Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android dengan Mudah

Pelajari bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android dengan beberapa langkah mudah berikut ini.


Sebelumnya, mengubah foto menjadi ukuran 4×6 hanya bisa dilakukan dengan bantuan perangkat laptop. Namun kali ini tidak lagi, karena anda bisa mengubahnya dengan ponsel pintar Android. Untuk melakukannya, tentu anda harus mengetahui bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android. Dalam hal ini, kita butuh yang namanya aplikasi sebagai bantuannya.

Sebenarnya bisa juga tanpa aplikasi, yakni memanfaatkan situs khusus yang menyediakan layanan mengubah ukuran foto.  Caranya juga mudah, tinggal upload foto yang ingin diubah, kemudian menentukan ukuran yang diinginkan. Hanya saja untuk cara mengubah ukuran foto tanpa aplikasi sedikit ribet karena haru upload dan download hasilnya.

Mengubah ukuran foto sangat penting untuk berbagai keperluan. Ukuran foto yang dimaksud disebut pas foto yang biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau urusan sekolah. Akan tetapi sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu lebih detail mengenai ukuran 4×6 yang dimaksud. Dengan demikian, penjelasan yang akan diberikan nantinya tidak membuat salah paham.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Bayi Kita

Maksud Ukuran Foto 4×6

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud. Ukuran 4×6 yang dimaksud yaitu foto dengan lebar 4cm dan tinggi 6cm. Namun pada kenyataannya, ukurannya tidak persis seperti yang dimaksud. Hal ini dikarenakan ada bagian sisi yang harus dipotong. Rata-rata, ukuran real yang ditemukan sekitar 3,81cm untuk lebarnya, dan tingginya sekitar 5,59cm.

🔥 Trending:  Cara Menambah Font Android tanpa Aplikasi 2024

Satuan tersebut juga bisa diubah menjadi Milimeter atau Inchi, tergantung pemahaman. Hanya saja, sebagian besar aplikasi pengubah ukuran foto menggunakan satuan pixel. Inilah yang tadi dikatakan biar anda tidak salah paham ketika menggunakan cara yang akan diberikan nantinya. Konversi yang berlaku untuk resolusi 300 dpi yakni sekitar 472 piksel untuk lebarnya, dan 709 piksel untuk tingginya.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android dengan Aplikasi Photo & Picture Resizer

Download APK Photo & Picture Resizer

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android yang pertama bisa menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer. Aplikasi ini mudah digunakan dan bisa anda dapatkan gratis melalui Playstore. Kelebihannya yakni tanpa adanya watermark dari hasil foto yang diubah ukurannya. Selain itu juga tidak mengubah kualitas atau resolusi foto aslinya.

  • Pastikan anda download dan instal aplikasinya dari Playstore.
  • Setelah itu silahkan dibuka seperti biasa membuka aplikasi.
  • Tekan ‘pilih foto’ dan cari foto yang akan diganti ukurannya.
  • Klik menu ‘resize’ pada tampilan halaman awal.
  • Dari beberapa ukuran dan opsi yang muncul, pilih ‘custom’.
  • Pada kotak dialog yang muncul, masukkan angka 472 pada kolom width dan 709 pada kolom height.
  • Jika sudah yakin benar, tekan ‘ok’.
  • Silahkan dilihat ukuran foto yang sudah berubah sesuai keinginan.
  • Langkah terakhir yaitu menyimpan hasil editan dengan klik ‘save’.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android tanpa Aplikasi

Sebenarnya masih banyak aplikasi pengubah ukuran foto menjadi 4×6 atau 2×3 dan seterusnya. Hanya saja supaya lebih adil, kami akan mengulas bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kita butuh situs yang menyediakan layanan tersebut, salah satunya adalah iLoveIMG.

  • Buka browser andalan di Android.
  • Kunjungi situs https://www.iloveimg.com.
  • Pada tampilan halaman utama yang muncul, silahkan pilih Resize Image.
  • Untuk upload foto yang ingin diubah ukurannya, klik ‘select images’ pada halaman baru yang muncul.
  • Cari dimana foto yang dimaksud disimpan di perangkat Android.
  • Apabila tidak muncul opsi resize, silahkan tekan ikon ‘gerigi’.
  • Pada kolom Width, masukkan angka konversi dari ukuran 4cm tadi, yaitu 472 piksel. Sedangkan untuk kolom Height bisa anda isi dengan angka 709 piksel.
  • Sebelumnya, pastikan anda tidak mencentang bagian ‘Maintain aspect ratio’.
  • Jika sudah yakin benar, klik ‘resizes images’.
  • Biasanya secara otomatis foto hasil edit akan tersimpan di perangkat. Jika memang tidak berjalan, anda bisa klik ‘download resized images’.
🔥 Trending:  3 Cara Bayar Tiktok Shop Lewat Shopeepay, Gopay dan Dana

Kesimpulan

Itulah cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi dan juga dengan aplikasi. Meskipun sedikit ada perbedaan, namun intinya tetap sama, yakni menggunakan satuan piksel pada ukuran yang digunakan.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News