Cek BLT KPM PKH Sebesar 3,5 Juta dengan Modal KTP

Cek BLT KPM PKH Sebesar 3,5 Juta dengan Modal KTP

TerasKaltim – BLT KPM PKH kabarnya akan segera cair antara bulan Januari hingga April 2021. BLT ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan. Tentu saja yang sudah mengalami graduasi dan lolos seleksi.

Tujuan dari penyaluran bantuan ini agar keluarga yang terdampak Covid-19 mampu memberikan rintisan usaha. Sehingga ekonomi akan terbantu dan bisa berkembang. Nantinya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian rumah tangganya. Masyarakat bisa memperoleh Jenis Jenis bantuan yaitu

Bila anda merupakan anggota penerima BLT, maka akan mendapatkan info langsung dari pendamping PKH. Prosedur pencairan dana ini akan langsung mendapatkan pendampingan. Pendamping PKH yang berkompeten akan memberikan panduan dan tata cara secara detail.

Biasanya, penerima yang sudah memiliki rekening KPM, maka akan disalurkan secara langsung. Tentu saja melalui bank anggota Himbara. Sedangkan bagi yang belum memiliki rekening akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan tersebut. Tetapi ada beberapa syarat yang harus dilengkapi. Jika tidak memenuhi kriteria, bisa jadi tidak lolos.

Adapun syarat penerima BLT KPM PKH sebagai berikut:

  1. Merupakan warga Kurang Mampu atau rentan miskin.
  2. Masuk dalam kategori anggota KPM PKH yang telah digraduasi.
  3. Memiliki usaha baik kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian, dan peternakan.

Perlu diketahui dalam pendaftaran bantuan ini hanya bisa dilakukan secara offline. Tidak ada prosedur yang bisa melayani pendaftaran bantuan tersebut secara online. Sebab masih akan ada proses seleksi hingga bantuan bisa cair.

Cara Cek Daftar Penerima

Mungkin bagi anda yang masih belum paham mengenai bantuan ini bisa langsung melakukan pengecekan data diri. Sehingga anda bisa tahu apakah nama tersedia atau tidak. Jika iya, bisa langsung menghubungi pendamping PKH dan meminta untuk pendampingan.

Berikut adalah cara cek melalui online:

  1. Buka website resmi dtks.kemensos.go.id
  2. Anda bisa memilih ID Kepesertaan yang diinginkan.
  3. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang anda miliki. Dalam hal ini, jika menginginkan NIK, maka anda harus memasukkan nomor NIK.
  4. Masukkan nama anda sesuai yang tertera pada ID.
  5. Lalu masukkan kode yang ada pada kotak captcha.
  6. Klik Cari dan tunggu sampai hasilnya keluar.
  7. Pastikan semua jaringan internet anda lancar.

Cara Mendaftar BLT, KPM & PKH

BLT KPM PKH ini bisa langsung didapatkan oleh masyarakat tanpa perlu pendaftaran khusus. Tetapi, terdapat syarat bahwa peserta sudah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika belum terdaftar, maka bisa mendaftarkan diri sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara offline dengan melapor kepada aparat desa atau kelurahan. Tujuannya agar dimasukkan pada data dan diverifikasi ulang.
  • Masyarakat yang tidak mempunyai KTP atau NIK bisa mendaftar dengan membuatnya terlebih dulu.
  • Merupakan masyarakat terdampak Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian.
  • Dipastikan bahwa anda bukan penerima bansos lainnya. Misalnya, bantuan non PKH, BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, Kartu Pra Kerja, dan lain sebagainya.
  • Pastikan bahwa diri anda bukanlah anggota Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri.

Jika data sudah terdaftar ke DTKS, maka Kemensos akan melakukan penyaringan dan validasi. Peserta yang lolos akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,5 juta. Selain itu, juga akan mendapatkan pendamping untuk merintis sebuah usaha.

Penggunaan Dana

Mengingat kebutuhan yang semakin mendesak karena adanya wabah virus Corona, pemerintah harus melakukan berbagai tindakan. Terlebih untuk memakmurkan kehidupan rakyatnya agar sejahtera. Salah satunya adalah dengan pemberian modal usaha.

Dana dari BLT KPM PKH ini sebaiknya digunakan untuk meneruskan usaha yang sudah dimiliki. Mengingat ini adalah modal tambahan untuk anda agar bisa berkembang selama masa pandemi. Sehingga anda bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa penerima bantuan ini akan mendapatkan pendampingan. Tentu saja akan ada pertemuan untuk membahas rancangan usaha yang akan dirintis. Segala bentuk pemanfaatan dana bantuan akan diorganisir dengan baik.

Hal tersebut tak lain untuk memberikan tabungan kepada mereka yang menerima bantuan ini. Harapannya setelah wabah ini usai memiliki usaha yang sudah berkembang. Atau paling tidak bisa terus berjalan secara konstan.

Manfaatkan dana BLT KPM PKH dengan bijak. Pastikan usaha benar-benar berjalan dengan lancar dan bisa berkembang sekarang melalui PROGRAM ini