Catat! Tata Cara Seleksi Mendapatkan Bantuan Rp 3,55 Juta

Rupanya pemerintah masih memberikan jalan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bantuan senilai Rp 3,55 juta. Gelombang 17 sebentar lagi pasti akan segera dibuka. Tentu saja akan ada seleksi mendapatkan bantuan Rp 3,55 juta.

Syarat Lolos Seleksi Mendapatkan Bantuan Rp 3,55 Juta

Mungkin pada saat gelombang 16 kemarin masih ada peserta yang belum lolos seleksi. Hal ini pasti disebabkan kurang teliti dalam melengkapi persyaratan yang ada. Bagi yang sudah lolos berarti masih terus mengikuti pelatihan hingga selesai dan mendapatkan insentif.

Baca Juga : Cara Daftar BLT UMKM Cek Disini.

Bagi peserta yang belum lolos masih ada kesempatan untuk mendaftar pada gelombang selanjutnya. Hal ini ada alasan yang melatarbelakangi ketidaklolosan Prakerja pada saat pendaftaran.

Berikut adalah alasan ketidaklolosan para peserta pendaftaran:

  1. Peserta merupakan alumni atau hasil jebolan gelombang sebelumnya
  2. Pendaftar masih aktif pada pendidikan formal baik sekolah maupun kuliah
  3. Pendaftar sudah pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya. Bantuan tersebut juga sama disalurkan dari kementerian atau lembaga terkait.
  4. Sudah terdaftar sebagai anggota DPR/DPRD/ direksi atau komisaris BUMN/BUMD, TNI atau POLRI, PNS, dan perangkat desa.

Tahapan Seleksi Kartu Prakerja
Baca Juga : Masih Bisa Daftar BLT UMKM 2021 Pahami Alurnta!!!

Tidak semua para pendaftar bantuan Rp 3,55 juta akan langsung diterima. Agar tidak menimbulkan kecemburuan, maka akan dilakukan seleksi. Hal tersebut didasarkan pada beberapa proses yang mengacu pada persyaratan secara umum.

Perlu diketahui bahwa semua tahapan seleksi bantuan Rp 3,55 juta dilakukan oleh sistem. Sehingga tidak ada campur tangan manusia yang bisa memanipulasi data di dalamnya. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Penyaringan NIK

Hal pertama yang akan dilakukan oleh sistem adalah pencocokan NIK dan KK. Data tersebut akan dipadukan berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil.

  1. Penyaringan Pendaftar

Setelah proses pencocokan NIK selesai maka akan disaring dengan sistem terkait kategori penerima. Sudah jelas bahwa ketentuan di atas adalah orang-orang yang tidak akan lolos seleksi Prakerja.

3. Pengacakan Oleh Sistem

Sistem akan mengolah semua data dan pemilihan secara random sebagai penerima Kartu Prakerja. Sehingga ada kemungkinan anda tidak mendapatkan karena kuota sudah penuh.

Segera penuhi syarat-syaratnya dan ikuti seleksi mendapatkan bantuan Rp 3,55 juta. Uang Rp 600.000 akan mengalir selama empat bulan dengan ketentuan berlaku.