Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia yang Sudah Dibeli 2022

Bagaima Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia yang Sudah Dibeli? Yuk cari tahu disini. Setelah anda mengetahui cara beli pelatihan Prakerja di Tokopedia, ternyata ada lagi proses yang harus dilakukan, yakni mengikuti pelatihan sesuai kategori yang dipilih. Kategori yang dimaksud bisa apa saja, saat ini yang tersedia adalah gaya hidup, marketing, manajemen, kursus bahasa asing, dan beberapa lainnya.


Cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia yang sudah dibeli sebenarnya tidak sulit karena ada prosedur atau langkah yang harus diikuti. Akan tetapi tentunya tidak semua orang memahami akan tutorial tersebut, terlebih bagi mereka yang masih baru terjun di dunia teknologi digital.

Program Kartu Prakerja diluncurkan pemerintah untuk membantu pegawai dan pekerja yang di PHK, atau sedang dalam masa pencarian kerja. Syarat untuk mengikuti program ini tentunya WNI (Warga Negara Indonesia), tidak sedang terdaftar di perusahaan, bukan ASN dan sejenisnya. Ada beberapa syarat lain tentunya, namun yang telah disebutkan merupakan syarat penting yang harus diketahui.

Bagaimana sebenarnya proses dari program Kartu Prakerja? Sebagian peminat belum mengetahui secara pasti akan prosesnya. Mereka mengira bahwa untuk mendapatkan manfaat dari program ini hanya dibutuhkan untuk mendaftar akun dan mengikuti seleksi. Padahal tidak cukup sampai disitu, membuat akun, tes interview online, dan mengikuti seleksi hanya sebagai awalnya saja. Langkah berikutnya adalah dengan membeli produk digital dan mengikuti pelatihan sesuai kategori yang dipilih.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia yang Sudah Dibeli

Informasi penting yang harus anda ketahui adalah, cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia yang sudah dibeli sebenarnya tidak ada. Artinya, di toko online tersebut hanya digunakan untuk membeli produk digital sesuai dengan kategori pilihan. Adapun kelanjutannya yakni dengan mengikuti pelatihan prakerja di lembaga online yang ditunjuk pemerintah. Untuk bagaimana cara mengikuti pelatihan prakerja yang sudah dibeli ini, pastikan anda sudah membeli produk sebelumnya. Selanjutnya, silahkan ikuti tutorial mudah berikut!

  • Buka aplikasi Tokopedia di perangkat.
  • Jika anda yakin telah berhasil membeli produk yang didinginkan sebelumnya, pasti ada notifikasi di sebelah kanan atas.
  • Klik notifikasi tersebut dan pilih yang berhubungan dengan pembelian sebelumnya.
  • Secara otomatis anda dibawa ke halaman transaksi, dengan laporan bahwa pembelian voucher Prakerja berhasil.
  • Tekan laporan tersebut dan tunggu halaman ‘Daftar Transaksi’ terbuka sempurna.
  • Pilih menu ‘Top Up & Tagihan’, lanjutkan dengan memilih ‘Kartu Prakerja’.
  • Pastikan ada kode voucher di sana, kemudian silahkan di copy.
🔥 Trending:  4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Kehilangan Kwalitas - Ini Tutorialnya

Baca Juga: Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Sampai di sini, pemanfaatan Tokopedia berakhir, selanjutnya anda bisa melanjutkan cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia yang sudah dibeli dengan menukar kode voucher tersebut.

  • Buka browser anda, kemudian kunjungi https://skillacademy.com.
  • Silahkan login jika anda sebelumnya sudah mempunyai akun. Bagi yang belum, anda bisa mendaftar terlebih dahulu atau menggunakan akun Google. Pastikan data diri sesuai dengan yang digunakan untuk mendaftar akun Kartu Prakerja.
  • Di halaman utama, silahkan pilih ‘Tukarkan Kode Voucher’.
  • Masukkan voucher yang tadi sudah anda copy di halaman Tokopedia, kemudian tekan ‘Gunakan Voucher’.
  • Akan ada laporan jika langkah diatas berhasil, langsung saja klik ‘Lihat Kelas’.
  • Di halaman ini, anda melihat produk yang dibeli di Tokopedia tadi dan sedikit deskripsi nya. Silahkan tekan ‘Lanjut’ untuk proses berikutnya.
  • Klik tombol ‘Mulai Pre Exam’ untuk memulai proses pelatihan. Jawab semua pertanyaan atau soal yang diajukan.
  • Setelah sesi pertanyaan selesai, silahkan tonton semu video yang juga disediakan sebagai pembelajaran.
  • Klik ‘Pre Exam’ untuk mengakhiri sesi pelatihan.
  • Selamat, anda lulus mengikuti program pelatihan Kartu Prakerja.

Apakah insentif akan langsung cair setelah lulus pelatihan? Dalam hal ini, ada keterangan lebih lanjut yang akan diberikan pihak pemerintah. Akan tetapi pada umumnya, insentif akan dicairkan bersama dengan keluarnya sertifikat pelatihan. Hal yang perlu diketahui yakni jumlah insentif yang didapatkan, totalnya 2.450.000 rupiah dengan rincian insentif utama sebesar 600 ribu selama 4 bulan, dan 50 ribu sebagai imbalan menyelesaikan tugas survey yang diberikan.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia yang sudah dibeli harus dilakukan melalui lembaga yang ditunjuk pemerintah. Adapun e-commerce Tokopedia hanya digunakan sebagai pembelian produk. Tentunya saat ini anda sudah paham bukan?

🔥 Trending:  2 Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android dengan Mudah
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: syarat ikut kelas online tokopedia
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News