Cara Pencairan Bansos Kartu Sembako Senilai Rp 200 Ribu Cair Mulai Bulan Januari

Cara Pencairan Bansos Kartu Sembako Senilai Rp 200 Ribu Cair Mulai Bulan Januari

Cara pencairan bansos kartu sembako tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Pemerintah kembali memberikan kabar gembira bagi masyarakat yang sebelumnya telah mendapatkan bantuan sosial. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya oleh Tri Rismaharani yaitu Mensos pada tanggal 29 Desember 2020 lalu. Beliau menyampaikan adanya perubahan bantuan sembako khusus untuk wilayah Jakarta.

Dimana bantuan tersebut berupa BLT atau Bantuan Langsung Tunai. Seperti yang sudah dijelaskan jika masih ada 3 jenis bantuan yang akan diturunkan kembali.

Terdapat beberapa bantuan yang siap disalurkan kepada masyarakat di awal tahun 2021. Diantara dana bantuan tersebut Yaitu

  1. Bantuan sembako Sejumlah Rp 200 ribu ( Bantuan Ibu Rumah Tangga ) Daftar nya Ke sini : https://kemensos.go.id/page/bantuan-pangan-non-tunai
  2. bantuan sosial tunai atau biasa disebut dengan BST Sejumlah Rp 300 ribu Daftarnya Ke Sini : https://dtks.kemensos.go.id/
  3. program keluarga harapan atau PKH Daftar nya ke sini : https://pkh.kemensos.go.id/

Cara Pencairan Bansos Kartu Sembako

Bantuan kartu sembako memang disalurkan guna membantu semua masyarakat secara tepat. Bantuan tersebut berupa pangan tunai atau kartu sembako.

Nilai dari dana bansos tersebut sebesar Rp 200 ribu untuk tiap bulannya per KPM. Dana tersebut bisa langsung dibelanjakan di warung setempat yang menyediakan jasa dari pihak yang berwewenang.

Cara pencairan dana kartu sembako bisa berupa makanan pokok, karbohidrat, protein hewani, nabati, sumber vitamin, dan mineral. Bansos kartu sembako ini akan berlangsung selama satu tahun yaitu dari bulan Januari-Desember.

Baca Juga : Cek BLT KPM PKH Sebesar 3,5 Juta dengan Modal KTP

Bantuan dari Kemensos ini sudah memiliki target sebesar Rp 42,5 triliun. Untuk cara pencairan bansos kartu sembako, begini langkah yang bisa dilakukan:

  • Pastikan anda peserta KPM yang masuk data DTKS dan memiliki KKS
  • Untuk wilayah Jabodetabek, bansos BPNT akan disalurkan melalui petugas kantor POS dan diantar ke alamat penerima
  • Penerima bansos BPNT bisa langsung datang ke tempat penyedia terdekat (e-warong). Disini anda bisa meminta bahan makanan pokok, lauk, buah, dan sayur yang sudah menjadi ketetapan. Sehingga bansos BPNT berupa barang tersebut senilai dengan dana bantuan Rp 200 ribu.

Cara Pembuatan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Mungkin semua orang tidak bisa mendapatkan bansos BPNT. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membuat kartu KKS agar bisa memperoleh bansos BPNT Rp 200 ribu. Caranya sebagai berikut:

  • Pendaftaran dilakukan secara manual
  • Setelah itu, anda akan memperoleh surat teknis pendaftaran pada tempat tertentu
  • Bawa data lengkap seperti KTP, NIK, KK, dan kode unik keluarga data terpadu
  • Data akan diproses oleh HIMBARA, kantor kelurahan, dan kantor walikota atau kabupaten
  • Setelah berhasil, anda akan dibuatkan rekening bank dan kartu KKS
  • Dana bansos kartu sembako tersebut akan langsung ditransfer ke nomor rekening pemilik KKS

Cara Cek Peserta BPNT

Setelah anda melakukan pendaftaran, bisa segera cek data diri. Untuk pengecekan apakah anda sudah terdaftar atau belum, bisa cek melalui 2 cara.

Jika anda sudah lakukan pengecekan, barulah cari tahu bagaimana cara pencairan bansos kartu sembako yang aman dan tepat. Cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  1. Aplikasi SIKS-Dataku
  2. Via situs di dtks.kemensos.go.id

Syarat Penerima Bansos Kartu Sembako

Agar anda bisa melakukan cara pencairan bansos kartu sembako, sebaiknya penuhi persyaratan terlebih dulu. Dana bantuan yang dikeluarkan pemerintah ada 3 macam dan salah satunya yaitu kartu sembako atau BPNT.

Besarnya bantuan dana tersebut sebesar Rp 200 ribu, namun ditukarkan langsung dengan bahan makanan. Bantuan ini bertujuan agar bisa memenuhi kebutuhan makan masyarakat miskin.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menerima bantuan tersebut. Ada persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Nama peserta sudah terdaftar dalam pendataan RT/RW desa setempat
  • Peserta tidak mendapatkan bantuan subsidi gaji BLT BPJS ketenagakerjaan
  • Tidak memiliki Kartu Prakerja
  • Memiliki kartu KKS

Program Kartu Sembako

Bansos BPNT merupakan salah satu program yang diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program kartu sembako ini akan menjangkau 18,8 juta dengan indeks Rp 200 ribu/bulan/KPM.

Program BPNT ini akan tersalurkan pada keluarga yang sudah memiliki kartu KKS. Adapun bank yang bertugas sebagai penyalur bantuan bansos untuk area Jabodetabek yaitu:

  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • BRI
  • Bank Mandiri, dan
  • Bank Tabungan Negara (BTN)

Namun, untuk bulan Januari 2021 dan seterusnya bansos akan disalurkan langsung melalui PT Pos Indonesia. Sebab, tidak semua peserta KKS bisa melakukan cara pencairan bansos kartu sembako melalui bank.