Bansos Risma

Cara Pendaftaran Bansos 2021, Dapatkan Bantuan Untuk Ketiga Kalinya

Cara pendaftaran bansos 2021 yang ketiganya bisa anda akses di kemensos.go.id. Bantuan tersebut merupakan bantuan yang ketiga kalinya dari tujuh bantuan sosial 2021 yang telah pemerintah salurkan dan menjadi tanggung jawabnya pihak Kementerian Sosial atau Kemensos.

4 Bansos ini menjadi kewenangan Kemensos ialah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) atau program sembako, serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos lainnya yaitu Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, intensif tenaga kesehatan, dan juga Bantuan Modal Kerja UMKM.

BPNT yang disalurkan pada tiap bulannya sebesar Rp 200.000, untuk PKH pencairannya dalam tiga bulan sekali, sedangkan untuk BST sebesar Rp 300.00 per bulannya Januari sampai dengan April 2021 melalui PT Pos Indonesia.

Bagi anda merasa berhak untuk menerima bansos serta memenuhi persyaratan yang bisa dilihat dalam laman kemensos.go.id, anda bisa segera melakukan pendaftaran.

Untuk anda menjadi penerima bansos harus terdaftar pada RT dan juga RW seta terkena dampak pandemi COVID-19 untuk yang akan menerima BST sebesar Rp 300.000.

Cara Pendaftaran Bansos 2021 PKH

Cara Pendaftaran Bansos 2021, Dapatkan Bantuan Untuk Ketiga Kalinya

Pertama, daftarkan diri anda ke desa atau kelurahan dengan membawa KTP dan juga KK. Selanjutnya, pendaftaran akan dibahas dalam musyawarah pada tingkat desa atau kelurahan untuk tentukan kelayakan masuk DTKS yang berdasarkan identifikasi awal dan usulan baru.

Prelist akan digunakan dinas sosial untuk memverifikasi dan juga validasi data sesuai syarat dalam DTKS melalui kunjungan rumah tangga.

Data yang sudah diverifikasi dan juga divalidasi diinput dalam sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS) secara offline dan online.

Dari hasil verifikasi serta validasi akan dilaporkan pada bupati ataupun wali kota, yang akan disampaikan serta disahkan gubernur. Lalu juga diteruskan kepada menteri.

Apabila anda menemukan berbagai kendala atau masalah, sehingga anda bisa mengatakan hal tersebut. Dengan cara, anda dapat menghubungi email bansoscovid19@kemensos.go.id.

Bukan hanya itu saja, anda juga bisa menghubungi via layanan WhatsApp dengan mengirimkan pesan ke 0811-1022-210. Dengan format: Nama Lengkap spasi Nomor KTP spasi Alamat Lengkap spasi Aduan. Kini anda sudah mengetahui cara pendaftaran bansos 2021 online secara jelas.