Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Rame-Rame!

Facebook, Instagram, dan WhatsApp semuanya mulai mengalami down massal pada Senin malam (4/10/2021) hingga Selasa dini hari ini (5/10/2021) menurut laporan dan pernyataan dari para pengguna tiga layanan milik Facebook ini.


“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” tulis Facebook di Twitter. “Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Puluhan ribu laporan pemadaman didokumentasikan di Down Detector, sebuah situs yang melacak gangguan layanan. Situs-situs tersebut tidak segera memberikan alasan gangguan tersebut.

Downdetector telah menerima lebih dari 86.000 laporan pengguna tentang tumbangnya Facebook sejak Senin malam, menurut situs webnya. Dari masalah ini, 79% terkait dengan situs web Facebook, 12% terkait dengan koneksi server, dan 9% terkait dengan aplikasi.

Ada lebih dari 76.000 laporan pengguna tentang error Instagram hari ini, lebih dari 21.000 laporan pengguna tentang Aplikasi WhatsApp error tidak dapat digunakan, dan lebih dari 6.000 laporan pengguna tentang down-nya Messenger dalam rentang yang sama, menurut Downdetector.

Reporter teknologi New York Times Ryan Mac mentweet bahwa gangguang juga mempengaruhi platform internal Facebook, sehingga karyawannya tidak dapat bekerja sekarang.

Aplikasi WA Error Hari Ini?

Ya, seperti inifo di atas, bahwa semua layanan Facebook mulai error sejak senin malam. Hal ini menyebabkan seluruh layanannya tumbang.

Banyak pula pengguna yang mengeluhkan kenapa aplikasi WA tidak bisa digunakan?

Dan WhatsApp, melalui twitter mengatakan: “Kami sedang bekerja untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!”

🔥 Trending:  Fakta Mengejutkan Penggunaan Aplikasi Video Call Random

Pemadaman itu terjadi sehari setelah Facebook menghadapi tuduhan dari pelapor bahwa mereka menutup mata terhadap disinformasi yang menyebabkan kerusuhan 6 Januari yang mematikan di US Capitol.

“Facebook, berulang kali, telah menunjukkan bahwa ia memilih keuntungan daripada keamanan,” mantan ilmuwan data Facebook Frances Haugen mengatakan kepada CBS “60 Minutes” pada sebuah episode yang ditayangkan Minggu malam.

Seorang juru bicara Facebook, menanggapi laporan “60 Menit”, mengatakan perusahaan telah membuat “perbaikan signifikan untuk mengatasi penyebaran informasi yang salah dan konten berbahaya.”

Instagram Juga Tumbang

Sementara itu, Instagram mentweet: “Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah dalam menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap!”

Beragam Tanggapan Kocak Dari Netizen Terkait Facebook Down

Pantauan teraskaltim di timeline Twitter, berbagai meme terkait tumbangnya layanan WA, IG dan juga FB ini menjadi trending topik.

https://twitter.com/Satyachowdary66/status/1445090078720622592

Hingga berita ini diluncurkan, semua layanan Facebook masih belum bisa diakses baik Whatsapp. Instagram maupun Facebook sendiri.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News