Kabar Baik !! BLT UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Bisa Di Cairkan , Simak Cara Mencairkan dan Syaratnya e-Form BRI ..

Kabar Baik !! BLT UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Bisa Di Cairkan , Simak Cara Mencairkan dan Syaratnya e-Form BRI

Anda tentu sudah tahu situs eform.bri.co.id/bpum bukan? ini merupakan salah satu situs yang bisa digunakan oleh nasabah BRI untuk mengecek nama penerima BLT UMKM Rp2,4 juta.

Untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terpuruk karena pandemi covid 19. Maka pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan memberikan berbagai macam program Bansos untuk masyarakat. Bulan Januari 2021 ini ada berbagai macam bantuan yang cair kembali salah satunya yaitu tahap kedua Banpres produktif BLT UMKM Rp2,4 juta. Banpres Produktif  ini dilakukan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM.

Bagi anda yang ingin mengetahui apakah anda termasuk ke dalam daftar penerima Banpres tersebut, anda bisa dengan mudah mengeceknya dari Hp. Caranya mudah, hanya dengan memasukkan nomor KTP saja.

Bantuan Pemerintah Rp2,4 juta yang sering disebut dengan BPUM ini diberikan sebagai salah satu modal usaha untuk pelaku usaha kecil atau UMKM. Pemilik bengkel, pemilik warung, pedagang kaki lima maupun pengusaha kecil lainnya bisa memperoleh kesempatan untuk menerima bantuan yang disebut sebagai bantuan presiden ini.

Bila anda penasaran ingin mengetahui apakah nama anda masuk dalam daftar penerima bantuan atau tidak, untuk nasabah BRI anda bisa klik eform.bri.co.id/bpum.

Setelah itu anda tinggal memasukkan nomor KTP. Selain itu, anda juga harus mengecek syarat penerima BLT UMKM juga. Tidak semuanya bisa lolos seleksi dan memperoleh BLT UMKM.

Jika anda mendapatkan BPUM, maka anda akan mendapatkan informasi lewat SMS atau pesan singkat oleh bank penyalur. Soal pencairannya penerima BPUM haruslah melakukan verifikasi ke bank penyalur terlebih dahulu. Khususnya penyalur yang sudah ditentukan supaya bisa segera dicairkan.

Adapun berbagai macam dokumen yang harus disertakan sebagai syarat untuk pencairan seperti identitas diri dan buku tabungan.

Lantas Bagaimana Bila NIK KTP Tidak Terdaftar di e form BRI?

Ketika mengecek di laman eform.bri.co.id/bpum dan NIK KTP anda tidak terdaftar. Ternyata ada yang tetap bisa cair. menerima BLT UMKM Rp2,4 juta ini. Seperti apa tandanya? Simak info selengkapnya berikut ini.

Di dalam proses penyaluran bantuan ini terkadang terdapat kendala yang ditemui. Termasuk saat NIK dan KTP tidak muncul atau tidak terdaftar pada e form BRI.

Jika nomor e-KTP anda tidak terdaftar dalam e form BRI, anda tak perlu khawatir. Kemungkinan BLT UMKM Rp2,4 juta ini tidak disalurkan melalui BRI. Bisa jadi via bank penyalur lain yang sudah ditetapkan.

Dalam hal ini BLT UMKM RP2,4 juta disalurkan pemerintah lewat 3 bank penyalur yang sudah ditunjuk. Penyaluran bbm sendiri biasanya melalui bank pemerintah seperti BRI, Bank Syariah Mandiri dan BNI.

Syarat dan Kriteria Penerima BPUM

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila anda ingin memperoleh BPUM. Diantaranya adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki usaha mikro. Namun bukan anggota Polri, TNI, ASN serta pegawai BUMN atau BUMD. Di samping itu, hanya usaha mikro saja yang bisa memperoleh bantuan BLT UMKM sebesar 2,4 juta sekali cair.

Selain mengeceknya di eform.bri.co.id/bpum, di berikut ini adalah beberapa kriteria yang termasuk dalam golongan usaha mikro berdasarkan dari UU nomor 20 tahun 2008.

  • Mempunyai kekayaan bersih paling banyak 50 juta. Ini tidak termasuk bangunan tempat usaha dan tanah.
  • Mempunyai hasil penjualan tahunan dengan nilai paling banyak 300 juta.
  • Selama syarat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak boleh mendapat BPUM.