BLT Subsidi Gaji Akan Turun Bulan ini, Simak Syaratnya!

Kabarnya BLT subsidi gaji bagi para pekerja akan diperpanjang sampai akhir tahun 2021. Hal ini tentu sangat menguntungkan mereka yang kesulitan dalam perekonomian. Mengingat wabah virus corona semakin meningkat di Indonesia.


Tahun lalu, mereka para pekerja yang memiliki gaji dibawah lima juta mendapatkan subsidi sebesar 1,2 juta. Sama halnya di tahun ini, BLT tersebut juga segera cair. Hal ini merupakan peran pemerintah dalam meringankan beban mereka Dengan Cara dan Syarat :

Dana subsidi gaji termin II tahap 4 kepada bank penyalur (2/02/2021)

  1. Merupakan WNI, untuk menunjukkan bukti bahwa anda adalah warga Indonesia asli maka bisa menyebutkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  2. Anda telah terdaftar sebagai peserta khususnya pada jaminan sosial untuk tenaga kerja. Hal ini dibuktikan dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan beserta nomornya.
  3. Peserta bersedia dan rutin membayar iuran berdasarkan total gaji dibawah 5 juta yang dilaporkan pada BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Merupakan seorang pekerja atau buruh penerima upah.
  5. Memiliki rekening bank yang masih aktif.
  6. Bukan merupakan peserta yang menerima manfaat program kartu prakerja.
  7. Merupakan seorang karyawan BUMN dan PNS.

Setelah mengetahui persyaratan untuk mendapatkan BLT Subsidi Gaji, berikut adalah cara melakukan pendaftarannya:

  1. Membuka website resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan kemnaker.go.id.
  2. Tekan icon daftar pada pojok kanan atas website.
  3. Lalu, klik daftar sekarang pada bagian bawah kolom. Hal ini bisa dilakukan bagi yang belum memiliki akun.
  4. Mengisi data diri seperti NIK, nama orang tua, nomor HP, Email, dan password.
  5. Setelah pengisian selesai, klik daftar sekarang untuk menerima kode OTP via SMS. Sehingga pastikan bahwa nomor tersebut masih aktif.

Bantuan ini tak lain untuk memulihkan perekonomian masyarakat yang hangus karena covid-19. Bendahara negara sangat berharap bahwa PEN ini bisa mensejahterakan rakyat. Sehingga mereka tidak kesusahan saat masa pandemi seperti ini.

BLT Subsidi Gaji Diperpanjang Hingga 2021

Baca JugaBLT KPM PKH Sebesar 3,5 Juta

🔥 Trending:  Lulung Mendesak Agar Ahok Disanksi karena Diduga Melanggar Prokes Pesta

Ida Fauziyah mengungkapkan perpanjangan BLT bagi karyawan swasta yang memiliki gaji dibawah 5 juta. Rencana pencairan BLT ini diungkapkan oleh menteri ketenagakerjaan pada akhir tahun 2020. Terlebih bantuan ini harus tetap disalurkan pada pekerja yang rekeningnya mengalami masalah.

Untuk melakukan pengecekan bantuan ini para pekerja bisa melihat pada situs Kemnaker. Tetapi update daftar penerima baru akan diumumkan menjelang proses transfer ke rekening masing-masing.

Tentu saja ini menjadi sebuah kabar gembira. Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa tambahan anggaran ini digunakan untuk membantu masyarakat yang sampai saat ini masih terdampak Covid-19.

Maka dari itu, terkait adanya subsidi gaji ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan bagian Kementerian Ketenagakerjaan. Koordinasi tersebut dalam rangka memperpanjang BLT karyawan ini hingga akhir 2021.

Pasalnya BLT ini termasuk ke dalam Program Pemulihan Ekonomi nasional atau yang disingkat PEN. Dalam program ini ada 6 fokus bidang. Diantaranya adalah bidang kesehatan yang memiliki anggaran sebesar 97,26 triliun.

Anggaran sektoral K/L dan Pemda sebesar 65,97 triliun. Perlindungan sosial 234,33 triliun, Pembiayaan Korporasi 62,22 triliun. Anggaran UMKM 114,81 triliun dan anggaran untuk insentif usaha sebesar 120,6 triliun.

Berdasarkan informasi yang ada Kemnaker akan memastikan segala verifikasi calon penerima pada awal tahun 2021 ini. Berikut adalah syarat bagi para pekerja agar bisa mendapatkan BLT tersebut:

Aktivasi dan Cek Nama

Memasuki tahapan berikutnya adalah aktivasi. Berikut adalah caranya yang sangat mudah:

  1. Masuk kembali pada website resmi Kementerian ketenagakerjaan kemnaker.go.id.
  2. Tekan icon “masuk” yang berada pada pojok kanan atas.
  3. Lakukan pengisian formulir secara lengkap.
  4. Akan muncul pada dashboard sebuah pemberitahuan mengenai daftar penerima BLT subsidi gaji atau tidak.
🔥 Trending:  Gunung Semeru Meletus Dan Mengeluarkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Jika ada karyawan atau pekerja yang merasa sudah memenuhi syarat dengan lengkap tetapi tidak terdaftar bisa langsung lapor ke manajemen perusahaan. Sehingga bisa diproses lebih lanjut oleh mereka dan BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah beberapa informasi mengenai BLT subsidi gaji pada tahun 2021 ini. Pastikan nama anda terdaftar dan sudah memenuhi segala persyaratan yang ada. Segala kendala bisa anda laporkan dan pelajari jika sudah mendapatkan respon.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *