7 Aplikasi Penghitung Langkah Kaki Terbaik 2022

Rekomendasi aplikasi penghitung langkah kaki terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi untuk terus bergerak baik di Android maupun iOS.


Jalan kaki sangat bagus untuk kesehatan Anda, dan ketika Anda menggunakan pedometer untuk menghitung langkah kaki, itu juga bisa menyenangkan dan tentunya memotivasi.

Namun jika Anda tidak memiliki fitness tracker atau jam tangan pintar khusus, jangan khawatir — kami telah menemukan tujuh aplikasi penghitung langkah kaki terbaik yang dapat Anda gunakan di ponsel cerdas Anda.

Semua aplikasi ini mudah digunakan dan tidak mengharuskan Anda memiliki perangkat terpisah untuk berfungsi, meskipun beberapa di antaranya kompatibel dengan fitness tracker dan aplikasi kebugaran lainnya.

Aplikasi penghitung langkah ini mudah digunakan dan ditujukan untuk siapa saja yang ingin berolahraga, bukan hanya atlet yang serius. Jadi mari selami dan lihat masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Penghitung Weton Akurat

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Penghitung Langkah?

Sederhananya, aplikasi ini mengandalkan sensor pendeteksi gerakan dan GPS ponsel cerdas Anda. Dengan bantuan mereka, aplikasi dapat merekam jumlah langkah yang Anda ambil. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu membawa ponsel – baik di tangan, di saku, atau di ransel – agar langkah Anda dapat direkam.

Apa yang Harus Diperhatikan di Aplikasi Penghitung Langkah

Intinya, semua aplikasi pedometer bertujuan untuk melakukan hal yang sama: menghitung langkah Anda setiap hari. Tidak semua aplikasi penghitung langkah dibuat sama, namun, ingatlah faktor-faktor penting ini sebelum memilih aplikasi penghitung langkah kaki:

  • Mudah digunakan: Aplikasi ini dimaksudkan untuk menjadi intuitif dan mudah digunakan sehingga Anda dapat melacak langkah Anda dengan mudah. Aplikasi penghitung langkah yang baik juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sensitivitas penghitung langkah berdasarkan langkah individual Anda. Kami lebih suka aplikasi yang tidak memiliki iklan (atau setidaknya membatasinya pada iklan kecil, tidak berulang, tidak tumpang tindih) yang memberi Anda banyak fitur penting untuk dinikmati tanpa mengharuskan Anda membayar biaya atau biaya berlangganan untuk mengaksesnya.
  • Riwayat data: Melacak langkah harian Anda adalah satu hal, tetapi jika terkadang Anda ingin melihat ke belakang dan melihat kemajuan masa lalu Anda, pastikan Anda memilih aplikasi yang menyimpan semua metrik terlacak, dari langkah harian Anda hingga hal-hal seperti kalori yang terbakar.
  • Biaya: Ada banyak opsi gratis di luar sana, dan kami tidak akan merekomendasikan membayar untuk salah satu aplikasi ini kecuali Anda juga ingin mengakses artileri fitur lain yang cenderung terintegrasi ke dalam aplikasi kebugaran yang lebih besar. Beberapa aplikasi juga mengunci fitur untuk biaya di muka atau langganan bulanan yang mahal, jadi pastikan untuk memeriksa detail yang lebih baik sebelum Anda memulai.
  • Komunitas: Salah satu hal terbaik tentang berjalan (atau segala bentuk olahraga) adalah Anda dapat menikmatinya secara sosial. Dengan demikian, aplikasi yang Anda pilih harus memudahkan untuk terhubung dengan pengguna lain – baik itu melalui tantangan dan acara grup, forum, atau kemampuan untuk menambah dan mengikuti teman. Aspek sosial dari aplikasi kebugaran apa pun sering kali menjadi kunci untuk tetap termotivasi dan bahkan menemukan teman baru di sepanjang jalan yang memiliki minat yang sama dengan Anda.
  • Penggunaan baterai: Karena aplikasi ini perlu menghitung langkah Anda sepanjang hari, ini berarti mereka harus berjalan di latar belakang sepanjang waktu. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih aplikasi yang tidak akan menguras baterai terlalu cepat sehingga Anda akan memiliki sedikit daya yang tersisa untuk semua yang Anda lakukan di ponsel cerdas.
  • Kompatibilitas: Jika Anda hanya mencari aplikasi penghitung langkah dasar, ini bukan masalah besar. Namun, jika Anda ingin menyinkronkan aplikasi dengan aplikasi lain atau pelacak kebugaran, Anda pasti ingin memeriksa apakah aplikasi yang Anda pilih berfungsi, pada kenyataannya, dengan apa pun yang ingin Anda hubungkan.
  • Fitur Ekstra: Meskipun masing-masing aplikasi ini melakukan hal yang sama (menghitung langkah Anda), mereka juga akan memiliki fitur ekstra unik yang umumnya dapat menjadi kelebihan atau kekurangannya. Jika Anda tertarik dengan fitur tambahan, luangkan beberapa menit ekstra untuk melihat fitur lain yang ditawarkan aplikasi sebelum mengunduhnya. Ini dapat mencakup penetapan sasaran, pelacakan metrik tambahan, acara komunitas, kelas olahraga, atau bahkan tema aplikasi yang penuh warna.
🔥 Trending:  5 Aplikasi Kasir Android Terbaik Untuk Transaksi Bisnis

Daftar Aplikasi Penghitung Langkah Kaki Terbaik

1. Pacer – Penghitung Langkah Terbaik

(foto: play.google.com)

Download di Google Play

Download di App Store

Pacer (gratis, dengan pembelian dalam aplikasi) adalah pilihan yang mudah dari yang terbaik secara keseluruhan. Aplikasi ini memiliki pedometer yang andal dengan fitur pelacakan kesehatan tambahan dan kompatibilitas luas dengan perangkat dan aplikasi kebugaran lainnya seperti Apple Health, Fitbit, dan MyFitnessPal. Aplikasi ini secara otomatis melacak langkah Anda, plus memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sensitivitas pedometer untuk akurasi yang lebih baik.

Selain menghitung langkah harian Anda, Pacer menawarkan banyak fitur hebat lainnya yang menjadikannya aplikasi penghitung langkah yang baik. Ini dapat melacak berat badan Anda, BMI, asupan kalori, riwayat aktivitas, tekanan darah, workouts, dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat rencana dan tujuan, membuat grup jalan-jalan dengan teman, dan menikmati banyak fitur keren lainnya.

Jika Anda mencari lebih banyak fitur di luar itu, upgrade ke Pacer Premium ($9,99 per bulan) patut dipertimbangkan. Ini membuka alat tambahan yang berfokus pada kesehatan, seperti program pelatihan penurunan berat badan, latihan terpandu yang dirancang secara ilmiah, serta laporan dan wawasan data tingkat lanjut. Pacer premium adalah sentuhan ekstra yang bagus bagi mereka yang tertarik dengan kebugaran, dan berlangganan tidak mencegah Anda mengakses salah satu fitur standar.

2. Samsung Health – Terbaik Untuk Pengguna Samsung

Samsung Health - Terbaik Untuk Pengguna Samsung
(Foto: play.google.com)

Download di Google Play

Download di App Store

Apakah Anda menggunakan perangkat Samsung? Tetap berada di ekosistem dan gunakan Samsung Health (gratis), meskipun Anda tidak memerlukan ponsel Samsung untuk mengunduh aplikasi. Dengannya, Anda dapat melacak langkah Anda dan menikmati fitur kesehatan lanjutan lainnya, seperti analitik riwayat olahraga Anda dan melacak berbagai metrik, mulai dari konsumsi air dan berat badan hingga kualitas tidur dan asupan kalori.

🔥 Trending:  Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2021 - Cuan Setiap Hari!

Aplikasi Samsung Health juga memudahkan untuk melihat statistik seperti waktu aktivitas Anda dan bahkan membandingkan kinerja Anda dengan teman-teman Anda yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Dan sebagai bonusnya, karena dibuat oleh perusahaan yang juga membuat smartphone, perangkat ini dioptimalkan sehingga Anda tidak perlu khawatir baterai cepat habis saat dihidupkan.

3. Apple Health – Terbaik Untuk Pengguna Apple

Apple Health - Terbaik Untuk Pengguna Apple
(foto: apps.apple.com)

Download di App Store

Jika Anda penggemar Apple dan menggunakan iPhone atau Apple Watch, Apple Health (gratis) adalah pilihan yang bagus. Seperti aplikasi khusus OS lainnya yang kami sertakan dalam artikel ini, aplikasi ini melakukan pekerjaan yang solid untuk menghitung langkah Anda serta banyak metrik lainnya, termasuk hal-hal seperti berapa lama Anda menghabiskan waktu berdiri setiap hari, detak jantung, nutrisi, dan tidur. .

Apple Health juga menawarkan sejumlah besar bagan interaktif berguna yang memudahkan untuk meninjau data kesehatan Anda. Ini memberi Anda sorotan tentang statistik terpenting Anda, dan menunjukkan tren dari data Anda sehingga Anda dapat lebih mudah memahami setiap metrik yang dilacaknya daripada hanya memiliki banyak data yang mungkin tidak sepenuhnya Anda pahami. Ini hanya tersedia di perangkat iOS, yang merupakan masalah, tetapi ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ada di ekosistem Apple.

4. Zombies, Run! 10 – Aplikasi Penghitung Langkah Paling Seru

Download di Google Play Store

Download di App Store

Olahraga tidak harus membosankan atau serius. Lakukan beberapa tantangan menyenangkan dengan Zombies, Run! (Gratis). Eksperimen aplikasi dengan jalan-jalan harian dengan menambahkan ancaman (default) zombie yang mengejar Anda dan memasuki jalur Anda bersama dengan lebih dari 200 misi penuh aksi untuk diselesaikan. Aplikasi penghitung langkah ini bekerja di dalam dan di luar treadmill saat Anda berjalan di sekitar lingkungan atau taman.

Saat Anda berjalan, Anda dapat memasuki aplikasi dan menyesuaikan jarak atau durasi yang tepat yang ingin Anda capai. Anda juga dapat mendengarkan musik dari aplikasi lain saat berlari (atau berjalan) selama kampanye pemain tunggal game. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit stimulasi ekstra pada hari-hari ketika Anda berjuang untuk bangun dari sofa.

🔥 Trending:  7 Aplikasi GPS Terbaik 2022 - Bisa Offline Tidak Perlu Internet

Dan ya, aplikasi ini dapat menghitung jumlah langkah yang Anda ambil. Namun, tangkapannya adalah ia hanya dapat melacak langkah saat Anda sedang berolahraga. Jadi, jika Anda ingin melacak sepanjang hari, Anda perlu menyinkronkan data latihan Anda ke aplikasi atau perangkat terpisah yang kompatibel, seperti Apple Watch, perangkat Wear OS yang kompatibel, atau RunKeeper. Ini sedikit mengganggu, tetapi secara keseluruhan sangat menyenangkan menggunakan aplikasi penghitung langkah bagi siapa saja yang ingin membumbui jalan-jalan dan lari harian mereka.

5. Pedometer

Pedometer - Aplikasi Penghitung Langkah Kaki
(foto: play.google.com)

Download di Google Play

Ini adalah aplikasi terbaik untuk melacak saat merencanakan latihan, lari, atau berjalan. Ini memungkinkan Anda menghitung langkah menggunakan ponsel Android, melacak kalori yang terbakar, dan menampilkan jarak, waktu, dan kecepatan saat berlari atau berjalan. Anda dapat menggeser ke kiri untuk melihat data dari hari sebelumnya atau mengetuk angka untuk melihat grafik.

Untuk meningkatkan akurasi jarak, kecepatan, dan jumlah langkah, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sensitivitas dan panjang langkah. Setelah Anda menekan tombol mulai, aplikasi akan merekam langkah Anda bahkan saat Anda memasukkannya ke dalam tas atau saku.

6. Aplikasi Penghitung Langkah – Runkeeper

Screen Shot 2022 07 12 at 12.59.30 - Teras Kaltim
(foto: play.google.com)

Download di Google Play

Lacak latihan saat berlari, berjalan, atau joging dengan orang-orang di komunitas Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi penghitung langkah ini untuk pelatihan maraton atau untuk mencapai tujuan. Dengan GPS, Anda bisa mendapatkan pandangan yang jelas tentang kemajuan Anda secara real time.

Tetap termotivasi dengan mengikuti tantangan, mendapatkan hadiah latihan, dan berbagi kemajuan dan pencapaian Anda dengan teman-teman. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengundang orang lain ke playgroup untuk saling mendukung dan menyemangati.

Runkeeper juga mendukung aplikasi mitra seperti Spotify, Fitbit, MyFitnessPal, dan lainnya, dan Anda dapat menghubungkan perangkat seperti headphone atau jam tangan pintar melalui Bluetooth. Ada juga fitur stopwatch untuk cardio dan latihan lainnya.

7. Google Fit

Screen Shot 2022 07 12 at 13.05.19 - Teras Kaltim
(foto: play.google.com)

Download di Google Play

Bagi mereka yang senang menggunakan jam tangan pintar Android, Google Fit adalah salah satu aplikasi penghitung langkah terbaik untuk melacak kemajuan online. Perangkat yang dapat dikenakan dengan mudah melacak aktivitas dan secara otomatis merekam data dengan Google Fit.

Aplikasi ini memberi Anda statistik waktu nyata untuk berlari, berjalan, dan berkuda. Ini mencatat langkah Anda, kecepatan, ketinggian, lintasan, dan banyak lagi. Google Fit memungkinkan Anda mencapai sasaran dengan panduan dan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Ini mendukung dan mengumpulkan data kebugaran, nutrisi, tidur, dan berat badan dari banyak perangkat dan aplikasi Android seperti Wear OS, Nike+, Runkeeper, Strava, MyFitnessPal, Basis, Sleep as Android, dan lainnya.

Akhir Kata

Tentu saja, aplikasi ini tidak akan berfungsi dengan baik untuk semua orang. Apa yang dapat dilakukan aplikasi langkah kaki untuk kesehatan Anda bergantung pada banyak faktor termasuk gaya hidup, tingkat kebugaran, dan kesehatan umum.

Apapun, aplikasi ini dapat membantu menginspirasi dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi penghitung langkah ini untuk terhubung dengan teman dan keluarga untuk mengatur grup jalan kaki atau berkompetisi dalam berbagai acara. Ini adalah alat motivasi yang hebat bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan dengan berjalan kaki.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: https://teraskaltim com/8685/aplikasi-penghitung-langkah-kaki html
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News