Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia 2022

Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia – Salah satu syarat mendapatkan insentif kartu prakerja selain mendaftar dan mengikuti seleksi adalah dengan membelanjakan modal yang diberikan untuk produk digital. Salah satunya bisa dibeli di toko online ternama Tokopedia. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara beli pelatihan prakerja di Tokopedia. Padahal hal ini sangat penting dan krusial. Pasalnya, anda bisa gugur dalam pelatihan jika tidak menggunakan modal tersebut.


Adapun modal yang diberikan untuk belanja produk digital sejumlah 1 juta rupiah. Anda bisa membeli produk sesuai dengan pelatihan yang diikuti, misalkan bisnis online, memasak, bahasa asing, dan masih banyak lagi. Tidak harus menghabiskan semua modal yang diberikan, asalkan anda membeli beberapa sesuai ketentuan yang berlaku. Sebenarnya tidak hanya di Tokopedia, anda juga bisa membelinya di toko online lain yang sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah dalam program kartu prakerja.

Program Kartu Prakerja dilaksanakan pemerintah untuk membantu mereka yang sedang dalam masa mencari kerja. Selain itu, program ini juga dimaksudkan untuk pekerja yang dikeluarkan dari pekerjaan lamanya, dalam artian di PHK. Program ini sangat membantu, buktinya bisa dilihat dari peserta latihan yang mencapai ratusan ribu setip gelombangnya. Saat ini sudah masuk gelombang ke-21, artinya sudah lebih dari jutaan peserta yang mendapat manfaatnya. Berikut ini panduan dan Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia.

Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Cara Beli Pelatihan Prakerja di Tokopedia
Kategori Kelas Prakerja di Tokopedia (foto: tookopedia.com)

Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce ditunjuk pemerintah untuk bekerja sama dalam pembelian produk digital. Toko online tersebut digunakan untuk membeli produk apapun. Tidak salah jika pemerintah menjalin kerja sama dengan Tokopedia. Meski anda sering melakukan pembelian di sana, tentu untuk yang ini caranya berbeda. Berikut cara beli pelatihan Prakerja di Tokopedia selengkapnya!

  • Pastikan nomor anda sudah di verifikasi, kemudian buka aplikasinya.
  • Pada kolom pencarian, ketik ‘Kartu Prakerja’ untuk menemukan beberapa produk yang sudah bekerja sama, atau bisa kunjungi link ini.
  • Sesuaikan dengan lembaga pelatihan yang anda ambil sebelumnya dengan memilih kategorinya.
  • Pada hasil pencarian yang muncul, silahkan anda pilih salah satunya dengan klik ‘Lihat Detail’. Anda juga bisa menemukan kode voucher di bagian ini jika memang tersedia.
  • Sudah yakin dengan produk yang dipilih? Langsung saja klik ‘Beli’.
  • Pada metode pembayaran, pilih ‘Lihat Semua’ untuk mendapatkan pembayaran yang bisa dilakukan dengan modal dari program Kartu Prakerja.
  • Di bagian ini, anda harus memilih ‘Program Pemerintah’, kemudian lanjutkan dengan ‘Kartu Prakerja’.
  • Dalam tahap ini, ada kolom 16 digit yang digunakan untuk memasukkan nomor Kartu Prakerja yang didapat dari dashboard akun.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS pada kolom yang disediakan.
  • Pastikan transaksi yang dilakukan tadi berhasil, kemudian anda cek email untuk proses lebih lanjut, atau dengan membuka menu ‘Histori Transaksi Top Up & Tagihan’ untuk mendapatkan voucher.
  • Voucher tersebut digunakan untuk menukar produk atau pelatihan yang anda pilih, silahkan pergi ke halaman kelas atau lembaga di akun anda.
  • Setelah kode voucher berhasil ditukar, langkah terakhir yakni dengan mengisi review dan rating pada halaman ‘Tulis Ulasan’.
🔥 Trending:  3 Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android - Akses Internet Lebit Stabil

Cara Redeem Kode Voucher

Perlu diketahui, cara beli pelatihan Prakerja di Tokopedia hanya sebatas mendapatkan voucher saja. Artinya, ada tahapan lain yang harus dilalui agar produk digital yang anda harapkan bisa dibeli. Dengan demikian, anda berhak mendapatkan insentif yang dijanjikan. Salah satunya anda bisa menggunakan lembaga Skill Academy untuk mendapatkan produk dan sertifikat setelah pelatihan selesai dilakukan.

  • Buka browser, kemudian kunjungi https://skillacademy.com.
  • Klik ‘Tukar Kode’ di halaman awal yang muncul.
  • Isi semua formulir yang disediakan, antara lain nama, email, nomor telepon, dan pastikan semua data yang diisi sama dengan data yang digunakan untuk membuat akun Kartu Prakerja.
  • Masukkan kode voucher yang didapat dari Tokopedia tadi.
  • Jika berhasil, lanjutkan dengan mengikuti kelas pelatihan sesuai dengan pilihan untuk mendapatkan sertifikat.

Kesimpulan

Demikianlah cara beli pelatihan Prakerja di Tokopedia untuk mendapatkan insentif dari program Kartu Prakerja. Besaran insentif yang didapat juga sudah ditentukan, yakni sebesar 600 ribu rupiah selam 4 bulan, plus insentif pengisian survey sebesar 50.000. Jadi kalau di total, anda bakal mendapat 2.450.000 rupiah selama mengikuti program tersebut.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News