2 Cara Kalibrasi Baterai Hp Android – Samsung, Xiaomi dll

Cara kalibrasi baterai Hp di ponsel maupun tablet dengan OS Android – Ingin tahu bagaimana cara mengkalibrasi baterai di smartphone Android Anda? Mencari informasi mengapa kalibrasi baterai diperlukan? Mungkin, itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan Teraskaltim jawab melalui artikel di bawah ini.


Pertama, Apakah kalibrasi baterai Hp?

OS Android perlu mengetahui tingkat baterai dan pengisian daya Anda untuk memberikan info kepada Anda saat baterai penuh ataupun kosong. Namun, info yang ditampilkan bisa saja keliru dan menampilkan info yang salah, misalnya, menyebabkan ponsel tiba-tiba mati walau baterai belum 0 persen. Perbedaan ini juga dapat disebabkan oleh baterai yang sudah tua usianya.

Kemampuan semua baterai pasti menurun seiring penggunaannya dan tentu saja baterai yang telah usang tidak akan lagi memiliki kemampuan pengisian dan penyimpanan daya yang setara bila dibandingkan saat baterai masih baru. Namun, software yang ada pada Hp Anda kadang kala tidak memperdulikan hal ini pada saat menampilkan kondisi baterai pada layar smartphone.

Kalibrasi baterai Hp Android berarti meminta OS Android untuk mengoreksi daya simpan sebuah baterai, dan diharapkan ini mencerminkan keadaan baterai yang sesungguhnya. FYI, pertama yang butuh dipahami tentang kalibrasi baterai hp adalah proses ini pada dasarnya tidak benar-benar mengoptimalkan baterai ponsel. Kalibrasi baterai tidak meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda. Cara kalibrasi baterai Hp ini hanya akan membantu hp memperlihatkan statistik dari baterai yang lebih tepat dan juga akurat.

Baca Juga: Aplikasi Pendingin HP Terbaik

🔥 Trending:  Cara Ganti Nama di FB Paling Mudah 2022

Kapan harus mengkalibrasi baterai?

Mengkalibrasi baterai ponsel Anda harusnya bukan hal yang perlu Anda kerjakan secara rutin. Seperti diinfokan di atas, cara kalibrasi baterai hp hanya memiliki satu tujuan: untuk memverifikasi terkait statistik baterai hp yang akan ditampilkan hp melukiskan kondisi baterai yang sesungguhnya.

Apabila HP Anda tidak ada masalah terkait data baterai yang tidak benar, Anda harusnya tidak membutuhkan cara kalibrasi baterai hp yang akan kami jelaskan dibawah ini. Tertera di bagian bawah ini merupakan kondisi di mana mungkin ide yang baik untuk mengkalibrasi baterai.

  1. Hp Anda tiba-tiba mati walau belum sepenuhnya habis atau 0%.
  2. Jika persentase pengisian baterai Anda macet pada persentase tertentu dalam jangka waktu yang lumayan lama.
  3. Hp Anda benar-benar tua, dan Anda curiga bahwa statistik dari kemampuan baterai yang tertera tidak akurat.

Sebelum Anda mengkalibrasi baterai ponsel cerdas Anda

Kadang kala akan lebih gampang untuk ganti baterai hp Anda daripada mencoba mengkalibrasinya. Lebih mudah melakukan ini pada ponsel jadul dengan model baterai yang bisa dilepas. Pada perangkat tersebut, mengecek error pada baterai memang begitu mudah, cukup lepas penutup baterai Anda bisa dengan mudah melihat keadaan baterai.

Jika Anda mempunyai ponsel seperti itu, Anda bisa melihat tonjolan pada baterai (jika ada). Pada gambar di bawah, Anda akan melihat seperti apa baterai normal di sebelah baterai yang gelembung.

Baterai yang melembung mudah dikenali. (Foto: nextpit.com)

Pada kebanyakan smartphone modern, melepas penutup belakang bukanlah pilihan, dan tidak ada cara untuk melihat kondisi fisik baterai. Namun, salah satu metode untuk mengidentifikasi baterai yang rusak pada ponsel cerdas dengan baterai yang tidak dapat dilepas adalah dengan memeriksa apakah baterai tidak lagi diletakkan di atas meja – situasi yang sering muncul karena baterai yang menggelembung.

🔥 Trending:  3 Cara Mengirim Aplikasi Dari Hp Ke Laptop Anti Ribet

Selain itu, mengkalibrasi baterai bukanlah perbaikan untuk masalah terkait kerusakan pada baterai apa pun.

Ini karena ada banyak hal lain yang dapat menyebabkan baterai tidak berfungsi dengan normal. Jika ponsel Anda tidak dapat diisi dayanya maka mungkin ada masalah dengan portnya.

Jika Anda baru saja memperbarui telepon Anda ke perangkat lunak baru dan masalah terkait baterai muncul tepat setelah itu, kemungkinan besar penyebabnya adalah firmware baru dan bukan baterai itu sendiri. Dalam skenario seperti itu, Anda lebih baik menunggu rilis perbaikan.

Bagaimana cara kalibrasi baterai hp Android?

Screen Shot 2022 02 17 at 23.54.54 - Teras Kaltim

Cara kalibrasi baterai hp yang disebutkan di bawah ini berlaku untuk hampir semua smartphone Android seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan banyak lainnya. Jika Anda memiliki perangkat Samsung, lihat bagaimana cara kalibrasi baterai samsung dibagian bawah.

  • Kosongkan ponsel Anda sepenuhnya hingga mati dengan sendirinya.
  • Nyalakan lagi dan biarkan mati dengan sendirinya.
  • Hubungkan ponsel Anda ke pengisi daya, dan tanpa menyalakannya, biarkan terisi daya hingga layar atau LED menunjukkan 100 persen.
  • Cabut pengisi daya Anda.
  • Nyalakan ponsel Anda. Indikator baterai mungkin tidak akan mengatakan 100 persen, jadi pasang kembali pengisi daya (biarkan ponsel Anda menyala) dan terus mengisi daya hingga 100 persen muncul di layar juga.
  • Cabut telepon Anda dan hidupkan kembali. Jika tidak menunjukkan 100 persen, pasang kembali pengisi daya hingga 100 persen muncul di layar.
  • Ulangi siklus ini sampai Anda mengatakan 100 persen (atau sedekat yang Anda pikirkan) ketika Anda mulai mencabutnya.
  • Sekarang, biarkan baterai Anda terkuras hingga 0 persen dan biarkan ponsel Anda mati lagi.
  • Isi penuh baterai lagi tanpa gangguan dan itu akan mengatur ulang persentase baterai sistem Android.
🔥 Trending:  5 Rekomendasi Printer untuk Cetak Stiker - Ini Harganya!

Cara kalibrasi baterai Samsung

Cara kalibrasi baterai Samsung

Smartphone Samsung hadir dengan opsi yang disebut “reset cepat” yang biasanya diakses oleh teknisi untuk mengkalibrasi ponsel yang melaporkan statistik baterai yang tidak akurat. Berikut cara menggunakan opsi ini untuk mengkalibrasi baterai pada perangkat Samsung.

  • Gunakan smartphone hingga mencapai 5%, dan pastikan ponsel Anda tidak terhubung ke pengisi daya.
  • Buka aplikasi phone dialer dan masukkan kode berikut: *#0228#.
  • Menu pop-up muncul dengan opsi “Mulai cepat”.
  • Klik “Mulai cepat” dan kemudian tekan “OK”.
  • Tunggu hingga layar menyala kembali dan periksa apakah persentase baterai rendah.
  • Lakukan pengecasan ponsel sampai baterai 100% lagi.
  • Matikan kemudian nyalakan kembali ponsel, lalu cabut pengisi daya.
  • Ulangi langkah diatas 2 hingga 3 kali
  • Charger kembali baterai sampai 100%, hidupkan kembali ponsel dan buka dialer, ketik *#9900#.
  • Geser ke bawah dan pilih “batterystats.bin reset”
  • Keluar kemudian restart telepon.

Ingatlah bahwa tidak disarankan untuk melakukan operasi ini secara rutin. Bahkan ketika baterai Anda sangat mati, telepon Anda tidak mau hidup, baterai Anda masih memiliki daya cadangan yang bisa digunakan utnuk menghindari kerusakan sistem. Lakukan cara kalibrasi baterai Hp ini paling cepat satu kali dalam 3 bulan. Jika lebih banyak diperlukan, Anda bakal mendapatkan masalah pada baterai itu sendiri yang lebih besar.

Sekali lagi, cara kalibrasi baterai Hp ini bisa Anda lakukan hanya saat benar-benar diperlukan, karena memiliki efek kurang baik pada usia pemakaian baterai itu sendiri.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: kode reset baterai hp samsung
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News