Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android 2024

Kesal dengan iklan yang tiba-tiba muncul di ponsel Android? Tenang, ada banyak cara menghilangkan pop up iklan di Android, tergantung dari mana iklan tersebut berasal. Pada umumnya, iklan muncul dari aplikasi browser seperti chrome atau UC browser. Selain itu, ada juga yang muncul karena salah pengaturan pada notifikasi di seting utama HP.


Tidak dapat di pungkiri bahwa munculnya iklan ketika beraktivitas dengan HP membuat siapa saja kesal. Apalagi jika iklan tersebut berupa pop up, yang mana menutup hampir semua tampilan layar. Belum lagi, iklan terkadang membuat perangkat bekerja kurang efektif. Iklan yang tiba-tiba muncul bahkan menjadikan kita salah klik atau tekan sehingga dialihkan pada halaman lain.

Dalam kondisi parah, iklan yang muncul bukan hanya ketika sedang browsing, namun juga hampir di setiap kegiatan. Diantaranya adalah ketika menggunakan aplikasi tertentu seperti Whatsapp, pada saat berada di tampilan awal perangkat, membuka galeri, dan bahkan ketika dalam mode sleep. Apabila sudah dalam kondisi seperti ini, maka sebaiknya melakukan tindakan secepatnya.

Baca Juga: Aplikasi blokir iklan android terbaik

Jenis Iklan yang Muncul di Android

Sebelum mengetahui cara menghilangkan pop up iklan di Android, ada baiknya jika kita cari tau terlebih dahulu apa saja jenis iklan yang dimaksud. Hal ini sangat penting untuk melakukan tindakan selanjutnya. Seperti yang diketahui, berbeda jenis iklan juga berbeda bagaimana penanganannya.

🔥 Trending:  [2022] Cara Mengubah Kuota Tiktok Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi

Iklan Sistem

Dinamakan iklan sistem karena pada umumnya keluar dari aplikasi bawaan. Adapun aplikasi yang dimaksud diantaranya adalah browser, video player, dan pemutar musik. Jenis iklan ini jarang muncul untuk merek HP tertentu, jadi masih bisa di toleransi. Akan tetapi jika anda menemukan jenis iklan seperti ini, tidak ada salahnya untuk menghapusnya langsung melalui pengaturan.

Iklan Aplikasi

Sesuai dengan namanya, iklan ini muncul bersamaan dengan aplikasi yang digunakan. Sebenarnya ada sisi positif dari kemunculan nya, yakni sebagai sumber pendapatan pengembang aplikasi. Tentunya anda tau jika membuat aplikasi tidaklah gratis, meskipun anda bisa menggunakannya secara gratis. Meski demikian, terkadang iklan yang terlalu sering muncul juga membuat sebagian besar orang terganggu.

Iklan Virus

Jenis iklan inilah yang mengkhawatirkan, dimana mampu menyalin, mencuri, dan mengubah data. Iklan ini dikenal dengan adware yang biasanya terjadi ketika anda download file yang mengandung malware atau virus. Jika sudah memasuki sistem, adware bisa muncul dimana saja dan kapan saja, bahkan berupa iklan pop up sekalipun.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Setelah mengetahui jenis iklan diatas, saatnya anda berhak mengetahui bagaimana cara menghilangkan pop up iklan di Android. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yakni melalui pengaturan pada perangkat dan melalui aplikasi. Semua akan dibahas tuntas dibawah ini, simak baik-baik agar anda paham betul!

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Google Chrome

Apabila iklan pop up yang muncul berasal dari Google Chrome, anda bisa menghilangkannya melalui pengaturan browser. Iklan jenis ini tidak berbahaya dan sebenarnya mudah diatasi. Bagi sebagian orang terkadang sulit, apalagi yang belum familiar dengan perangkat Android. Silahkan ikuti cara menghilangkan iklan di Google chrome di Android berikut!

  • Buka aplikasi Chrome di perangkat.
  • Pada menu awal, silahkan tekan ikon tiga titik vertikal. Letaknya berada di kanan atas sebelah profil akun Google.
  • Dari daftar menu yang muncul, pilih setting’.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Site Settings’.
  • Scroll sedikit ke bawah dan pilih ‘Pop-ups and redirects’.
  • Langkah terakhir yakni dengan menggeser toggle ke kiri.
🔥 Trending:  3 Cara Hutang Pulsa Tri (3) - Solusi Saat Kehabisan Pulsa atau Paket Data

Baca Juga: Aplikasi Penambah Ram Android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android dengan Antivirus

Cara diatas belum tentu berhasil jika iklan yang muncul disebabkan oleh virus. Maka dari itu, antivirus untuk scanning dan menghapus semua virus yang ditemukan. Cara ini sangat ampuh dan terbukti efektif untuk segala jenis HP, baik Samsung, Oppo, atau Vivo. Salah satu antivirus rekomendasi dari kami yakni Dr. Web Security Space yang bisa didapatkan gratis melalui Playstore.

  • Download dan instal antivirus Dr. Web Security Space.
  • Buka aplikasinya.
  • Lakukan scan pada perangkat dan tunggu proses selesai.
  • Setelah muncul notifikasi akan adanya virus, silahkan fix dengan cara tekan clear.
  • Restart HP dan coba gunakan untuk membuka aplikasi.

Kesimpulan

Itulah dua cara menghilangkan pop up iklan di Android dengan langkah sederhana namun efektif. Usahakan untuk memulai cara yang pertama, siapa tau jika anda pernah salah pencet dan mengubah pengaturan di Google Chrome.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News