Syarat dan Cara Bantuan Rp. 3,55 juta Melalui Prakerja

Apa saja syarat bantuan Rp. 3,55 juta melalui Prakerja? Apakah anda salah satu buruh yang terkena PHK karena pandemi?

Jika iya, sebaiknya anda segera mendaftarkan diri anda. Bantuan dari pemerintah ini merupakan ganti dari BLT subsidi gaji 2021 yang sudah tidak dilanjutkan.

Namun sebagai gantinya, pekerja terdampak dapat mendaftar Kartu Prakerja untuk mendapatkan sebesar Rp. 3,55 juta. Hal ini melalui syarat dibawah ini.

Baca juga: Cara Pendaftaran Bansos 2021

Inilah Syarat Bantuan Rp. 3,55 Juta Melalui Prakerja

Program pelatihan yang diadakan oleh pemerintah ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian selama masa pandemi. Namun setelah menyelesaikan pelatihan, anggota yang terdaftar akan mendapatkan intensif total sebesar Rp. 3,55 juta.

WNI (Warga Negara Indonesia) berusia di atas 18 tahun, seseorang yang sedang tidak menempuh pendidikan formal, para pencari kerja atau  lulusan baru, para buruh yang membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan keahlian pada bidangnya, korban PHK dari sebuah perusahaan atau tempat kerja sebelumnya, kalangan pekerja yang terdampak  Covid-19 akan bisa mengikuti Kartu Prakerja ini, pelaku wirausaha terdampak, prioritas bagi yang belum pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Baca juga: Bansos Anak PIP Untuk SD-SMA Dibuka Langsung Cair

Rincian Dana Prakerja

Rincian dari Rp,3,55 juta ini meliputi Rp. 1 juta sebagai biaya pelatihan. Rp. 600 ribu untuk intensif per bulan yang akan cair 4 kali/4 bulan. Dengan biaya survei Rp. 150 ribu untuk menutup akhir dari Kartu Prakerja.

Mendaftar bantuan ini cukup mudah hanya melalui daring atau online. Segala hal melalui smartphone akan lebih mudah untuk anda jangkau.

Baca juga: Cara Daftar Bantuan UMKM 2,4 Juta

Tidak Mengeluarkan Uang Pribadi

Jangan tertipu, bantuan pemerintah ini tidak membuat anda mengeluarkan uang sedikitpun. Apabila  anda melewati suatu oknum yang mengharuskan anda keluar uang, berarti anda telah tertipu.

Ketika mendaftar Kartu Prakerja, anda hanya membutuhkan KTP sebagai identitas asli anda. Lalu dengan menyertakan KK atau Kartu Keluarga.

Mengikuti seleksi mengerjakan soal akan membuat anda dinyatakan layak mengikuti program ini. Jika sudah, anda akan otomatis terdaftar sebagai anggota Prakerja.

Tinggal mengikuti pelatihan hingga selesai dan mendapatkan sertifikat dari lembaga pelatihan. Intensif anda pun akan cair. Syarat bantuan Rp. 3,55 juta cukup mudah anda coba bukan?