Cara Mengaktifkan Asisten Google 2022 – Tenyata Mudah Banget!

Cara mengaktifkan asisten Google, apakah anda sudah mengetahuinya? Meskipun sebenarnya mudah, tetapi masih banyak sekali yang tidak bisa atau belum mengetahui bagaimana caranya. Ini adalah aplikasi andalan yang dikembangkan oleh raksasa internet Google.


Asisten Google adalah aplikasi dalam bentuk virtual yang berguna untuk membantu segala aktivitas yang berhubugan dengan perangkat HP. Aplikasi ini telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna Android dengan rating memuaskan, yaitu 4,0 bintang. Ini artinya banyak sekali pengguna yang merasa puas dengan layanannya.

Dinamakan asisten, artinya aplikasi ini akan membantu pekerjaan yang sebelumnya susah menjadi lebih mudah. Cara penggunaannya pun mudah, hanya dengan memberikan instruksi yang spesifik. Sebagai contoh adalah ingin membuka Whatsapp, maka cukup katakan ‘OK Google, tolong buka Whatsapp’.

Apa Itu Asisten Google?

Google Assistant adalah asisten suara dari Google. Saat diluncurkan, Asisten Google adalah extensi dari Google Now, dirancang untuk menjadi asisten pribadi sambil memperluas kontrol suara “OK Google” Google yang sudah ada.

Awalnya, Google Now dengan cerdas mengeluarkan informasi yang relevan untuk Anda. Itu tahu di mana Anda bekerja, rapat dan rencana perjalanan Anda, tim olahraga yang Anda sukai, dan apa yang membuat Anda tertarik sehingga dapat memberi Anda informasi yang penting bagi Anda.

Google telah lama menutup layanan Google Now, dan menggantinya dengan Asisten Google, menggabungkan elemen yang dipersonalisasi ini dengan berbagai kontrol suara. Asisten Google mendukung entri teks atau suara dan akan mengikuti percakapan metode entri mana pun yang Anda gunakan.

🔥 Trending:  10 Contoh Balasan Ucapan Selamat Bergabung Di Grup Wa

Baca Juga: Cara menghapus akun google

Fungsi Aplikasi Asisten Google

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan asisten Google, ada baiknya jika kita simak terlebih dahulu apa saja fungsi utamanya. Dilihat dari cara penggunaannya atau pemberian perintah, aplikasi ini kadang disebut sebagai fitur OK Google.

Membacakan Berita

Selain memberikan perintah secara umum seputar perangkat yang digunakan, asisten Google juga dapat dimanfaatkan untuk membaca berita. Tidak perlu lagi membaca per kalimat, karena tugas ini telah dilakukan oleh OK Google. Anda hanya perlu mendengar setiap kalimat yang dibacakan dan menyimaknya.

Sebagai Pengingat

Fungsi berikutnya adalah sebagai pengingat, dimana nantinya akan terkoneksi langsung dengan aplikasi alarm. Misalnya anda ingin bangun lebih awal, maka cukup katakan perintah secara spesifik mengenai hari dan jam nya. Selain itu, pengingat yang dimaksud bisa berupa agenda yang juga berhubungan dengan alarm.

Mengirim Pesan WhatsApp

Sebelum menggunakan untuk mengirim pesan Whatsapp, tentunya anda harus mengetahui cara mengaktifkan asisten Google terlebih dahulu. Jika pengaturannya selesai, cukup katakan kepada siapa pesan tersebut dikirim dan apa isi pesan yang ingin ditulis. Sebelum dikirim, OK Google akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

Sebagai Penerjemah

Kelebihan lain dari aplikasi yang saat ini secara default dimiliki oleh HP baru ini adalah sebagai penerjemah online. Kecanggihan teknologinya bahkan mampu menerjemahkan sekitar 188 bahasa asing di seluruh dunia. Tidak perlu kamus, tidak perlu Google Translate, satu aplikasi dapat memudahkan segala hal yang berhubungan dengan ponsel pintar.

Baca Juga: Cara melihat sandi akun google

Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP

Selain fungsi yang telah disebutkan diatas, fungsi lain yang tidak kalah menarik adalah dapat mengajukan pertanyaan. Perlu diketahui, fungsi diatas hanya dapat digunakan setelah fitur canggih ini diaktifkan. Untuk cara mengaktifkan asisten Google di HP Oppo, Samsung, Vivo, atau lainnya, silahkan ikuti langkah mudah berikut!

  • Tekan dan tahan tombol ‘Home’ di perangkat.
  • Pilih ‘Continue’ setelah muncul tulisan ‘The new way to talk to Google’ di layar.
  • Buka menu ‘Seting’.
  • Dari menu pengaturan ini, silahkan geser tombol dari ‘Off’ ke ‘On’.
  • Buka ‘Popular Settings’, kemudian aktifkan bagian ‘Hey Google’.
  • Seting Asisten Google supaya mengenali suara anda di bagian ‘Voice Match’.
  • Lakukan tap voice mode.
  • Rekam suara anda dan silahkan dicoba memberikan perintah.
🔥 Trending:  Spesifikasi Dan Harga Gigabyte Aorus 17G 2021

Cara Mengubah Asisten Google Menjadi Bahasa Indonesia

Setelah mengetahui cara mengaktifkan asisten Google diatas, anda perlu mengubah bahasa indonesia supaya lebih mudah penggunaannya. Pasalnya, tidak semua HP secara default menggunakan Bahasa Indonesia meskipun pengaturan dasar perangkat berbahasa lokal. 

Tidak terlalu susah sebenarnya, bahkan lebih mudah dari cara mengaktifkannya. Namun perlu diingat, jika menggunakan pengaturan bahasa ini, pastinya pemberian perintah juga menyesuaikan bahasanya.  Berikut cara mengubah asisten Google menjadi bahasa Indonesia!

  • Pastikan anda sudah mengaktifkan fitur unggulan dari Google ini.
  • Kemudian buka aplikasi asisten Google.
  • Pilih tab ‘Assistant’.
  • Pada halaman utama, pilih ‘Languages’.
  • Pilih English yang merupakan bahasa default.
  • Dari daftar bahasa yang ditampilkan, silahkan pilih Indonesia.

Itulah cara mengaktifkan asisten Google dan sekaligus mengubahnya menjadi bahasa Indonesia. Aplikasi ini sangat berguna dan bermanfaat untuk memudahkan segala aktivitas. Tidak perlu banyak menekan tab di layar, cukup ucapkan perintah yang anda inginkan untuk mengoperasikan aplikasi di HP.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News