3 Cara Scan di Printer Epson, Mudah dan Sederhana
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82

3 Cara Scan di Printer Epson, Mudah dan Sederhana

Kebutuhan dokumen baik dokumen dalam bentuk print out maupun virtual, terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh tuntutan tugas yang harus dikerjakan. Sehingga Anda harus pandai dalam menyiasati cara untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan mudah dan cepat. Salah satunya tentu dengan mempelajari cara scan di printer epson.

Cara scan di printer sangat efektif untuk mengatasi pengumpulan tugas dalam bentuk virtual. Pastinya bila referensi tugas tersebut dalam bentuk cetak. Jadi Anda tak perlu repot-repot untuk mengetik ulang.

Kendati cara ini cenderung sangat mudah dan sederhana, namun tak banyak orang yang mengerti cara scan di printer. Padahal Anda hanya membutuhkan beberapa alat bantu sederhana. Alat-alat yang kemungkinan besar telah Anda miliki. Lalu bagaimana cara paling mudah untuk scan dokumen? Apakah alat-alat yang dibutuhkan ada di sekitar Anda? Untuk mengetahui jawabannya,  mari simak beberapa penjelasan berikut ini.

Cara Scan di Printer Epson:


√A. Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer dan Laptop/PC

Selain mesin scanner, kini kamu bisa menggunakan printer untuk scan dokumen. Bagaimana caranya? Untuk scan dokumen menggunakan printer, kamu bisa menerapkan langkah-langkah dari cara scan di printer epson yang terdiri dari :

  1. Hubungkan Printer ke Laptop atau Komputer

Langkah pertama sebelum melakukan proses scanning tentu kamu harus menghubungkan printer ke laptop atau komputer. Bila laptop, komputer dan printer sudah memiliki wifi kamu bisa menghubungkannya melalui wifi. Bila belum, kamu tentu membutuhkan kabel konektor yang sesuai.

Baca Juga: Cara Scan di Printer HP Mudah dan Cepat
  1. Nyalakan Kedua Perangkat

Sebelum proses scanning berlangsung, kamu juga harus memastikan kedua perangkat telah dinyalakan. Namun, jangan langsung melakukan scanning ketika perangkat baru dinyalakan. Tunggu dulu sampai perangkat stabil.

  1. Siapkan Dokumen yang Ingin di Scan

Kamu bisa melakukan scan pada dokumen apapun. Oleh karenanya sembari menunggu perangkat siap, maka alangkah baiknya kamu juga menyiapkan dokumen-dokumen yang akan di scan. Entah itu kalender, buku, komik, kerta ataupun dokumen-dokumen penting lain yang harus di scan.

  1. Pastikan Pengaturan Dokumen

Aturlah pengaturan dokumen yang akan di scan sesuai dengan kebutuhan. Bila pengaturan dokumen sudah kamu pastikan, kamu bisa memulai proses scanning.

  1. File Siap Digunakan

Setelah proses scan berhasil maka dokumen akan tersimpan sesuai format yang telah dipilih. Kamu pun bisa dengan mudah menyunting dokumen tersebut.


√B. Cara Mengatur Scan Dokumen Menggunakan Laptop atau Komputer

Seperti halnya yang telah disinggung sebelumnya, salah satu alat yang diperlukan dalam proses scanning adalah laptop atau komputer. Sehingga umumnya untuk mengatur jenis dokumen virtual kamu hanya perlu mengaturnya di pengaturan yang ada pada laptop ataupun komputer. Dimana dokumen virtual yang dimaksud merupakan hasil dari proses scanning.

Cara untuk mengatur dokumen  di laptop atau komputer juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menerapkan beberapa langkah sederhana. Langkah-langkah tersebut, terdiri dari :

  1. Nyalakan Laptop

Sebelum melakukan proses pengaturan dokumen dan scanning maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan laptop dan printer untuk mengaktifkan mesin scanner.

  1. Letakkan Dokumen yang Akan di Scan

Buka penutup mesin scanner dan letakkan dokumen yang akan di scan. Selanjutnya tutup kembali penutup mesin.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Tepat
  1. Buka Menu Epson Scan Pada Laptop atau Komputer

Bukalah menu epson scan yang ada terpasang pada laptop atau komputer. Klik dua kali untuk membuka menu. Kemudian ubah menu ke menu profesional.

  1. Atur Dokumen

Setelah diubah ke menu profesional, maka kamu bisa mengatur dokumen menuju ke PNG atau PDF sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Lakukan Proses Scanning

Ketika semua sudah sesuai dengan kebutuhan, maka lakukan proses scanning. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Selanjutnya hasil scan pun dapat dilihat dan diedit.


√C. Cara Mengatur Scan Dokumen Menggunakan Printer

Kendati mengatur dokumen yang akan di scan umumnya menggunakan komputer atau laptop, namun jangan salah. Cara mengatur dokumen untuk scan juga bisa dilakukan tanpa menggunakan laptop maupun komputer. Sebab dengan printer epson, kamu juga bisa melakukan pengaturan dokumen.

Akan tetapi, bagaimana cara mengatur dokumen yang akan di scan menggunakan printer? Bukankah itu sesuatu yang sedikit sulit? Sebenarnya cara mengatur dokumen yang akan di scan melalui printer sangat mudah. Khususnya bila kamu menggunakan printer epson. Sebab kamu hanya perlu mengaplikasikan beberapa langkah yang meliputi :

  1. Nyalakan Printer

Untuk mengatur scan dokumen, tentu hal yang harus kamu lakukan pertama adalah menyalakan printer dengan menekan tombol power.

  1. Letakkan Dokumen Pada Printer

Selanjutnya tunggu sampai printer menyala sempurna ( stabil ). Kemudian buka penutup mesin scan pada printer. Letakkan dokumen pada mesin printer. Kemudian kembalikan penutup.

  1. Tekan Tombol Untuk Mengatur Dokumen Pada Printer

Tekan tombol yang berbentuk kertas biru dan putih secara bersamaan untuk mengatur dokumen supaya bisa mendapatkan hasil scanning yang rapi dan baik, serta sebagai tombol perintah agar bisa melakukan proses scanning secara otomatis.

  1. Tunggu Proses Scan Selesai

Tunggu beberapa saat sampai proses scanning selesai. Setelah proses selesai, biasanya secara otomatis hasil scanning akan langsung berbentuk PDF. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih mudah untuk di edit.


Demikianlah beberapa cara untuk scan dokumen mudah. Bahkan beberapa peralatan sudah Anda miliki. Sehingga Anda bisa mempraktikkan salah satu cara scan di atas.

Bagaimana menurut Anda? Scan dokumen bukanlah sesuatu yang sulit kan? Terutama ada banyak cara yang bisa Anda pilih dan aplikasikan untuk scan dokumen.

Sekian informasi singkat mengenai beberapa cara scan dokumen dengan mudah dan sederhana. Semoga informasi ini dapat membantu. Khususnya bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai cara scan di printer epson yang mudah dan sederhana.

Topik Terkait: Computers

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara menggunakan scanner epsonscan dokumen epson