Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai di Tokopedia 2022

Inilah Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai di Tokopedia – Bagi peserta program Kartu Prakerja pasti tau bahwa salah satu cara mengikuti pelatihan bisa melalui Tokopedia. Dengan sistem yang dijalankan, kemungkinan besar pelatihan tidak dapat diselesaikan dalam sehari. Namun tentu bisa dilanjutkan lagi untuk menyelesaikan progres nya. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui cara melanjutkan pelatihan Prakerja yang belum selesai di Tokopedia. Bukan karena masalah penting, namun kebingungan bisa saja terjadi jika tidak pernah jika belum pernah mengalaminya.


Adanya program Kartu Prakerja memberikan kemudahan bagi banyak orang, terutama mereka yang belum bekerja. Program ini juga dimaksudkan bagi golongan yang diputus hubungan kerja dengan perusahaan, dengan kata lain di PHK. Tidak sulit mengikuti program ini, hanya perlu mendaftar, mengikuti survey, dan mengisi tes interview online. Langkah selanjutnya adalah memilih kategori pelatihan sesuai minat dan bakat.

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang ditunjuk pemerintah untuk menjembatani antara produk digital dengan lembaga pelatihan. Artinya, anda membeli produk digital sesuai dengan jenis pelatihan yang dipilih. Pembelian tersebut juga bukan berupa produk langsung, melainkan voucher yang nantinya di redeem di situs lembaga pelatihan yang ditunjuk. Adapun lembaga pelatihan tersebut salah satunya adalah Skill Academy.

Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja yang Belum Selesai di Tokopedia

Bagaimana cara melanjutkan pelatihan Prakerja yang belum selesai di Tokopedia? Pertanyaan ini belum terjawab dan akan dijawab pada bab ini. Sebenarnya pelatihan bisa dilakukan kapan saja secara online. Ada laporan progres yang dari setiap pelatihan yang diikuti. Dengan demikian, tidak sulit mencari dan melanjutkan pelatihan yang belum selesai. Bagi anda yang masih bingung, silahkan anda ikuti langkah berikut!

  • Buka akun Kartu Prakerja yang terdaftar atas nama anda, dimana ada proses pelatihan yang belum selesai.
  • Masuk ke menu ‘Pelatihan’.
  • Lihat pelatihan yang belum selesai, biasanya ditandai dengan progres yang belum mencapai 100%.
  • Silahkan buka email dan lihat pelatihan mana yang tadi belum selesai. Email tersebut merupakan proses pembelian sebelumnya yang dilakukan di Tokopedia.
  • Klik link yang dimaksud, otomatis anda dibawa ke halaman Tokopedia, silahkan login menggunakan akun yang digunakan untuk membeli produk digital tadi.
  • Pilih link yang menuju lembaga pelatihan yang ditunjuk pemerintah, dalam hal ini adalah Skill Academy.
  • Dari sini anda dialihkan lagi ke situs Skill Academy, tepatnya pada menu ‘Kelas Saya’.
  • Langsung klik ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan pelatihan Prakerja yang belum selesai.
  • Tentu anda sudah tau langkah berikutnya, yakni dengan menyelesaikan pelatihan yang diikuti.
🔥 Trending:  Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android dengan Mudah 2022

Cara Mengatasi Status Pelatihan Saya di Dashboard Prakerja Masih Aktif

Ada masalah lain yang umumnya terjadi meskipun anda sudah menyelesaikan tugas atau pelatihan dengan progres 100%. Masalah yang dimaksud adalah status pelatihan masih aktif. Apa akibatnya? Tentunya insentif tidak bisa cair. Dengan kata lain, status aktif tersebut harus hilang apabila anda ingin mendapatkan manfaat dari program kartu Prakerja. 

Penyebab utama dari masalah ini adalah belum memberikan ulasan tentang pelatihan yang diikuti. Jadi solusinya hanya satu, yakni memberikan ulasan atau review. Selengkapnya bisa anda ikuti langkah berikut!

  • Pastikan bahwa progres dari pelatihan yang diikuti sudah mencapai 100%.
  • Buka kelas pelatihan yang dimaksud.
  • Cari menu ulasan pada halaman yang tersedia.
  • Isi ulasan lengkap disertai dengan data diri. Pastikan data diri sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.
  • Langkah terakhir dengan upload sertifikat yang didapat dari pelatihan tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Sampai di sini seharusnya status aktif di dashboard akun Prakerja sudah, jadi anda tinggal menunggu insentif cair.

Penutup

Itulah cara melanjutkan pelatihan Prakerja yang belum selesai di Tokopedia sebagai solusi alternatif. Perlu diketahui, saat ini program yang dijalankan pemerintah untuk membantu pengembangan skill sudah mencapai gelombang 21. Anda bisa mengikuti gelombang berikutnya jika masih gagal atau belum berhasil dengan alasan tertentu. Tentunya dengan memperbaiki kesalahan sebelumnya agar bisa lolos. Namun sebelumnya, pastikan anda memenuhi syarat sebelum mendaftarkan diri agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: cara melanjutkan pelatihan di prakerja di prakerja, cara melanjutkan pelatihan prakerja
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News