Cara Membuat Gmail Baru di HP 2022

Cara membuat Gmail baru di HP sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuatnya di laptop atau komputer. Hanya butuh waktu kurang dari lima menit, anda pun mendapatkan akun baru sebagai koleksi atau akun utama. Biasanya, untuk membuat email di Google membutuhkan nomor telepon, tetapi ada cara supaya anda tidak membutuhkannya.


Email memilki peran sangat penting di dunia maya atau di jagat internet. Alamat email tidak lain sebagai alamat rumah, dimana fungsinya untuk mengirim dan mengantarkan pesanan. Jika ingin mengirim pesan, anda pun harus memakai alamat tersebut. Begitu juga sebaliknya, anda dapat menerima pesan dengan alamat tersebut.

Saat ini fungsi Gmail lebih dari apa yang disebutkan tadi. Email juga sangat penting untuk membuat berbagai akun, seperti akun Facebook, Twitter, dan bahkan akun toko online. Meskipun langkah pembuatan yang dimaksud bisa menggunakan nomor telepon, namun email tetap menjadi pilihan utama karena kita dapat membuatnya sebanyak mungkin.

Baca Juga: Cara menghapus akun google

Cara Membuat Gmail Baru di HP Android

Meskipun dikatakan mudah, faktanya masih banyak yang belum mengetahui cara membuat Gmail baru di HP Android. Untuk iPhone sebenarnya sama saja, yang berbeda hanya letak menu awal. Untuk menghindari kesalahan dan nantinya harus diulang, sebaiknya ikuti langkah sederhana berikut!

Buka Aplikasi Gmail

Perlu diketahui, layanan email bukan hanya dari Google yang dikenal dengan Gmail, namun masih banyak lainnya. Oleh sebab saat ini kita sedang membuat akun Gmail, jadi silahkan buka aplikasinya di HP untuk langkah awal. Apabila Anda belum memiliki aplikasi Gmail, silakan download di Google Play.

🔥 Trending:  11 Cara Menambah Follower TikTok Lebih Cepat

Mulai Buat Akun

Apabila aplikasi sudah terbuka sempurna, silahkan mulai membuat akun. Di halaman utama, anda hanya perlu memilih opsi ‘Buat Akun’. Akan ada dua pilihan akun, silahkan pilih akun pribadi dengan klik ‘Untuk Diri Sendiri’.

Isi Data Diri

Di halaman berikutnya, ada beberapa form yang wajib anda isi. Form tersebut merupakan data diri, jadi silahkan diisi selengkap mungkin sesuai dengan data sebenarnya. Beberapa data yang dimaksud diantaranya adalah nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Buat Alamat Email

Cara membuat Gmail baru di HP yang sama berikutnya adalah menentukan alamat email. Seperti yang diketahui, alamat di sini di ibaratkan alamat rumah, jadi tidak boleh sama dengan pengguna lain. Jika alamat email pilihan ternyata sudah digunakan, silahkan tambah karakter atau angka.

Tentukan Password

Cara membuat Gmail baru di HP selanjutnya adalah menentukan password atau kata sandi. Banyak pengguna yang melakukan kesalahan di langkah ini, mereka membuat password asal-asalan dan akhirnya lupa. Jika lupa password, maka otomatis anda tidak dapat masuk ke akun yang dibuat. Sedikit tips, gunakan password yang mudah diingat namun sulit ditebak orang lain.

Tambahkan Nomor Telepon

Menambahkan nomor telepon merupakan langkah yang tidak wajib. Tetap jika akun email yang anda buat ini penting, ada baiknya mengaitkan dengan nomor telepon aktif. Namun jika anda ingin membuat Gmail baru di HP tanpa nomor HP, silahkan dilewati tidak masalah.

Baca Ketentuan dan Persyaratan

Langkah terakhir adalah dengan membaca ketentuan dan persyaratan dari Google. tidak begitu penting, namun sebaiknya anda baca supaya mengetahui peraturan jika ingin menggunakan layanan email dari Google. Jika sudah selesai, centang kotak kecil dan klik ‘I Agree’.

🔥 Trending:  Guess that Song - Bikin Video Call Random Makin Seru

Kelebihan Menggunakan Gmail

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat Gmail di HP, ada baiknya anda mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki. Gmail adalah salah satu layanan email dari Google, yang artinya masih banyak produk lainnya. Adapun produk yang dimaksud adalah Youtube, Hangout, GDrive, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan Gmail dari layanan email lainnya adalah dapat digunakan untuk semua akun yang dimiliki Google. Satu akun yang anda buat dapat digunakan untuk mengakses Youtube dan lainnya. Selain itu, email Google dapat diakses secara offline meskipun tanpa koneksi internet. Dalam hal ini anda perlu menginstal ekstensi Gmail Offline di perangkat.

Kesimpulan

Bagaimana, sangat mudah bukan bagaimana cara membuat Gmail baru di HP Android maupun iPhone? Apabila anda ingin membuatnya tanpa nomor HP, pastikan bahwa perangkat yang digunakan masih belum digunakan untuk membuat akun yang sama. Pasalnya, cara ini hanya dapat digunakan selama 5 kali, selebihnya harus ada nomor HP.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News