Cara Membuat Password di Laptop dengan Mudah

Cara Membuat Password di Laptop dengan Mudah (1)

Cara Membuat Password di Laptop, TerasKaltim.com – Mengetahui cara membuat password di laptop perlu dilakukan, bila Anda tahu caranya Anda dapat membuat password tersebut dan mengamankan data-data pada laptop Anda dari hal-hal yang tak diinginkan. Apalagi kalau komputer Anda menyimpan data yang sangat penting. Maka pengamanan pada laptop Anda tentu diperlukan, salah satunya membuat password di laptop.

Bagi Anda yang mempunyai anak tentu perlu memberikan batasan waktu dalam penggunaan laptopnya, agar anak tak selalu mengakses internet melalui komputer, Anda dapat membuat kata sandi. Dengan demikian anak tak akan selalu bergantung pada gadget dan lainnya. Tetapi mungkin ada beberapa yang tidak memasang password karena tak tahu bagaimana memasang kata sandi di laptop.

Cara Membuat Password di Laptop, Tepat dan Mudah

Berikut ini cara termudah yang dapat Anda adaptasikan untuk membuat kata sandi di laptop pada Windows 7,8, dan Windows 10.


√1. Metode Membuat Password di Laptop untuk Windows 7

Bila Anda memiliki laptop yang memanfaatkan sistem operasi Windows, sangatlah mudah untuk membuat kata kunci. Tetapi kebanyakan pengguna Windows kebingungan menemukan menu supaya bisa membuat password. Padahal tiap Windows mempunyai tampilan menu tersendiri jadi cara membuat password di laptop pun berbeda tiap versinya.

Pada metode ini akan membahas tahapan dalam pembuatan kata sandi untuk Windows 7, bagi Anda yang memiliki Windows 7 di laptop atau PC bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Enter atau klik start

klik start di sini adalah menekan tombol logo Windows di pojok kiri bawah layar atau bagian kiri bawah papan ketik.

  1. Setelah masuk Anda klik kanan pada menu Computer
  2. Di situ Anda pilih Manage
  3. Lalu klik Folder User.
Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Dengan Tepat dan Mudah

Temukan Folder User ini dengan mengklik ikon Expand di Local Users and Groups.

  1. Di sana Anda pilih user yang akan ditambahkan password

Jika Anda sudah memilih user yang diberikan password, berikutnya klik kanan di nama pengguna tersebut kemudian klik Set Password.

  1. Pilih Proceed

Ketika Anda klik Set Password, tak lama akan muncul sebuah konfirmasi, di sana Anda klik Proceed.

  1. Masukkan kata sandi

Tahap berikutnya, masukkan kata kunci yang akan dipakai dalam kolom New Password. Ketik ulang kata kunci yang telah diketik sebelumnya di confirm password.

  1. Terakhir pilih Ok

Setelah Anda memasukkan password dan klik Ok, akan muncul dialog yang memberitahukan kalau password telah berhasil. Kemudian Anda pilih Ok.

Sesudah Anda klik Ok berarti rampung semua proses pembuatan kata sandi, dengan demikian Anda harus memasukkan kata sandi bila menyalakan PC atau laptop Anda.


√2. Cara Membuat Password di Laptop atau PC untuk Windows 8

Apabila di laptop Anda tidak memakai Windows 7 melainkan Windows 8, tak perlu khawatir Anda pun dapat mengaplikasikan pembuatan kata sandi dengan menggunakan metode yang akan diurai di bawah ini. Simak penjelasan pembuatannya tahap demi tahap agar Anda tak salah langkah.

– Pertama Anda masuk ke menu pengaturan atau settings

Pada Windows 8 menu setting Anda temukan dengan memunculkan sidebar, untuk itu arahkan kursor ke bagian bawah atau pojok kanan atas. Setelah muncul pilih pengaturan atau settings.

– Kemudian klik Change PC Settings

Di menu settings, pada bagian bawah Anda pilih menu Change PC Settings.

Baca Juga: Cara Melihat Tipe Laptop Untuk Semua Merek

– Memilih Accounts

Apabila Anda telah berada di menu PC Settings, pilihlah Accounts.

– Kemudian klik Sign-in Options

Sesudah di menu Accounts, lanjut klik Sign-in Options.

– Setelah itu klik Add

Tahap selanjutnya yakni memilih Add pada pilihan Password.

– Membuat Kata sandi

> Pada langkah ini Anda akan membuat kata kunci yang digunakan pada saat Anda Sign in di laptop nanti. Pembuatan password ini baiknya Anda mengkombinasikan huruf kapital, huruf kecil, angka, simbol. Sehingga tak mudah dibuka orang lain. Pada kolom kedua masukkan kembali kata sandi, sememntara kolom ketiga ketik clue untuk berjaga-jaga kalau nanti Anda melupakan kata sandi tersebut.

> Klik next pada bagian bawah jika sudah selesai.

– Terakhir klik Finish

Pilih tombol Finish untuk mengaktifkan password yang Anda buat tadi.

Selesai. Setelah ini jika Anda menghidupkan laptop Anda harus ketik password tersebut.


√3. Metode Pembuatan Password di Laptop untuk Windows 10

Cara membuat password di laptop di Windows 10 ini hampir sama dengan metode dalam pembuatan kata sandi di Windows 8. Tetapi hanya awalannya saja yang berbeda, lagipula tak sedikit pengguna Windows 10 yang kesulitan menemukan menu Accounts. Maka dari itu, ikuti tahapannya di bawah ini.

  1. Pilih atau klik start

Sama halnya Windows 7, tombol yang dimaksud adalah ikon Windows dilayar yang berada di bawah pojok kiri.

  1. Setelahnya klik settings atau pengaturan

Selanjutnya Anda pilih ikon settings sesudah masuk di menu Windows.

  1. Memilih menu Accounts

Sesudah masuk ke menu pengaturan atau settings, berikutnya yang dipilih yaitu menu Accounts.

Pada tahap keempat sampai selesai, Anda bisa ikuti tahapan pada pembuatan password Windows 8 yang dijabarkan secara lengkap di atas. Dan proses pembuatan kata kunci pun selesai, Anda dapat memakai passwordnya saat masuk atau login ketika laptop dinyalakan.


Demi menjaga privasi data-data yang ada dalam laptop pribadi Anda, pemasangan kata sandi di laptop tentu penting dibuat. Apabila Anda masih awam mengenai cara membuat password di laptop Anda bisa mengikuti langkah di atas sesuai Windows yang digunakan pada PC ataupun laptop Anda.

Topik Terkait: Computers, Laptop

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *