Bagaimana Cara Mengirim File PDF Melalui Pesan Teks?

File PDF menemukan kegunaannya yang luas dalam berbagi berbagai macam dokumen. Anda mungkin melihat eBuku, panduan pengguna, pengajuan akademik, surat resmi, dan dokumen lain yang dikodekan dalam format file ini. Format file ini cukup populer di kalangan orang-orang dari berbagai latar belakang karena berbagai alasan.


Alasan ini termasuk fleksibilitas, keamanan data, dan kompatibilitas dengan beberapa perangkat. Namun, mengirim file PDF melalui pesan teks dapat mengalami masalah. File-file ini umumnya berukuran besar dibandingkan dengan format lain, itulah sebabnya Anda mungkin menghadapi masalah ini.

Anda dapat mengatasi masalah ini secara efisien jika Anda tahu caranya perkecil ukuran PDF. Kami telah mengumpulkan beberapa detail berharga tentang beberapa metode mudah untuk mengurangi ukuran file PDF. 

Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

Hapus Elemen yang Tidak Diinginkan dari Dokumen

Format file PDF cukup fleksibel, dan Anda dapat menambahkan berbagai macam media ke file PDF, termasuk lembar Excel, beberapa format gambar, dan bahkan file PPT. Namun, terlihat bahwa fleksibilitas ini menjadi masalah utama di balik ukuran file PDF yang besar, sehingga Anda tidak dapat mengirim file PDF berukuran besar melalui pesan teks. Oleh karena itu, jika Anda ingin perkecil ukuran pdf, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada elemen yang tidak perlu dalam file PDF yang ingin Anda kirim melalui pesan teks.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memeriksa file secara menyeluruh dan mencari lembar Excel, gambar, dan file PPT yang tidak lagi diperlukan. Jika Anda menemukan elemen yang tidak diperlukan lagi dalam file, segera hapus dari file. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat penurunan yang signifikan dalam ukuran file PDF tertentu yang ingin Anda kirim melalui pesan teks. Ukuran file yang diperkecil tidak hanya akan memudahkan Anda untuk mengirimnya sekaligus dan penerima di sisi lain untuk menerimanya dengan cepat. 

🔥 Trending:  30+ Link Twibbon Harlah 1 Abad NU 2023 Terbaru, Download di Sini

Singkirkan Ruang yang Tidak Perlu

Sebagian besar file PDF menampilkan konten yang menyertakan banyak ruang. Ruang-ruang ini sering luput dari perhatian. Namun, spasi juga menambah ukuran dokumen. Jika Anda ingin perkecil ukuran PDF, maka perlu untuk menghilangkan spasi dalam dokumen tanpa alasan apapun. Terlalu banyak jarak antar paragraf dan membiarkan setengah halaman kosong bukanlah bagian dari pemformatan.

Ini hanya menghasilkan ukuran dokumen yang lebih besar, yang menyulitkan Anda untuk mengirimnya melalui pesan teks. Oleh karena itu, jika Anda menghadapi masalah saat mengirim file PDF melalui pesan teks, Anda harus meninjau kembali dokumen dengan hati-hati dan mengawasi ruang yang tidak perlu dalam dokumen itu. Anda akan mengamati beberapa contoh di mana spasi tidak diperlukan. Singkirkan ruang-ruang itu segera dan memperkecil ukuran PDF secara signifikan.

Kompres File PDF

Metode lain yang efektif untuk kompres PDF file dan membuatnya dapat dibagikan melalui pesan teks adalah dengan menggunakan kompresor PDF. Kompresor online yang efisien dapat dengan cepat mengecilkan ukuran PDF untuk Anda tanpa mengurangi kualitasnya. Hal terbaik tentang kompresor online adalah Anda juga dapat menggunakan alat tersebut di ponsel cerdas.

Pastikan alat Anda tersedia di situs web yang kredibel dengan protokol keamanan yang tepat. Setelah Anda menemukan alat seperti itu pada hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google atau mesin pencari lainnya, akses situs web dan unggah file yang ingin Anda kompres. Saat Anda mengunggah file, pilih opsi kompres, dan Anda akan mendapatkan file PDF terkompresi yang akan mudah dibagikan melalui pesan teks.

Pisahkan File

Jika file terlalu besar dan Anda tidak melihat opsi yang memungkinkan untuk mengirim file melalui pesan teks sekaligus, maka pilihan yang paling cocok untuk Anda adalah membagi file menjadi dua atau lebih file. Pastikan Anda memberi nama versi terpisah dari file PDF sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengirim versi PDF tersebut melalui pesan teks dan agar penerima memahami urutan file PDF yang diterima. Juga, beri tahu penerima bahwa Anda mengirim file melalui pesan teks di bagian yang terpisah.

🔥 Trending:  4 Panduan Membeli Saham Bagi Pemula Secara Online

Contohnya adalah jika Anda ingin mengirim eBook berjudul “Pelajari Manajemen Database Dalam Sebulan” melalui pesan teks, tetapi Anda tidak dapat melakukannya karena ukurannya yang besar, Anda dapat membaginya menjadi 2 atau 3 bagian yang sama. Setelah Anda membagi file PDF, ganti nama bagian-bagian yang terpisah seperti Learn Database Management in a Month_p1 dan sama dengan bagian-bagian lain dari eBook itu.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News