Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android dengan Mudah 2022

Penasaran dengan bagaimana Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android? Mau install lagi aplikasi yang pernah di gunakan? Yuk simak ulasan kami dibawah ini.


Ada pertanyaan dari beberapa pengguna ponsel pintar yang memerlukan jawaban singkat. Pertanyaan yang dimaksud adalah apakah ada cara melihat aplikasi yang sudah di uninstall di Android? Jawaban singkatnya ada! Namun bagaimana caranya, itulah yang menjadi masalah. Akan tetapi tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas permasalahan tersebut dengan detail.

Baca Juga: Install Aplikasi Video Call Random

Kenapa harus mencopot atau uninstall aplikasi? Tentu banyak penyebabnya, sebagian besar dikarenakan memori perangkat yang penuh sehingga harus menghapus beberapa aplikasi yang telah terpasang.  Hal ini biasanya terjadi pada perangkat atau HP Android dengan spesifikasi rendah. Pada umumnya, HP dengan spec rendah mempunyai memori internal yang lebih sedikit.

Apalagi jika sebagian besar HP tidak bisa menyimpan aplikasi diluar memori internal. Kalaupun bisa, perangkat harus melalui proses rooting terlebih dahulu. Sedangkan rooting sendiri tidak disarankan oleh hampir semua produsen ponsel pintar. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan kerugian dengan masuknya malware atau virus dengan mudah.

Selain alasan diatas, menghapus aplikasi juga sering dilakukan karena aplikasi tersebut sudah tidak digunakan lagi. Entah dengan alasan tertentu, ternyata aplikasi tersebut dibutuhkan kembali. Tidak masalah jika uninstall dilakukan beberapa hari yang lalu. Akan tetapi menjadi masalah jika pencopotan aplikasi tersebut sudah lama terjadi.

Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Cara melihat aplikasi yang sudah di uninstall di Android hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yaitu memanfaatkan fitur Google Play Store. Seperti yang diketahui, Android merupakan salah satu produk Google dari kategori perangkat ponsel pintar. Sudah semestinya jika semua HP Android memiliki aplikasi tersebut.

🔥 Trending:  3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah

Playstore bisa dikatakan sebagai toko Google, dimana anda bisa mendapatkan segala jenis aplikasi yang tersedia. Sebagian besar aplikasi yang ada bisa digunakan gratis, namun biasanya terdapat pembelian dalam aplikasi. Sebagian lainnya merupakan aplikasi berbayar dan harus membelinya sebelum bisa digunakan.

Baca Juga: Cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen

Selain bisa digunakan sebagai tempat download aplikasi, Playstore juga bisa digunakan untuk melihat histori aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Ini merupakan salah satu fitur yang tidak banyak pengguna tau. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara melihat aplikasi yang sudah di uninstall di Android!

Buka Google Play Store

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Seperti yang dikatakan sebelumnya, setiap perangkat dengan OS Android pasti mempunyai aplikasi tersebut. Di langkah pertama ini, pastikan anda telah login menggunakan akun Google yang digunakan sebelumnya.

Klik Ikon Tiga Garis

Setelah anda membuka aplikasi dan memastikan login, lihat di bagian atas tampilan aplikasi. Ada menu dengan ikon tiga garis yang mirip dengan hamburger. Silahkan klik menu tersebut untuk langkah selanjutnya.

Pilih Aplikasi & Game saya

Ikon tiga garis merupakan menu utama yang berisi sub menu lainnya. Pada tampilan tersebut, silahkan klik ‘Aplikasi & Game saya’. Bagian ini akan menampilkan semua aplikasi yang anda instal saat ini. Namun ada bagian yang bisa anda untuk melihat histori dari pemasangan sebelumnya.

Pilih Tab Koleksi

Cara melihat aplikasi yang sudah di uninstall di Android berikutnya yaitu dengan memilih ‘Koleksi’ yang ada pada deretan menu atas. Di bagian inilah anda akan menemukan aplikasi apa saja yang dulu pernah terpasang dan saat ini sudah dihapus. Bahkan anda bisa melihat daftar aplikasi yang pernah digunakan ketika baru pertama kali menggunakan perangkat tersebut.

🔥 Trending:  OK Google Kirim Pesan Whatsapp - Cara Chat WA dengan Elegan 2022

Menghapus Riwayat Aplikasi

Jika tujuan anda melihat aplikasi yang pernah digunakan adalah ingin menginstalnya lagi, silahkan klik nama aplikasinya. Kemudian silahkan klik instal pada halaman baru yang muncul. Akan tetapi jika ingin menghapusnya dari riwayat, klik tanda silang yang ada pada daftar aplikasi yang muncul.

Perlu diketahui, cara menghapus riwayat aplikasi yang pernah dipasang akan menghapusnya dari daftar histori. Jadi anda tidak bisa menemukannya lagi atau melihatnya dengan cara yang telah disebutkan diatas.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara melihat aplikasi yang sudah di uninstall di Android. Dari penjelasan diatas, ternyata caranya sangat mudah dan siapa pun tentu bisa melakukannya. Untuk cara lain hingga saat ini masih belum tersedia, jadi silahkan gunakan satu-satunya cara ini.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: cara melihat aplikasi yang diuninstal, https://teraskaltim com/7434/cara-melihat-aplikasi-yang-sudah-di-uninstall-di-android html
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News