lewat Gopay 2022

Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Jika cara diatas hanya bisa digunakan ketika HP dalam keadaan hidup, kali ini tidak demikian. Anda bisa mencoba cara melacak HP Android yang hilang dalam keadaan mati ini dengan bantuan Google maps. Tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan kejelian dalam melakukannya!

  • Buka Google maps melalui laptop atau HP lain, namun disarankan menggunakan laptop.
  • Klik ikon segitiga.
  • Pilih ‘tambahkan akun’.
  • Masukkan alamat email dari HP yang hilang, lanjutkan dengan memasukkan password.
  • Tekan ‘saya setuju’ pada opsi yang muncul.
  • Pada menu linimasa, klik ikon segitiga.
  • Tunggu proses loading dan Google maps akan menunjukkan beberapa titik dimana tempat HP tersebut pernah singgah.
  • Silahkan cari titik dimana anda tidak pernah merasa mengunjungi tempat tersebut.
  • Anda bisa juga menggunakan fasilitas kalender supaya lebih akurat.

Baca Juga: Aplikasi GPS Terbaik Android

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Apabila kedua cara diatas masih belum berhasil, anda bisa melakukan cara terakhir yang bisa jadi lebih akurat, yakni menggunakan IMEI. Cara melacak hp android yang hilang dengan IMEI sebenarnya cukup mudah karena anda tidak perlu melakukannya sendirian. Cukup datangi kantor polisi atau provider kartu SIM yang anda gunakan.

Akan tetapi ada syarat utama yang wajib dipenuhi, yakni mengetahui nomor IMEI. Sedikit penjelasan bahwa IMEI merupakan nomor identifikasi setua produk ponsel pintar. Setiap ponsel memiliki nomor yang berbeda dan tidak bisa diubah maupun dihapus. Dengan demikian, informasi yang didapatkan tentu lebih akurat.

Cara melihat nomor IMEI yang pertama adalah dengan menekan *#06# pada perangkat yang digunakan. Secara otomatis IMEI akan muncul tanpa harus menekan tombol call. Cara lain adalah dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih About Phone. Silahkan lihat nomor IMEI yang tertulis pada menu tersebut. Akan tetapi jika HP sudah telanjur hilang dan anda belum sempat mencatatnya, anda bisa menemukannya di kardus ketika membelinya.

🔥 Trending:  Cara Bayar Perpanjangan Pegadaian Lewat ATM 2022

Kesimpulan

Itulah beberapa cara melacak HP Android yang hilang, baik dalam keadaan mati maupun hidup. Apabila ketiga cara tersebut masih belum berhasil, anda harus merelakannya. Dalam beberapa kasus, HP yang hilang memang sulit untuk ditemukan kembali jika faktornya adalah dicuri.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News