13 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik – Meskipun saat ini banyak ditemukan aplikasi untuk mengedit video di HP, faktanya aplikasi edit video PC masih menjadi favorit. Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan fitur nya lebih lengkap dan canggih dibandingkan ponsel pintar. Selain itu, cara mengoperasikannya pun jauh lebih mudah karena menggunakan mouse dan keyboard.


Beberapa aplikasi yang digunakan di PC atau laptop ini memang berbayar. Tetapi ada versi gratis yang memiliki keterbatasan fitur. Apabila keperluan editing hanya di bagian dasar, tentunya tidak masalah menggunakan versi gratis. Namun jika keperluan mengedit video tersebut hingga di bagian yang sulit, maka perlu versi premium.

Mengedit video hampir dibutuhkan semua orang, salah satunya adalah konten kreator. Jika anda memang bergelut dalam dunia profesi ini, maka yang dibutuhkan adalah aplikasi edit video PC tanpa watermark. Tanpa adanya tanda air, tentu hasilnya jauh lebih profesional. Sebagai rekomendasi, berikut kumpulan Aplikasi edit video PC gratis terbaik yang patut Anda gunakan.

Sekilas Tetang Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi edit video PC gratis terbaik adalah aplikasi yang mampu menghasilkan video jauh lebih menarik dari sebelumnya. Ada banyak aplikasi seperti ini, hanya saja masih banyak yang belum mengetahuinya. Melalui artikel yang kami buat ini, diharapkan nantinya anda mengenal jenis-jenis aplikasi yang cocok menemani aktivitas editing.

Meskipun saat ini banyak ditemukan aplikasi edit video yang dapat dijalankan di ponsel pintar, namun faktanya tidak mampu mengusir dan menenggelamkan aplikasi yang digunakan di laptop. Apalagi pihak pengembang selalu memperbarui fitur nya seiring dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju.

Tujuan mengedit video tidak lain untuk menghasilkan video supaya lebih layak ditonton dari aslinya. Menambahkan video, memotong, memberikan backsound, hingga menambahkan efek adalah aktivitas penting yang biasanya dilakukan. Untuk mendukung aktivitas tersebut, aplikasi edit video PC gratis terbaik berikut mungkin dapat membantu.

🔥 Trending:  Setting PUBG Mobile Di PC Dengan Tencent Gaming Buddy Tanpa Lag 2022

Daftar Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

VSDC

VSDC - Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik
VSDC salah satu aplikasi edit video di PC/Laptop (Foto: videosoftdev.com)

Aplikasi pertama yang patut dijadikan pilihan utama adalah VSDC. Aplikasi ini cocok bagi anda yang bergelut dalam dunia konten kreator profesional. Pasalnya, fitur utama yang didapatkan adalah tanpa adanya watermark. Fitur ini bisa didapatkan gratis, dimana biasanya aplikasi lain harus membeli fitur premium nya terlebih dahulu.

Dengan user interface yang tidak terlau ribet, VSDC mungkin layak dicoba. Pengguna yang masih baru belajar menggunakan segala fitur yang dimiliki tidak akan dipersulit dengan penggunaannya yang mudah. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dari banyaknya filter dan efek transisi yang lengkap.

Seperti kami sebutkan di atas, kelebihan aplikasi edit video PC gratis terbaik ini adalah tanpa watermark, pasti banyak yang sedang mencari fitur ini. Pasalnya, video yang dihasilkan tanpa ada watermark semakin memberikan kesan profesional. Watermark bahkan membuat ketahuan jika konten video yang kamu buat mengambil konten lain yang sudah ada. Sebelumnya kami juga pernah membahas aplikasi edit video pc tanpa watermark, silakan dicek.

HitFilm Express

HitFilm Express - Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik
(Foto: fxhome.com)

Contoh aplikasi edit video PC gratis terbaik tanpa watermark sudah kita bahas diatas. Selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah HitFilm Express yang juga cocok bagi konten kreator atau mereka yang bergelut dalam jasa dunia fotografi. Tersedia tutorial langsung dari aplikasi atau software nya, silahkan disimak dan diikuti.

Selain itu, ada banyak tutorial lain yang dibahas di internet seputar aplikasi ini, baik penggunaan dasar maupun tips dan trik lebih lanjut. Memotong video, menggabungkan, dan bahkan menambahkan efek mudah dilakukan dengan software edit video terbaik ini. Apalagi tersedia banyak pilihan preset gratis dan lebih dari 400 efek menarik.

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
(foto: https://www.adobe.com/)

Selain dikenal sebagai aplikasi edit foto terbaik, Adobe Premiere Pro memiliki aplikasi edit video PC ringan dan tanpa watermark. Dengan fitur yang lengkap, aplikasi dari Adobe ini tergolong mudah dalam hal penggunaan.

Apapun produk dari Adobe sepertinya layak dicoba dan hampir dipastikan sesuai harapan. Seperti halnya Adobe Premiere Pro yang termasuk salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaik untuk pemula. Aplikasi ini menjadi populer dan banyak digunakan karena memiliki fitur yang lengkap. Sayangnya, untuk versi gratis memiliki keterbatasan fitur, dan anda harus membelinya terlebih dahulu. Untuk versi berbayar nya lumayan mahal, tetapi hasil video dipastikan sempurna dan layak dipublikasikan.

🔥 Trending:  Aplikasi Lirik Lagu Terbaik di HP Android Paling Mantul!

VirtualDub

Meskipun tidak terlalu populer, VirtualDub masih layak digunakan karena memiliki fitur penting. Aplikasi edit video di laptop ini sangat ringan cocok digunakan bagi anda yang memiliki spesifikasi PC kentang. Meskipun ringan, namun dalam hal kualitasnya boleh diadu dengan aplikasi lain yang populer.

Fitur yang disediakan memang tidak banyak, namun sudah lebih dari cukup digunakan untuk mengedit video dan menambahkan efek penting yang diinginkan. Ukurannya yang ringan dan tidak menguras RAM membuatnya menarik. Pada umumnya, editor yang baru terjun dalam dunia editing menjadikannya sebagai pilihan utama.

HitPaw

HitPaw salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaik
(Foto: hitpaw.com)

HitPaw merupakan aplikasi edit video PC gratis terbaik selanjutnya yang menarik dibahas. Software ini memiliki berbagai fitur penting untuk urusan mengedit video. Misalkan menambahkan backsound, membuat gerakan slow motion, dan bahkan membuat video berjalan mundur.

Aplikasi ini juga mampu mengonversi video dengan cepat, meskipun ukurannya besar. Kelebihan lain dari antarmuka yang sederhana, cocok bagi anda yang baru belajar atau masih pemula. Sayangnya, untuk versi gratis dari HitPaw masih menampilkan watermark dari hasil video yang diedit.

Shotcut

Berikutnya ada Shotcut, mungkin anda pernah mendengar atau bahkan menggunakannya. Aplikasi edit video PC ringan ini sudah tersedia versi ponsel pintar, jadi mungkin banyak yang familiar. Kelebihannya dari fitur yang lengkap dan adanya shortcut keyboard, penggunaannya pun semakin mudah dan cepat.

InVideo

Salah satu fungsi video yang tidak dapat diabaikan adalah menyampaikan informasi dalam bentuk virtual. Salah satunya adalah  untuk keperluan iklan atau promosi, maka aplikasi edit video PC terbaik adalah InVideo. Alasan kenapa harus menggunakan aplikasi ini tidak lain karena tersedia banyak template gratis untuk branding atau membuat poster video.

Camtasia Studio

Bagi Youtuber, aplikasi edit video di laptop yang dikenal dengan Camtasia Studio sepertinya wajib dicoba. Dengan fitur unggulan screen recorder yang berkualitas, anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain ketika merekam game untuk dijadikan konten. Selain kelebihan yang terdapat pada fitur yang lengkap, Aplikasi edit video PC gratis terbaik Camtasia Studio support untuk OS Windows maupun Mac.

🔥 Trending:  5 Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik - Mudah digunakan dan Hasil Memuaskan!

AVS Video Editor

Bagi pemula, mengedit video merupakan pekerjaan yang rumit karena banyak fitur yang tersedia. Tidak demikian dengan AVS Video Editor, karena fitur nya sederhana dan cocok dipakai sambil belajar mengedit video di laptop. Meskipun sederhana, namun untuk kebutuhan dasar editing tetap tersedia. Contohnya adalah pilihan 300 efek, memotong, dan memutar video.

VideoPad Video Editor

Kelebihan utama dari VideoPad Video Editor adalah cara penggunaannya yang sangat mudah. User interface nya sangat sederhana, tidak perlu mempelajari dan harus menjadi profesional terlebih dahulu. Aplikasi ini menyediakan 50 efek yang dapat digunakan gratis, ada juga berbagai pilihan transisi yang siap digunakan.

Aplikasi edit video PC yang satu ini pun bisa digunakan secara maksimal baik di Windows maupun MacOS.

Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro - Aplikasi edit video pc terbaik
(foto: vegascreativesoftware.com)

Sony Vegas Pro adalah aplikasi yang sudah banyak dikenal kalangan profesional. Aplikasi ini memberikan kualitas terbaik dari video yang diedit, yakni mencapai 4K. Dengan kualitas ini, kapasitas video tentunya lebih besar. Solusinya, anda dapat menggunakan aplikasi compress untuk mengecilkannya.

Walaupun aplikasi ini tidak gratis, namun sangat kami rekomendasikan untuk keperluan professional.

Corel VideoStudio Pro

Corel tidak hanya dikenal sebagai aplikasi penghasil gambar berbasis vektor, namun juga memiliki aplikasi yang mampu menghasilkan video editing terbaik. Corel VideoStudio Pro tersedia versi berbayar yang dijual dengan harga $79.99. Memang cukup mahal, namun anda bisa menggunakan versi gratis meskipun fitur nya terbatas.

Cyberlink PowerDirector

Selanjutnya ada Cyberlink PowerDirector, mungkin anda pernah mendengar namanya atau bahkan menggunakannya. Aplikasi ini memiliki banyak fitur unggulan, salah satunya adalah Express Video Creation yang berfungsi untuk mengedit video otomatis. Selain itu, fitur yang tidak kalah penting diantaranya adalah chroma key dan motion tracking.

Itulah tadi beberapa aplikasi edit video PC gratis terbaik yang kami rekomendasikan khusus untuk anda. Sudah mendapatkan pilihan yang sesuai? Sedikit saran, ada baiknya menggunakan software sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer yang dimiliki. Tidak masalah jika anda memiliki spec PC yang bagus, namun menjadi masalah jika spec nya kentang atau pas-pasan.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News